main-logo

5 Persiapan Keuangan Wajib Dilakukan Saat Menanti Anak Pertama

header-image-10706

Diterbitkan 8 Agt 2022

share-icon

1725


Momen kebahagiaan yang bercampur dengan harap-harap cemas biasa dirasakan bagi pasangan yang sedang menantikan kehadiran anak pertama mereka. Tentunya kita sebagai orang tua menginginkan yang terbaik pada saat nanti si buah hati hadir, dengan mempersiapkan semua kebutuhannya. Mulai dari pakaian, susu, tempat tidur, bahkan sampai dengan konsultasi rutin ke dokter.





Dalam mempersiapkan semua kebutuhan si Kecil memerlukan biaya yang tidak sedikit, yang secara langsung akan mempengaruhi keuangan keluarga, apalagi dengan pendapatan orang tua yang masih sama setiap bulannya akan berbanding terbalik dengan pengeluaran yang terus bertambah. Untuk itu penting bagi Anda kembali merencanakan keuangan dan coba tentukan prioritas kebutuhan Anda.





#1. Menentukan Tujuan Keuangan





Keuangan keluarga akan menjadi salah satu topik yang paling banyak dibahas saat sudah menikah dan mempunyai anak. Seperti bagaimana mengatur pendapatan bersama dan rencana untuk memiliki aset (tempat tinggal, mobil, motor, dll).





Di saat inilah penting bagi Anda untuk mencari tahu apa yang harus dilakukan dengan berkonsultasi kepada kerabat, keluarga atau bahkan konsultan keuangan yang sudah berpengalaman.





#2. Membuat Rencana Keuangan Harian





Salah satu persiapan keuangan yang wajib Anda lakukan adalah membuat rencana keuangan harian. Susun anggaran rumah tangga dengan melakukan expense tracking .





Ini artinya, Anda mencatat semua pengeluaran harian untuk mengetahui kebiasaan dalam menggunakan uang. Berdasarkan catatan ini Anda bisa membuat rencana keuangan tahunan. 





Dalam rencana keuangan ini, pastikan Anda juga menyisihkan untuk porsi dana darurat, asuransi, tabungan dan investasi. 





#3. Menabung untuk Si Buah Hati





Idealnya, menabung untuk si Kecil sudah dilakukan sejak Anda dan pasangan ingin mempunyai anak. Dengan begini, Anda memiliki waktu yang cukup untuk merencanakan “ baby fund ”. Yakni akun tabungan autodebet yang khusus dialokasikan untuk pengeluaran yang berhubungan dengan kebutuhan-kebutuhan anak. Semakin lama waktu untuk mengisi tabungan ini sebelum kelahiran, semakin baik.





#4. Siapkan Dana Darurat





Siapkan juga dana untuk persiapan situasi darurat seperti, kebutuhan untuk perawatan kesehatan yang tidak bisa dicakup oleh asuransi, atau untuk perbaikan dan penggantian aset penting yang digunakan untuk pekerjaan sehari-hari seperti mobil, motor, komputer atau handphone . Disarankan untuk memiliki minimal 12 kali penghasilan atau pengeluaran bulanan. 





#5. Memiliki Asuransi Jiwa dan Kesehatan





Jika Anda sedang menanti kelahiran atau baru saja memiliki anak pertama, persiapan lain yang perlu dilakukan adalah memiliki asuransi jiwa dan kesehatan. Dengan memiliki asuransi jiwa dan kesehatan, setiap anggota keluarga terlindungi dari segala risiko kecelakaan, risiko kesehatan, maupun risiko tutup usia.





Untuk mengetahui jenis asuransi yang dibutuhkan, Anda bisa menggunakan kalkulator online , atau menghubungi konsultan keuangan untuk membantu perencanaan asuransi jiwa dan kesehatan yang tepat. 





Panin Dai-ichi Life sebagai perusahaan jasa keuangan yang menyediakan layanan proteksi jiwa dan kesehatan menyediakan tiga pilihan produk untuk proteksi Anda dan keluarga yang bisa dipilih sesuai kebutuhan: 





  1. Bekal Proteksi Pandai : Perlindungan jiwa dengan manfaat meninggal dunia baik alami maupun kecelakaan  kepada Tertanggung  selama 10 tahun dengan penambahan manfaat pengembalian premi sebesar 50% pada akhir tahun. Polis ke-5 dari total premi yang telah dibayarkan pada tahun ke 1-5 dan 50% pada akhir tahun. Polis ke-10 dari total premi yang telah dibayarkan pada tahun ke 6-10.
  2. Bekal Proteksi Sehat : Manfaat santunan Rawat Inap sebesar tabel manfaat serta manfaat No Claim Bonus apabila Tertanggung tidak melakukan klaim selama 1 tahun Polis berjalan.
  3. Bekal Proteksi Xpress : Perlindungan jiwa dengan manfaat meninggal dunia yang disebabkan oleh kecelakaan dengan penambahan manfaat Kehilangan Fungsi anggota tubuh dan Penggantian Biaya Perawatan Inap yang disebabkan oleh kecelakaan.




Mau tahu lebih lanjut tentang produk asuransi yang paling cocok untuk Anda dan keluarga?





Klik di sini





Pastikan Anda memasukkan promo code: Diarybunda01














Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010