main-logo
header-image-16248
author-avatar-16248

Ditinjau oleh

dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp. GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik dan Konselor Laktasi

Diterbitkan 27 Okt 2021

share-icon

217


Asupan nutrisi penting bagi kehamilan. Agar dapat merasakan manfaat dari berbagai sumber makanan, Bunda perlu terus-menerus menambah informasi mengenai  sumber makanan apa yang bermanfaat untuk kehamilan, termasuk kandungan dalam buah semangka. Apa saja manfaat semangka untuk ibu hamil? Yuk, cari tahu, Bunda!





Kandungan Semangka





Buah berwarna merah dengan biji kecil hitam ini sangat populer di Indonesia. Buah semangka memiliki rasa manis. Kandungan airnya yang tinggi juga membuat buah semangka terasa segar. 





Tidak hanya memiliki rasa yang manis dan menyegarkan, semangka juga mengandung berbagai kandungan yang bermanfaat.





Satu cangkir (152 gram) semangka memiliki kandungan:





  • Kalori: 46
  • Protein: 1 gram
  • Lemak: kurang dari 1 gram
  • Karbohidrat: 12 gram
  • Serat: kurang dari 1 gram
  • Vitamin C: 14% dari Nilai Harian 
  • Tembaga: 7% dari Nilai Harian 
  • Asam pantotenat (vitamin B5): 7% Nilai Harian 
  • Provitamin A: 5% Nilai Harian 




Warna merah pada buah semangka ternyata terjadi akibat tingginya kandungan antioksidan bernama likopen.





Likopen pada tubuh ibu hamil berperan dalam membentuk beta-karoten yang akan diubah menjadi vitamin A. Likopen juga bisa membantu mencegah terjadinya preeklampsia serta IUGR, atau gangguan pertumbuhan janin dalam kandungan.





Sehingga, mengonsumsi semangka akan sangat bermanfaat bagi Bunda, selama dikonsumsi dengan porsi yang wajar.





Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil





Kandungannya yang beragam, membuat semangka menjadi salah satu buah yang direkomendasikan bagi ibu hamil. Mengonsumsi semangka sebagai cemilan atau buah penutup makan, akan memberikan kelengkapan nutrisi selama hamil.





Berikut manfaat semangka bagi kehamilan:





1. Pereda mulas dan keasaman





Kehamilan menyebabkan perubahan hormonal yang besar dalam tubuh. Perubahan ini membawa beberapa tingkat ketidaknyamanan, salah satunya mulas dan keasaman di perut.





Semangka dikenal memiliki efek menenangkan pada sistem pencernaan dan dapat meredakan keasaman dan mulas. 





2. Mencegah edema





Wanita hamil sering mengalami pembengkakan di tangan dan kaki, juga dikenal sebagai edema.





Edema disebabkan karena akumulasi cairan yang tidak biasa di jaringan tertentu dalam tubuh. Kandungan air yang tinggi dalam semangka membantu membuka sumbatan dan meredakan edema.





3. Mengatasi dehidrasi





Dehidrasi pada kehamilan menyebabkan ketidaknyamanan ringan, mulai dari kelelahan dan kelesuan hingga masalah yang lebih serius bagi ibu hamil seperti kelahiran prematur. Semangka terdiri dari hampir sembilan puluh persen air dan sangat efektif dalam memerangi dehidrasi.





4. Morning sickness





Wanita hamil menderita serangan mual dan muntah, terutama selama beberapa minggu pertama kehamilan. Meski disebut morning sickness , serangan ini bisa terjadi kapan saja sepanjang hari.





Segelas jus semangka di pagi hari sangat efektif dalam memerangi penyakit ini. Selain meredakan mual di pagi hari, segelas jus semangka di pagi hari sangat menyegarkan dan memberi energi.





5. Meningkatkan imunitas





Tubuh wanita hamil melawan infeksi dan penyakit untuk dua orang– dirinya dan bayi yang sedang tumbuh. Ini kadang-kadang dapat menyebabkan penurunan tingkat kekebalan.





Semangka mengandung antioksidan kuat yang disebut likopen dan dikenal untuk meningkatkan tingkat kekebalan.





