main-logo

Frozen Food, Bolehkah Dikonsumsi Ibu Hamil?

header-image-18625
author-avatar-18625

Ditinjau oleh

dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik & Konselor Laktasi

Diterbitkan 8 Feb 2023

share-icon

20908


Saat hamil memang banyak makanan yang harus dihindari ibu agar janin tumbuh dengan sehat. Beberapa makanan yang harus dihindari antara lain, seperti makanan mentah dan makanan yang dibakar. 





Makan mi instan saat hamil juga kerap menjadi pro dan kontra. Beberapa orang mengatakan tidak masalah makan mi instan sesekali, sedang yang lainnya menyarankan jika mi instan sebaiknya tidak dikonsumsi selama hamil. 





Lalu, bagaimana dengan frozen food , seperti chicken nugget , sosis, dan lainnya? Bolehkah ibu hamil makan frozen food ? Selain praktis, rasa frozen food juga enak. Maka dari itu, frozen food dapat menjadi makanan penyelamat di saat Bunda tak sempat masak atau menyiapkan makanan lain. 





Sebelum menyantapnya, simak dahulu penjelasan kami di bawah ini mengenai keamanan frozen food untuk ibu hamil. 





BACA: Bolehkah Konsumsi Makanan Fermentasi Saat Hamil?





Bolehkah Makan Frozen Food saat Hamil?









Jawabannya, boleh. Frozen food aman dikonsumsi oleh ibu hamil selama cara masak dan penyimpanannya sesuai dengan yang dianjurkan dalam kemasan. 





Namun, akan lebih baik lagi jika ibu hamil tidak mengonsumsi frozen food terlalu sering. Pengawet, garam, dan MSG yang terkandung di dalam makanan beku umumnya cukup tinggi sehingga tidak baik dikonsumsi terlalu sering. 





Makanan terbaik untuk ibu hamil tetaplah makanan yang baru dimasak dari bahan-bahan fresh . Selain nutrisinya lebih tinggi, makanan yang baru dimasak tidak mengandung pengawet dan garamnya juga tidak setinggi makanan beku. 





Bahaya Mengonsumsi Frozen Food saat Hamil









Meskipun boleh dimakan sesekali, Bunda juga perlu mengetahui bahaya mengonsumsi frozen food jika terlalu sering saat hamil. 





  • Mengandung bakteri Listeria




Dilansir dari Stratfor Beacon Herald, chicken nugget frozen food dapat mengandung bakteri Listeria monocytogenes yang meracuni makanan. 





Meski makanan ini sudah digoreng setengah matang dan dibekukan, bakteri Listeria dapat tumbuh selama masa simpan. Bakteri ini berbahaya bagi ibu hamil karena bisa menyebabkan keguguran dan infeksi serius bagi bayi yang baru lahir. 





  • Memicu darah tinggi




Tingginya garam yang terkandung di dalam frozen food seperti chicken nugget dan sosis, bisa menyebabkan darah tinggi pada ibu hamil. Jika Bunda terkena hipertensi saat hamil, efek terburuknya Bunda bisa terkena preeklampsia. 





  • Penumpukan cairan pada tubuh




Terlalu banyak mengonsumsi MSG saat hamil bisa memicu penumpukan cairan pada tubuh, terutama saat hamil tua. Penumpukan cairan ini bisa membuat kaki, mata, dan bagian tubuh lainnya membengkak. Bahkan, terparahnya Bunda bisa mengalami edema atau sesak nafas. 





BACA: Amankah MSG Bagi Ibu Hamil? Ini Faktanya





Tips Mengonsumsi Frozen Food saat Hamil









Ada beberapa tips yang bisa Bunda lakukan dibandingkan membeli frozen food kemasan di supermarket. Selain lebih sehat, tentunya Bunda juga akan merasa lebih aman saat mengonsumsinya!





  • Buat sendiri frozen food yang Bunda inginkan




Jika Bunda menyukai frozen food seperti chicken nugget , chicken wings , dan semacamnya, sebaiknya Bunda membuatnya sendiri di rumah lalu membekukannya. Selain bahan-bahan yang digunakan dapat Bunda tentukan sendiri, tentunya makanan ini juga tidak mengandung pengawet buatan. 





  • Langsung konsumsi frozen food setelah dibeli




Meski frozen food memiliki batas expired yang lama, akan lebih baik jika Bunda mengonsumsi langsung frozen food yang dibeli. Usahakan untuk tidak menyimpan frozen food yang telah dibuka kemasannya kembali di dalam kulkas atau freezer . Bunda tak pernah tahu apakah ada bakteri yang menempel saat kemasan terbuka. Jadi, belilah frozen food sedikit saja supaya bisa langsung habis sekali konsumsi.





Sumber:





The Beacon Herald. 2021. Chicken nuggets can harbour Listeria  





Baby Center. Is it safe to eat pre-cooked frozen food during pregnancy?


Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010