main-logo

Apa Saja Vitamin Daya Tahan Tubuh untuk Ibu Hamil?

header-image-17666
author-avatar-17666

Ditinjau oleh

dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik & Konsultan Laktasi

Diterbitkan 11 Agt 2022

share-icon

137


Menjaga kondisi tubuh dengan asupan nutrisi yang tepat tak hanya bermanfaat bagi ibu hamil tapi juga janin di kandungan. Jika ingin menjaga daya tahan tubuh, terutama saat pandemi saat ini, vitamin daya tahan tubuh untuk ibu hamil seperti apa ya, yang tepat? 





Kondisi Sistem Imun Ibu Hamil









Salah satu perubahan yang terjadi saat kehamilan mencakup sistem imun. Umumnya ibu hamil memiliki daya tahan tubuh yang menurun sehingga menjadi mudah terserang infeksi dan penyakit. 





Selama ini, diyakini bahwa sistem imun ibu hamil memang harus lemah untuk mencegah sistem imun tersebut menyerang embrio pada proses implantasi dan kemudian saat embrio sudah berkembang menjadi janin. Kondisi ini terjadi akibat embrio dan janin dianggap sebagai objek asing. Prosesnya mirip seperti saat terjadi transplantasi organ tubuh.





Jika sistem imun tetap kuat dan terus menyerang embrio atau janin, maka Bunda berpotensi untuk mengalami keguguran atau melahirkan prematur. Karena itulah kemudian tubuh Bunda melemahkan sistem imun agar hal ini tidak terjadi.





Namun melemahnya sistem imun ini berakibat pertahanan tubuh Bunda terhadap serangan kuman penyebab penyakit berkurang. Walau begitu, tak berarti tubuh Bunda jadi rentan terhadap serangan semua penyakit, karena ada beberapa jenis virus yang tetap dapat ditangkal oleh sistem imun ibu hamil. 





Pilihan Vitamin Daya Tahan Tubuh untuk Ibu Hamil





konsumsi obat saat hamil




Salah satu cara yang dianjurkan untuk menjaga daya tahan tubuh ibu hamil adalah dengan mengonsumsi vitamin secara teratur. Jenis-jenis vitamin yang dapat dijadikan sebagai vitamin daya tahan tubuh untuk ibu hamil adalah:





  • Vitamin C




Merupakan vitamin yang penting untuk menjaga sistem imun tetap ideal. Vitamin C menstimulasi terbentuknya antibodi, serta mendukung produksi, fungsi, dan pergerakan sel-sel darah putih. 





Ibu hamil membutuhkan minimal 85 mg vitamin C setiap harinya. Vitamin C bisa Bunda dapat dari makanan seperti jambu merah, kelompok buah sitrus, paprika, stroberi, brokoli, dan lainnya.





  • Vitamin D




Vitamin ini membantu mengatur protein antimikroba yang dapat membunuh patogen. Ibu hamil direkomendasikan untuk mendapat asupan vitamin D sebanyak 600 IU per hari, yang bisa didapatkan dari sinar matahari, produk susu dan olahannya, ikan berlemak, kuning telur, dan minyak ikan.





  • Vitamin A




Bekerja membantu melindungi tubuh dari infeksi dengan menjaga kondisi kulit serta jaringan di mulut, saluran pencernaan, dan saluran pernapasan tetap sehat. Rekomendasi asupan Vitamin A untuk ibu hamil adalah 770 mcg. Vitamin A bisa didapatkan dari hati sapi, wortel, ikan berlemak, telur, bayam, dan ubi jalar.





Selain dari makanan, asupan vitamin daya tahan tubuh untuk ibu hamil ini bisa Bunda dapatkan dari konsumsi suplemen kehamilan. Berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui suplemen kehamilan yang tepat.





Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Hamil





suplemen prenatal




Tak hanya lewat asupan vitamin daya tahan tubuh untuk ibu hamil, Bunda juga bisa melakukan cara-cara mendasar ini untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit:





  • Menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang. Hindari makanan dengan kalori kosong dan kandungan gula yang tinggi. Jika Bunda sakit dan dalam proses pemulihan, perbanyak konsumsi buah dan sayuran.
  • Jaga agar tubuh terhidrasi dengan baik. Caranya dengan mencukupi kebutuhan cairan ibu hamil sebanyak 2,5 liter (sama dengan 10 gelas) per hari. 
  • Beristirahat yang cukup. Biasakan tidur malam yang cukup sampai delapan jam. Jika terasa kurang, Bunda bisa tidur siang sebanyak satu jam.
  • Selalu menjaga kebersihan. Cuci tangan secara teratur setelah buang air dan sebelum makan. Jaga pula kebersihan lingkungan tempat tinggal agar tidak menjadi tempat kuman berkembang biak.




Untuk informasi yang akurat tentang vitamin daya tahan tubuh untuk ibu hamil serta cara menjaga kondisi tubuh agar tidak mudah sakit, jangan segan untuk berkonsultasi dengan dokter ya, Bun.





Sumber:





ACOG. 2021. Nutrition during Pregnancy





Mayo Clinic Health System. 2021. Support your immune function with good nutrition.





Medical News Today. 2017. What happens to the immune system during pregnancy?





All about Women. Pregnancy, Your Immune System and Getting Sick


Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010