6. Detoksifikasi tubuh





Semangka memiliki sifat diuretik yang membantu membuang racun dan mengurangi asam urat dalam tubuh. Sifat semangka ini membantu berfungsinya hati dan ginjal selama kehamilan, juga membantu meningkatkan SPF kulit.





7. Meredakan kram otot





Tubuh wanita hamil terus berusaha beradaptasi dengan perubahan yang dialaminya. Perubahan hormon dan penambahan berat badan yang cepat dapat menyebabkan kram otot dan nyeri, dan semangka efektif untuk meredakannya.





8. Mencegah pigmentasi kulit





Perubahan hormonal yang terjadi di tubuh wanita selama kehamilan dapat menyebabkan kulit terlihat tidak rata dan kusam. Semangka meningkatkan pencernaan dan membuang racun, menghasilkan kulit bercahaya alami yang bebas dari pigmentasi.





9. Mengurangi sembelit





Sembelit adalah keluhan umum lainnya yang dialami wanita selama kehamilan. Semangka memiliki kandungan serat yang tinggi, yang membantu pembentukan tinja. Kandungan air yang tinggi juga membantu dan membantu pergerakan usus yang diperlukan.





10. Meningkatkan kesehatan tulang pada janin





Semangka membantu pembentukan tulang dan gigi pada bayi yang sedang tumbuh karena kandungan kalsium dan kalium dalam jumlah besar. Dan mineral ini juga diperlukan untuk perkembangan tulang yang tepat pada janin.





Efek Samping Buah Semangka





Meskipun baik untuk kesehatan dan bermanfaat bagi wanita hamil, semangka bisa memiliki efek yang tidak diinginkan seperti:





  • Jika dikonsumsi berlebihan, kandungan gula dalam semangka dapat menyebabkan kadar glukosa darah tinggi dan menyebabkan diabetes gestasional.
  • Sifat diuretik semangka dapat menyebabkan keluarnya nutrisi penting bersama dengan racun.
  • Dapat menyebabkan mual, muntah, dan penyakit gastrointestinal. Semangka memiliki kecenderungan cepat rusak, dan tidak dikonsumsi segar. Dianjurkan untuk hanya mengonsumsi semangka yang baru dipotong. 




Tips Memilih Semangka





Agar manfaat semangka untuk kehamilan diperoleh secara maksimal, tentu penting untuk memilih semangka dengan kualitas yang baik. Oleh karena itu, ikuti tips memilih semangka berikut ini:





Pastikan semangka memiliki pola jaring berwarna cokelat





Umumnya, semangka yang daging buahnya manis akan memiliki pola seperti jaring yang lebih luas dan pekat pada kulitnya. Ini didapat akibat proses penyerbukan oleh lebah. Jika penyerbukan ini semakin banyak, buah semangka akan semakin manis rasanya.





Pilih semangka yang memiliki garis hijau gelap





Pilihlah semangka yang memiliki garis hijau gelap pada kulitnya. Garis hijau gelap dan terkesan kusam merupakan tanda semangka telah matang. Semakin tajam dan gelap garisnya, biasanya daging buah semangkanya juga akan lebih manis.





Hindari memilih semangka dengan bercak putih





Hindari memilih semangka yang memiliki bercak putih pada kulitnya. Bercak putih ini kerap mengindikasikan bahwa buah semangka belum sepenuhnya matang sehingga akan terasa lebih hambar atau masam.





Bila Bunda penggemar buah, mengonsumsi buah semangka tentu bukan masalah. Bunda dapat mengonsumsinya langsung setelah dibersihkan dan dipotong kecil-kecil.





Bunda yang tidak terlalu menyukai buah, dapat mencampur semangka dengan yoghurt atau menjadi toping dalam salad untuk dapat merasakan manfaat buah semangka selama masa kehamilan.









Sumber:





First Cry Parenting. 2018. Watermelon During Pregnancy – Is It Safe to Eat?





Klikdokter. 2020. Nutrisi dan Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil.





Momjunction. 2019. 9 Healthy Reasons To Eat More Watermelon During Pregnancy.










Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010