main-logo

5 Suplemen Vitamin Ibu Hamil yang Aman bagi Tumbuh Kembang Janin

header-image-20509

Diterbitkan 11 Sep 2023

share-icon

400


Suplemen vitamin ibu hamil diperlukan untuk melengkapi kebutuhan asupan vitamin dan mineral di masa kehamilan. Tidak hanya itu, suplemen juga dapat menunjang tumbuh kembang dan mencegah kecacatan janin lho, Bunda.





Saat mengandung Si Kecil, Bunda membutuhkan berbagai vitamin, seperti vitamin B9 atau asam folat, vitamin B12, vitamin C, dan vitamin D3. Tidak hanya vitamin, Bunda juga memerlukan mineral penting, seperti kalsium dan zat besi. Berbagai nutrisi tersebut dapat Bunda temukan di dalam suplemen vitamin ibu hamil.





Rekomendasi Suplemen Vitamin Ibu Hamil yang Aman





Suplemen vitamin ibu hamil terutama dibutuhkan dalam kondisi di mana asupan nutrisi dari makanan saja dirasa tidak cukup, misalnya karena ibu hamil mual, muntah, tidak nafsu makan, atau memang menghindari makanan tertentu.





Saat mengonsumsi suplemen vitamin ibu hamil, Bunda perlu memperhatikan jenis serta dosis tiap kandungan di dalam produknya, dan sesuaikan dengan jumlah yang dibutuhkan atau dianjurkan bagi ibu hamil, agar asupannya tidak malah berlebihan.





Agar aman, konsumsi juga suplemen vitamin ibu hamil sesuai dosis yang tertera pada kemasan produk ya, Bunda.





Berikut ini adalah rekomendasi suplemen vitamin ibu hamil yang kandungannya penting dan aman bagi tumbuh kembang janin:





1. Nature’s Plus Prenatal Tablet









Nature’s Plus Prenatal Tablet adalah suplemen vitamin ibu hamil yang mengandung dua nutrisi penting untuk tumbuh kembang janin, seperti vitamin B12 dan vitamin D.





Vitamin B12 berperan penting dalam pembentukan dan perkembangan otak serta saraf janin. Sementara itu, vitamin D bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin.





Nature’s Plus Prenatal Tablet dapat dikonsumsi bersama air putih dengan dosis 1 tablet sehari.





2. Folamil Genio









Folamil Genio merupakan suplemen vitamin ibu hamil yang mengandung asam folat dan zat besi yang dibutuhkan selama kehamilan. Asam folat dapat mencegah kecacatan pada janin, seperti spina bifida dan anensefali.





Zat besi berperan penting untuk meningkatkan pembentukan sel darah merah. Selain Bunda jadi terhindar dari anemia yang membuat tubuh Bunda terasa lemas, jumlah sel darah merah cukup juga akan memaksimalkan aliran oksigen dan nutrisi ke tubuh janin, sehingga tumbuh kembang Si Kecil dalam kandungan Bunda bisa optimal.





Dosis Folamil Genio yang dianjurkan bagi ibu hamil adalah sebanyak 1 kapsul sehari, dan diminum setelah makan.





3. Blackmores Pregnancy & Breast-feeding Gold









Blackmores Pregnancy & Breast-feeding Gold mengandung asam folat dan zat besi yang dapat mendukung perkembangan otak dan saraf janin.





Blackmores Pregnancy & Breast-feeding Gold juga mengandung asam lemak omega-3 yang berperan penting dalam pembentukan jaringan otak dan mata janin, meminimalkan risiko terjadinya kecacatan lahir pada janin, serta menekan risiko ibu hamil mengalami depresi saat mengandung dan setelah melahirkan.





Suplemen yang mengandung zat besi dosis tinggi memang sering menyebabkan sembelit. Namun, Bunda tidak perlu khawatir karena jumlah zat besi yang terkandung di dalam Blackmores Pregnancy & Breast-feeding Gold telah diatur dengan tepat agar dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil tanpa menimbulkan keluhan tersebut.





Bila Blackmores Pregnancy & Breast-feeding Gold adalah suplemen vitamin ibu hamil pilihan Bunda, konsumsilah suplemen ini sebanyak 2 kapsul sehari.





4. Biocalci-72









Biocalci 72 adalah suplemen vitamin ibu hamil yang mengandung Ester-C dan vitamin D3 yang bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan kalsium ke dalam tubuh janin.





Kalsium sendiri adalah mineral yang dibutuhkan dalam perkembangan berbagai organ penting janin, seperti jantung, saraf, tulang, dan otot. Mineral ini juga diperlukan oleh ibu hamil untuk mencegah hipertensi dan preeklamsia.





Bunda dapat mengonsumsi Biocalci-72 dengan air putih sebanyak 1 tablet sehari, baik sebelum maupun sesudah makan. Namun, alangkah baiknya jika suplemen ini diminum setelah makan agar penyerapan kalsium dari makanan yang Bunda konsumsi dapat lebih optimal.





5. Anemolat









Suplemen vitamin ibu hamil ini mengandung asam folat atau vitamin B9 yang dapat mencegah terjadinya kecacatan saraf pada janin. Asam folat juga penting dalam pembentukan sel darah merah, sehingga mencegah Bunda mengalami anemia yang bisa membuat tubuh Bunda lemas dan mengganggu tumbuh kembang Si Kecil.





Bunda dapat mengonsumsi Anemolat dengan air putih sebanyak 1 tablet sehari. Namun, agar tidak mengalami keluhan pencernaan, sebaiknya Bunda mengonsumsi suplemen ini sebelum makan.





Itulah beberapa rekomendasi suplemen vitamin ibu hamil yang aman dan penting bagi tumbuh kembang janin. Perlu diingat, jangan mengonsumsi bermacam-macam suplemen sekaligus bila memang tidak dianjurkan oleh dokter, karena ini bisa membuat Bunda kelebihan asupan nutrisi tertentu.





Sumber :





Coletta, J.M., Bell, S.J., Roman, A.S. (2010). Omega-3 Fatty Acids and Pregnancy. Reviews in Obstetrics & Gynecology , 3 (4), pp. 163–171.





American Pregnancy Association. Vitamin D and Pregnancy.





BabyCenter (2021). Calcium during pregnancy.





BabyCenter (2021). Constipation during pregnancy: How to get relief.





BabyCenter (2021). Prenatal vitamins: Why they're so important.





BabyCenter (2021). Vitamin B12 during pregnancy.





Blackmores. Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold.





Dexa Group. Folamil Genio.





Healthline (2020). Side Effects of Prenatal Vitamins: What They Are and How to Treat Them.





Healthline (2020). Supplements During Pregnancy: What’s Safe and What’s Not.





Healthline (2019). Pregnant Women Aren’t Getting the Vitamins and Nutrients They Need — and Supplements Aren’t Helping.





Konimex. Biocalci 72 Botol.





MIMS Indonesia. Anemolat.





NaturesPlus. Source of Life Prenatal Multivitamin Tablets.





WebMD (2023). Are You Getting Enough Iron?





WebMD (2022). Folic Acid and Pregnancy.


Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010