main-logo

Apa itu Babymoon dan Manfaatnya Bagi Bunda

header-image-17740
author-avatar-17740

Ditinjau oleh

dr. Fella Halimah Pratami, Sp.OG, Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Diterbitkan 4 Mei 2023

share-icon

1252


Apakah Bunda pernah mendengar istilah babymoon ? Istilah ini pertama kali dikenalkan oleh Sheila Kitzinger, seorang antropolog sosial dan juga penulis buku kehamilan berjudul The Year after Childbirth: Surviving and Enjoying the Motherhood (1994). Sampai saat ini, babymoon masih menjadi tren bagi pasangan yang sedang menanti kelahiran si Kecil.





Apa itu Babymoon ?









Babymoon adalah liburan yang dilakukan pada saat kehamilan dan biasanya ketika menanti kelahiran anak. Babymoon juga sering dianggap sebagai “bulan madu kedua” karena dapat menjadi waktu yang tepat untuk mempererat hubungan bersama pasangan sambil menikmati liburan sejenak sebelum lahirnya si Kecil.





Biasanya, babymoon dilakukan pada saat trimester kedua kehamilan karena ini adalah waktu paling aman bagi ibu hamil untuk melakukan perjalanan liburan. Pada trimester kedua (13-27 minggu) Bunda pun biasanya sudah tidak merasakan morning sickness yang dapat mengganggu kenyamanan Bunda waktu babymoon .









Manfaat Babymoon di Masa Kehamilan









Tak sekadar liburan biasa, babymoon dapat menjadi momen penting dalam masa kehamilan Bunda. Selain itu, liburan sejenak ini juga memiliki manfaat luar biasa bagi Bunda dan pasangan. Berikut ini beberapa manfaat babymoon di masa kehamilan:





  • Mempererat Hubungan dengan Pasangan




Rutinitas yang padat kadang membuat waktu bersama pasangan menjadi sedikit. Belum lagi perubahan suasana hati yang dialami oleh Bunda saat hamil tak jarang menjadi pemicu emosi satu sama lain. Nah, di saat babymoon ini, Bunda dapat memanfaatkannya untuk mempererat hubungan dengan pasangan sebelum menghadapi peran baru sebagai orangtua.





  • Melepaskan stres




Manfaat babymoon lainnya adalah untuk melepaskan stres. Stres di masa kehamilan merupakan hal yang sering dialami oleh ibu hamil. Kondisi ini dapat dipicu oleh perubahan hormon dan juga tekanan emosional dalam menghadapi kehamilan. Dengan babymoon , Bunda dapat merasa lebih rileks dan stres yang Bunda alami pun dapat mereda.





  • Waktu istirahat




Di saat babymoon , ada baiknya Bunda memanfaatkan waktu ini untuk beristirahat ekstra. Istirahat yang cukup dapat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar Bunda tidak mudah sakit dan janin akan lebih sehat.





  • Merencanakan masa depan




Tak hanya untuk refreshing , Bunda juga dapat memanfaatkan waktu babymoon untuk bertukar pikiran untuk merencanakan masa depan sebelum si Kecil lahir ke dunia. Memang hal ini dapat dilakukan kapan saja, tapi dengan suasana yang tenang dan santai saat babymoon , Bunda dan pasangan dapat berpikir lebih jernih untuk berdiskusi.





  • Dokumentasikan momen kehamilan  




Masa kehamilan adalah momen spesial yang pasti ingin dikenang Bunda. Nah, Bunda dapat memanfaatkan babymoon ini untuk melakukan dokumentasi momen kehamilan atau yang biasa disebut dengan maternity shoot . Supaya lebih hemat, Bunda dapat melakukan sesi foto kecil-kecilan dengan bantuan pasangan sebagai fotografernya. 





Tips Melakukan Babymoon Saat Pandemi









Melakukan liburan di tengah pandemi pastinya butuh persiapan ekstra. Apalagi dalam keadaan hamil. Tentunya Bunda harus mempersiapkan dengan matang agar babymoon ini aman bagi kesehatan Bunda dan janin. Berikut ini beberapa tips babymoon untuk Bunda:





  •   Pilih destinasi yang tepat




Pastikan destinasi babymoon yang Bunda pilih tidak terlalu jauh. Karena perjalanan jauh dapat membuat Bunda kelelahan dan justru berbahaya bagi kesehatan janin. Selain itu, pastikan hotel yang Bunda pilih dekat dengan klinik atau rumah sakit untuk mengantisipasi jika terjadi masalah kesehatan selama babymoon .









  •  Konsultasi dengan dokter terlebih dahulu




Sebelum merencanakan babymoon , penting bagi Bunda untuk memeriksakan kesehatan dan juga konsultasikan rencana ini dengan dokter. Beritahukan pula tujuan babymoon Bunda agar dokter dapat mempertimbangkan apakah perjalanan tersebut aman atau tidak bagi Bunda dan janin.





  • Pastikan Bunda sudah divaksin COVID-19




Ibu hamil termasuk golongan yang rentan tertular virus COVID-19. Untuk itu, pastikan Bunda sudah melakukan vaksinasi COVID-19 dan selalu terapkan protokol kesehatan, ya.





  •   Konsumsi makanan yang bernutrisi




Saat liburan, kadang kita ingin mencoba semua makanan enak yang ada di lokasi liburan. Hal ini boleh-boleh saja kok, Bun. Namun, tetap pilih makanan yang aman bagi ibu hamil dan pastikan asupan nutrisi Bunda selalu terpenuhi, ya.





Itulah beberapa tips dan manfaat babymoon bagi kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Bun. Ingat, perencanaan babymoon sangat penting demi keamanan dan kenyamanan liburan Bunda. Selamat berlibur, Bunda!





Sumber:





Mama Natural. 2019. Top 10 Reasons to Go On Babymoon.





Healthline. 2019. What Is a Babymoon and How Do You Plan One?





On My Health. 2019. Babymoon Benefits: Vacationing Before Having A Baby Is Essential to Rekindle Live in A Marriage.





The Bump. 2017. 10 Babymoon Tips


Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010