main-logo
header-image-17652
author-avatar-17652

Ditinjau oleh

dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik & Konsultan Laktasi

Diterbitkan 20 Des 2021

share-icon

54


Lebih selektif dalam memilih makanan yang masuk ke tubuh Bunda saat sedang hamil memang sudah seharusnya dilakukan. Alpukat menjadi salah satu buah memiliki banyak manfaat alpukat untuk ibu hamil. 





Kandungan Nutrisi dalam Alpukat









Tak banyak jenis sayuran dan buah-buahan yang memiliki kandungan nutrisi memadai untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Dari yang sedikit ini, alpukat menjadi buah yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh keduanya, karena memiliki kandungan nutrisi esensial yang memadai.





Alpukat adalah buah yang memiliki daging dengan bentuk seperti krim dengan tekstur yang lembut. Buah yang sering disangka sayuran ini berasal dari Amerika Tengah dan biasanya tumbuh di tempat dengan iklim tropis.





Di dalam 100 gr daging buah alpukat, terdapat kandungan nutrisi berupa:





  • Kalori: 167 kcal
  • Protein: 2 gr
  • Total lemak: 15,4 gr
  • Karbohidrat: 8,6 gr
  • Serat pangan: 6,8 gr
  • Folat: 89 μg
  • Kolin: 14 mg
  • Vitamin C: 8,8 mg
  • Vitamin B6: 0,3 mg
  • Vitamin A: 7 μg
  • Beta karoten: 63 μg
  • Alfa karoten: 24 μg
  • Lutein + zeaxanthin: 271 μg
  • Kalsium: 13 mg
  • Magnesium: 29 mg
  • Fosfor: 54 mg
  • Potasium: 507 mg
  • Sodium: 8 mg
  • Zat besi: 0,6 mg
  • Zinc: 0,7 mg 




Dari daftar ini, terlihat bahwa alpukat memiliki banyak nutrisi esensial yang dibutuhkan oleh ibu hamil, seperti protein, lemak, folat, zat besi, zinc , kalsium, Vitamin A, karotenoid, kolin, Vitamin B6. Manfaat alpukat untuk ibu hamil jika dikonsumsi secara rutin adalah dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian selama kehamilan.





Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil









Karena kaya kandungan nutrisi dan senyawa bioaktif, maka manfaat alpukat untuk ibu hamil yang bisa Bunda dapatkan di antaranya adalah:





  1. Menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan serat yang tinggi membantu menjaga kesehatan pencernaan ibu hamil. Ini sangat membantu karena ibu hamil umum menderita sembelit dan diare. 




Selain itu, kandungan serat ini juga membantu mengurangi risiko Bunda mengalami kenaikan berat badan berlebihan yang dapat berujung ke obesitas, juga mengurangi risiko komplikasi berupa diabetes gestasional.





  1. Membantu kesehatan jantung dan gula darah. Kandungan lemak yang tinggi, terutama lemak tak jenuh tunggal, di alpukat dapat membantu menjaga kesehatan jantung Bunda, mengatur kadar gula dalam darah, serta membantu Bunda merasa kenyang di antara waktu makan. 




Makanan yang kaya lemak jenuh tunggal juga membantu meningkatkan kualitas tidur sehingga gangguan insomnia yang umum diderita ibu hamil akan berkurang.





  1. Mengandung asam folat. Kandungan folat yang tinggi berperan penting untuk membantu mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada janin. Cacat lahir ini sangat berpengaruh kepada kondisi otak bayi dan sumsum tulang belakangnya, bentuknya bisa berupa spina bifida dan anensefali.




  1. Menjaga tekanan darah. Kandungan potasium yang tinggi membantu menjaga tekanan darah Bunda berada di level yang normal. Tekanan darah yang normal penting untuk menjaga agar Bunda tidak mengalami hipertensi, yang dapat memicu komplikasi kehamilan berupa preeklampsia. 




Tak hanya potasium, di dalam alpukat juga terdapat kandungan magnesium yang juga penting untuk mengatur tekanan darah Bunda.





  1. Mencegah kerusakan sel. Kandungan antioksidan tinggi berupa Vitamin C, lutein, zeaxanthin, alfa karoten, dan beta karoten, dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan sel-sel. Kandungan antioksidan tinggi ini juga memberi manfaat alpukat untuk ibu hamil lainnya yaitu membantu menjaga kondisi tubuh Bunda dan janin secara keseluruhan. 




Ide Konsumsi Alpukat untuk Sehari-hari









Rasa alpukat yang gurih dan manis membuatnya cocok dijadikan bahan untuk banyak makanan dan masakan. 





Untuk mendapatkan manfaat alpukat untuk ibu hamil, Bunda dapat mencampurkan irisan atau potongan alpukat ke dalam salad sayur atau buah, dimakan bersama roti panggang dan telur saat sarapan, dibuat jus, dan guacamole .





Bunda juga bisa mengonsumsi alpukat dengan cara yang biasa dilakukan pada masa kecil, yaitu daging buahnya dikerok, ditempatkan di mangkuk, diberi sedikit susu atau krim, lalu dimakan sebagai camilan. Nikmat!





Tak ada pantangan khusus dalam mengonsumsi alpukat oleh ibu hamil. Namun hati-hati jika Bunda ternyata alergi terhadap alpukat, maka sebaiknya menghindari konsumsinya.





Sumber:





Comerford, K.B., et al. 2016. The Role of Avocados in Maternal Diets during the Periconceptional Period, Pregnancy, and Lactation. Nutrients. 2016 May; 8(5): 313.





Healthline Parenthood. 2020. 7 Benefits of Eating Avocado During Pregnancy





Growing Your Baby 9. 2015. 10 Benefits of Eating Avocado during Pregnancy


Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010