main-logo

4 Manfaat Makanan Berserat untuk Ibu Hamil

header-image-20338

Diterbitkan 30 Jun 2023

share-icon

1447


Trimester ketiga kehamilan merupakan periode penting bagi ibu hamil. Pada fase ini, perkembangan janin mencapai tahap akhir, dan persiapan untuk kelahiran telah dimulai. Gizi yang cukup dan seimbang menjadi sangat krusial untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan perkembangan janin yang optimal. 





Salah satu komponen gizi yang perlu diperhatikan saat ibu hamil makan adalah serat. Mengapa konsumsi makanan berserat penting bagi ibu hamil di trimester 3 kehamilan? Mari kita lihat beberapa alasan pentingnya konsumsi makanan berserat untuk ibu hamil.





  1. Mencegah sembelit




Salah satu masalah yang umum terjadi pada ibu hamil di trimester 3 adalah sembelit atau konstipasi. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon, peningkatan tekanan pada perut akibat pertumbuhan janin, serta penyerapan air yang lebih efisien oleh tubuh. Konsumsi makanan berserat dapat membantu mencegah sembelit dengan menjaga keseimbangan air dalam tubuh. Selain itu, serat juga membantu melancarkan pencernaan sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya sembelit.





  1. Mengendalikan berat badan




Trimester ketiga kehamilan sering kali menjadi periode di mana ibu hamil mengalami peningkatan berat badan yang lebih cepat. Makanan berserat dapat menjadi salah satu makanan diet sehat bagi ibu hamil. Serat memberikan rasa kenyang lebih lama dan membantu Bunda mengurangi konsumsi makanan berkalori tinggi. Dengan demikian, Bunda tetap dapat mempertahankan berat badan yang sehat.





  1. Mengendalikan kadar gula darah




Ibu hamil di trimester ketiga memiliki risiko yang lebih tinggi terkena diabetes gestasional atau peningkatan kadar gula darah. Konsumsi makanan berserat membantu mengontrol penyerapan glukosa dalam tubuh dan memperlambat peningkatan kadar gula darah setelah makan. Dengan demikian, Bunda dapat terhindar dari risiko komplikasi yang terkait dengan diabetes gestasional.





  1. Membantu menyerap nutrisi penting




Makanan berserat, membantu penyerapan nutrisi, seperti zat besi dan kalsium, yang penting untuk perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil.





Makanan Berserat untuk Ibu Hamil





feses hitam saat hamil




Itulah beberapa manfaat makanan berserat untuk ibu hamil. Untuk memperoleh manfaat serat yang optimal, ibu hamil di trimester ketiga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya serat. Apa saja contoh makanan yang berserat untuk ibu hamil?





  1. Buah-buahan: Apel, pir, jeruk, stroberi, blueberry , raspberry , blackberry , kiwi, dan alpukat merupakan contoh buah-buahan yang kaya akan serat.
  2. Sayuran: Bayam, brokoli, kubis, wortel, kacang polong, lobak, kembang kol, kacang hijau, paprika, dan sayuran hijau lainnya mengandung banyak serat.
  3. Biji-bijian: Biji chia, biji rami, biji rami, biji labu, biji bunga matahari, gandum utuh, beras merah, dan oatmeal merupakan sumber serat yang baik.
  4. Kacang-kacangan: Kacang merah, kacang hitam, kacang kedelai, kacang polong, kacang almond, dan kacang tanah adalah makanan berserat tinggi yang kaya akan nutrisi. Kacang hijau, kacang polong, tempe, dan tahu merupakan sumber serat yang baik dan juga mengandung protein. Di sisi lain, almond , kenari, hazelnut , dan kacang-kacangan lainnya mengandung serat tinggi dan juga lemak sehat.
  5. Roti gandum utuh: Roti gandum utuh, roti gandum, dan roti gandum hitam adalah pilihan roti yang tinggi serat.
  6. Biji-bijian utuh: Gandum utuh, oatmeal, beras merah, dan quinoa adalah contoh biji-bijian utuh yang kaya akan serat.
  7. Sereal: Pilihlah sereal yang tinggi serat, seperti sereal gandum utuh, sereal oatmeal, atau sereal biji-bijian
  8. Umbi-umbian: Kentang, ubi jalar, dan wortel merupakan contoh umbi-umbian yang mengandung serat.




Di samping makanan berserat yang telah disebutkan di atas, Bunda juga harus mengonsumsi cukup cairan. Serat dapat bekerja lebih baik dalam tubuh jika tubuh terhidrasi dengan baik. 





Untuk variasi makan sayur yang lebih enak dan sehat, Bunda bisa menambahkan KEWPIE Salad Dressing dengan Wijen Sangrai ! KEWPIE Salad Dressing dengan Wijen Sangrai aman dikonsumsi ibu hamil karena kandungan telur di dalamnya sudah dipasteurisasi. 





Sumber





The Bump. 2017. Why Fiber is Important During Pregnancy





NIH. 2019. Pregnant women have inadequate fiber intake while consuming fiber-rich diets in low-income rural setting: Evidences from Analysisi of common “ready-to-eat” stable foods.





Parenting First Cry. 2020. Fibre During Pregnancy - Benefits and Food Sources


Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010