main-logo
header-image-18187
author-avatar-18187

Ditinjau oleh

dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik & Konselor Laktasi

Diterbitkan 18 Jul 2022

share-icon

1833


Saat hamil, paling tidak enak kalau terserang sakit. Meski sakit yang ringan sekalipun, rasanya benar-benar tersiksa karena ibu hamil tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat. Di musim pancaroba seperti ini, sakit flu adalah salah satu penyakit yang pasti jadi langganan. 





Nah, jika Bunda terkena flu saat hamil, tak usah buru-buru berobat atau minum obat generik dahulu, ya. Bunda bisa mencoba 10 obat flu alami untuk ibu hamil berikut ini. 





Alternatif Obat Flu Alami untuk Ibu Hamil









  1. Lemon madu  




Lemon merupakan vitamin C alami yang bisa meningkatkan imun tubuh. Di sisi lain, madu dipercaya mengandung sifat antibakteri yang tak hanya melawan bakteri, tetapi juga mengusir  virus di dalam tubuh. Jika kedua bahan ini digabungkan, khasiatnya tentu akan lebih baik lagi. Bunda tinggal merebus air hangat, lalu campurkan lemon dan madu ke dalamnya. Minum pagi dan malam hari untuk membuat imun tubuh kembali kuat dan flu cepat sembuh. 





  1. Sop ayam




Ketika flu, tenggorokan juga biasanya terasa sakit dan perih. Apalagi, jika batuk sudah mulai menyerang. Saat seperti ini, paling enak menyantap makanan yang hangat dan berkuah. Bunda bisa memasak sop ayam yang ditambahkan banyak sayuran di dalamnya. 





Ayam merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Lalu sayur-sayuran seperti wortel, buncis, dan lainnya mengandung banyak vitamin yang juga dibutuhkan untuk imun tubuh. Jangan lupa untuk menambahkan banyak bawang putih dalam sop ayam Bunda karena bawang putih juga bisa jadi antibakteri yang bisa menyembuhkan batuk. 





  1. Minyak kelapa




Virgin coconut oil juga dipercaya memiliki sifat antivirus yang dapat membantu meringankan gejala flu. Saat flu, beberapa orang mungkin akan mengalami tenggorokan terasa kering dan sakit. Minyak kelapa dapat menjadi pelapis sekaligus mengurangi radang tenggorokan. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Bunda harus meminumnya secara langsung tanpa dicampur apapun. 





  1. Kencur




Kencur juga salah satu ramuan tradisional yang bisa mengobati banyak penyakit, salah satunya flu dan batuk. Blender kencur lalu campurkan dengan air hangat untuk diminum langsung. Bila Anda kurang menyukai rasanya, Anda bisa coba meminum jamu beras kencur yang dicampurkan dengan jahe. Perpaduan kencur dan jahe akan menghangatkan tubuh, melegakan tenggorokan, dan meringankan batuk. Selain itu, kencur juga bisa meringankan sakit kepala akibat flu. 





  1. Air garam 




Saat tenggorokan Bunda mulai terasa sakit dan gatal, cepatlah berkumur dengan air garam. Air garam adalah salah satu obat alami yang bersifat antibakteri untuk melawan bakteri dan virus jahat yang bersarang di tenggorokan. Akan lebih baik lagi, jika Bunda menggunakan garam organik yang tidak dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Lakukan sehari tiga kali untuk mendapatkan efek maksimal. 





  1. Air rebusan kacang hijau




Kacang hijau juga merupakan salah satu obat flu batuk alami untuk ibu hamil.  Namun, yang perlu Bunda konsumsi hanya air rebusannya saja. Air rebusan kacang hijau dipercaya bisa menyembuhkan batuk dan sakit tenggorokan yang parah sekalipun. Untuk membuat rasanya lebih enak, tambahkan gula merah, dan jahe. 





  1. Konsumsi air putih 




Mengonsumsi cukup cairan adalah cara yang banyak direkomendasikan untuk orang yang menderita flu. Karena pada umumnya, gejala - gejala flu selalu dikaitkan dengan dehidrasi. Untuk itu, usahakan Bunda mengonsumsi air putih lebih banyak saat sakit flu untuk menghindari hal tersebut.





  1. Gunakan aromaterapi




Aromaterapi peppermint sangat bagus untuk mencairkan lendir kental agar lebih mudah mengalir keluar dari sistem pernapasan. Beberapa jenis aromaterapi lain, seperti lemongrass , thyme , dan eucalyptus bahkan bisa mencegah pertumbuhan virus dan bakteri. 





Anda bisa mengoleskan aromaterapi pada beberapa titik di tubuh atau men- diffuse untuk membantu Anda bernapas lebih nyaman saat mengalami pilek. Bunda juga bisa menaruh pelembap udara atau vaporizer di kamar tidur agar Anda bisa menghirup uapnya. 





  1. Makan makanan organik yang bergizi




Selain makanan berkuah, Bunda juga bisa mengonsumsi makanan organik. Contoh yang baik adalah buah dan sayuran segar atau sedikit dimasak, kacang-kacangan, telur organik utuh, daging tanpa lemak, dan susu segar. Saat flu, sebaiknya Anda menghindari makanan yang terbuat dari tepung olahan atau makanan yang mengandung gula dan lemak tinggi terlebih dahulu. Minyak nabati olahan dan makanan yang digoreng dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.





  1. Istirahat yang cukup 




Tidak ada obat flu alami untuk wanita hamil yang paling manjur dibandingkan istirahat yang cukup. Jadi, pastikan saat mengalami flu, Bunda dapat beristirahat dengan baik. Kualitas tidur yang baik adalah cara terampuh untuk meningkatkan kembali imun tubuh. 





Jika dalam tiga hari gejala flu belum juga membaik, Bunda bisa memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Flu yang terlalu lama juga tidak baik untuk janin dan juga untuk kesehatan Bunda sendiri. Semoga cepat sembuh!





Sumber:





Vicks. 10 Ways to Treat Flu Symptoms and Feel Better





Home Sweet Home Birth. 2019. Natural Remedies for Cold and Flu During Pregnancy.


Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010