main-logo

5 Gejala Kehamilan yang Menyenangkan untuk Bumil

header-image-18183
author-avatar-18183

Ditinjau oleh

dr. Fella Halimah Pratami, Sp.OG, Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Diterbitkan 18 Jul 2022

share-icon

348


Ketika Bunda memikirkan gejala kehamilan, pikiran Bunda mungkin mengarah ke satu arah dan umumnya perasaan tidak menyenangkan. Mual di pagi hari, kaki bengkak, dan perubahan suasana hati yang sangat berubah-ubah! 





Tetapi tanyakan kepada para Bunda yang pernah menjalani masa kehamilan, beberapa mungkin tidak merasakan apa yang Bunda rasakan. Dan bisa jadi sebetulnya itu adalah hal yang sebetulnya menyenangkan, lho.





Berikut gejala-gejala Bumil yang sebetulnya sungguh menyenangkan!





Gejala Kehamilan yang Menyenangkan untuk Bumil









Sering mengantuk





Di saat siang hari, Bunda mungkin memiliki tanggung jawab lebih terhadap pekerjaan kantor atau pekerjaan rumah yang menumpuk. Saat rasa mengantuk menyerang, mungkin jadi rasa bersalah ketika Bunda memutuskan untuk tidur siang. Namun perlu Bunda ingat, bahwa prioritas Bunda adalah menjaga kesehatan diri dan si Kecil.





Banyak orang di sekitar sesungguhnya menghargai keinginan tubuh seorang ibu hamil—rasa mengantuk menyerang ibu hamil adalah keinginan yang tak dapat diabaikan, ditunda, atau diminimalkan, Bunda berhak beristirahat dan bersantai.





Biarkan diri Bunda beristirahat, mendengkur, ini adalah bagian terbaik dari kehamilan. Manfaatkan kapan pun dan di mana pun momen untuk istirahat ini. Karena saat si Kecil lahir, tidur cukup jadi hal yang sangat berharga, lho.





Dorongan seks melaju





Pernah kah Bunda berpikir, rasanya mengapa dorongan seks melaju saat kehamilan?





Penurunan kadar hormon Bunda terjadi setelah mengalami naik-turun di trimester pertama. Faktanya, libido Bunda bisa meningkat saat hamil, biasanya selama trimester kedua. 





Saat kehamilan, peningkatan aliran darah, terutama ke organ seksual, payudara, dan vulva. Aliran darah yang meningkat ini membuat Bunda lebih mudah merasa terangsang dan juga sensitivitas Bunda meningkat. Ini benar-benar normal, dan bisa juga sering menghasilkan pengalaman seksual yang lebih menyenangkan.





Namun sama hal nya dengan mual, muntah, dan morning sickness , tidak semua ibu hamil akan mengalami lonjakan seks yang begitu dahsyat. Jadi Bunda tidak perlu khawatir jika tidak mengalami hal ini.





Naik berat badan jadi hal yang baik





Mungkin sebelum kehamilan, Bunda merasa risih ketika melihat timbangan berat badan angkanya bertambah terus. Namun saat kehamilan, mengalami kenaikan berat badan adalah hal yang wajar, bahkan jadi berita yang menyenangkan.  





Bunda bisa konsumsi makanan apa pun, sesekali lonjakan berat badan akan terasa sangat tinggi karena Bunda sedang ingin banyak makan atau mengidam makanan yang tinggi kalori.  Hal tersebut wajar saja dilakukan sesekali, namun perlu Bunda ingat bahwa Bunda harus tetap kembali ke pola makan sehat selama kehamilan.





Seiring bertumbuhnya si Kecil, perut Bunda juga sudah semakin terlihat besar dan merasakan berbagai macam aktivitas bayi. Rasanya besar tubuh dan kenaikan berat badan ini bisa menjadi salah satu hal yang menyenangkan bagi Bunda.





Punya wajah berkilau ( pregnancy glow)





Tak semua Bunda mungkin mengalami pregnancy glow , namun ini sungguh terjadi sebagai gejala umum oleh ibu hamil. Beberapa Bunda juga mungkin menerima pujian dari orang sekitar bahwa kulit wajah terlihat lebih sehat dan bercahaya dari biasanya.





Pregnancy glow biasanya terjadi pada saat kehamilan trimester kedua, tapi ada juga ibu hamil yang merasakannya di sepanjang masa kehamilan. Salah satu faktor penyebab pregnancy glow adalah pertambahan darah yang merenggangkan pembuluh darah sehingga membuat kulit terlihat lebih cerah.





Bagi ibu hamil dengan kulit wajah berminyak memang sebagian besar tidak mengalami pregnancy glow. Namun pada ibu hamil dengan kulit wajah normal akan membuat wajah terlihat lebih lembap dan bercahaya. Kulit yang meregang dan temperatur tubuh yang naik juga bisa menyebabkan pregnancy glow pada Bunda.





Mengidam





Apakah Bunda merasakan ngidam makanan tertentu? Ingin mengonsumsi makanan yang biasa Bunda makan ataupun tidak? Seperti buah durian yang tadinya Bunda tidak suka, namun saat hamil Bunda ingin sekali makan durian!





Sesungguhnya mungkin ini jadi hal yang menyenangkan untuk Bunda (namun mungkin tidak untuk Ayah). Karena biasanya ketika Bunda mengidam sesuatu, Bunda memang sedang menjalani kehamilan yang sehat! 





Keinginan mengonsumsi makanan saat kehamilan ini disebabkan karena hormon saat hamil dan juga dikarenakan pengaruh beberapa budaya. Namun jika Bunda mengidam hal-hal yang tidak lazim seperti ingin makan batu, makan beras, sebaiknya Bunda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. Karena ada penelitian mengatakan, mengidam hal yang tak lazim ini bisa terjadi kaitannya dengan kekurangan zat besi dalam tubuh.





Kalau menurut Bunda, apa lagi kira-kira gejala kehamilan yang menyenangkan bagi Bunda? 





Sumber:





Parents. 2013. Pregnancy Symptoms That'll Make You Love Being Pregnant





Healthline. 2018. Sex Drive During Pregnancy: 5 Ways Your Body Changes





Diary Bunda. 2021. Mengidam, Benarkah Sekedar Manja?


Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010