main-logo
header-image-16889
author-avatar-16889

Ditinjau oleh

dr. Fella Halimah Pratami, Sp.OG, Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Diterbitkan 18 Jul 2022

share-icon

1947


Perkembangan dunia medis saat ini membuat kita lebih mudah saat ingin mengecek kehamilan. Tespek kehamilan adalah perangkat praktis untuk melakukannya. Ini dia, cara melihat tespek kehamilan. 





Apa Itu Tespek Kehamilan?





mengecek kehamilan dengan tespek




Tespek kehamilan adalah perangkat penguji kehamilan yang bisa dibeli bebas di apotek maupun mini market.





Tespek kehamilan biasanya dikemas praktis dalam kotak maupun amplop tipis, berisi alat indikator mirip dengan pena yang terbuat dari plastik, maupun lembaran dari kertas. 





Saat ini juga tersedia tespek kehamilan yang lebih canggih, yaitu menggunakan perangkat digital maupun berbentuk flash drive /USB yang dapat dihubungkan dengan komputer. 





Proses pengujian kehamilan dilakukan dengan menggunakan urine Bunda ketika bangun tidur pagi hari (first morning urine).





Sensitivitas yang ditawarkan alat tespek pun berbeda-beda. Bunda bisa membaca di tulisan di kemasan, bila tertera tulisan sensitivitas 20 mIU/mL artinya alat tespek mampu mendeteksi kehamilan ketika kadar hormon beta hCG di urine mencapai minimal 20 mIU/mL urine.





Jadi bila tubuh Bunda belum menghasilkan sejumlah minimal tersebut, maka alat tespek akan menunjukkan hasil negatif. Makin kecil nilai sensitivitasnya, maka makin cepat kehamilan bisa terdeteksi.





Bagaimana Cara Membaca Tespek Kehamilan?





tes kehamilan dengan gula




Bunda bisa menggunakan tespek segera setelah terlambat haid, atau sekitar 21 hari setelah berhubungan intim. Bila terlalu awal, biasanya tespek belum bisa mendeteksi adanya hormon hCG atau hormon kehamilan di dalam urine. 





Disarankan untuk Bunda melakukan tes pada pagi hari, di saat konsentrasi urine sedang pada puncaknya, sehingga hormon hCG akan lebih mudah terdeteksi. 





Cara menggunakan tespek adalah sebagai berikut:





  • Bergantung pada cara penggunaan yang tertulis pada kemasan.
  • Tampung urine Bunda ke dalam wadah yang tersedia pada kemasan tespek atau dengan menggunakan mangkuk plastik/kaca yang bersih dan kering.
  • Bunda dapat mencelupkan strip indikator ke dalam urine sampai batas yang diminta, atau meneteskan urine dengan menggunakan pipet yang disediakan.
  • Pada tespek berbentuk seperti pena, Bunda diminta BAK langsung pada alat tersebut, biasa disebut mid-stream urine test.
  • Tunggu selama 3-5 menit, atau sesuai keterangan yang ada pada kemasan. Hasil pengujian akan segera terlihat.
  • Hasil positif akan ditunjukkan dengan munculnya tanda “plus”, tulisan “hamil” atau garis dua pada alat indikator. 
  • Sebaliknya, akan muncul tanda “minus”, tulisan “tidak hamil” atau hanya ada satu garis bila tidak hamil. 




Hasil yang Membingungkan





tespek positif




Meski sudah merasa mengikuti arahan yang tertulis pada kemasan tespek, kadang hasil yang diberikan meragukan, misalnya tanda “plus” atau garis dua terlihat samar. 





Penyebab munculnya hasil yang meragukan di antaranya:





  • Salah membaca instruksi yang ada pada kemasan.
  • Strip indikator basah terkena air atau cairan lain seperti sabun, minyak, cairan berlemak, atau tersentuh jari. Biasanya pada strip indikator terdapat petunjuk bagian yang boleh dipegang dan yang tidak boleh terkena cairan/jari.
  • Tespek kehamilan yang digunakan sudah kedaluwarsa.
  • Kualitas tespek kehamilan yang rendah. 
  • Bunda melakukan pengecekan terlalu awal.
  • Bunda tidak mengetes kehamilan dengan menggunakan urine yang keluar pertama kali, sehingga hormon hCG di dalam urine kurang terkonsentrasi. 
  • Bunda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu yang dapat memengaruhi akurasi tes kehamilan.




Bila Bunda mendapatkan hasil yang samar dan meragukan, cobalah untuk mengulangi pengujian setelah beberapa hari. Pastikan Bunda mengikuti petunjuk penggunaan dan memastikan perangkatnya tidak kedaluwarsa agar didapatkan hasil yang akurat.





Harga tespek yang mahal bukanlah patokan untuk mengetahui kualitas tespek kehamilan ya, Bun. Saat ini banyak tespek kehamilan yang harganya cukup terjangkau dan dibuat oleh perusahaan yang kredibel. 





Namun jangan asal membeli tespek yang harganya terlalu murah juga, Bun, apalagi yang tidak dilengkapi dengan keterangan perusahaan farmasi yang membuatnya. Perangkat seperti ini diragukan kualitas dan keakuratannya. 





Untuk memastikan kondisi Bunda, meski sudah menggunakan tespek, segeralah berkonsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan secara lebih mendalam. Biasanya dokter akan melakukan tes darah dan USG untuk mengonfirmasi kehamilan Bunda. 





Terlambat memeriksakan kehamilan berarti si Kecil juga akan terlambat mendapatkan perawatan prenatal, Bun. Karena itu, upayakan untuk sesegera mungkin memeriksakan diri ke dokter, ya. 









Sumber:





NHS. 2018. Doing a Pregnancy Test.





Web MD. 2020. Pregnancy Test.





Verywell Family. 2020. How to Use a Home Pregnancy Test.










Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010