main-logo

Hamil 3 Bulan, Begini Kondisi Tubuh Janin yang Penting Bunda Ketahui

header-image-20562
author-avatar-20562

Ditinjau oleh

dr. Marianti, Head of Medical Content Alodokter

Diterbitkan 28 Agt 2023

share-icon

143


Tidak terasa ya, Bunda telah hamil 3 bulan. Pada akhir trimester pertama ini, sudah ada banyak perkembangan yang terjadi pada tubuh Si Kecil di dalam kandungan Bunda. Yuk, ketahui apa saja yang terjadi pada tubuh janin di bulan ke-3 kehamilan.





Berat dan panjang badan janin bertambah setiap minggu





Berat dan panjang badan janin terus bertambah setiap minggunya. Pada minggu ke-9 kehamilan, rata-rata berat badan janin adalah 27 gram dengan panjang badannya sekitar 2 cm. Pada minggu ke-12 atau akhir trimester pertama, berat badan janin rata-rata adalah 58 gram dengan panjang badan sekitar 5,5 cm.





Pada bulan ke-3 kehamilan, berat badan ibu hamil umumnya bertambah sekitar 1–2 kilogram. Pertambahan berat badan yang sesuai usia kehamilan merupakan salah satu tanda bahwa tubuh ibu mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga bisa tetap berenergi dan tidak mudah lelah saat mengandung.





Begitupun halnya dengan janin. Pertambahan berat badan yang ideal sesuai usianya menandakan bahwa janin mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dan pertumbuhannya baik.





Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi di masa hamil 3 bulan ini, Bunda perlu menambah asupan nutrisi. Bunda bisa mengawalinya dengan rutin mengonsumsi makanan ringan, seperti kacang, kismis, keju, buah kering, dan yogurt sebanyak 5–6 kali setiap hari. Jika suka makan buah, konsumsilah buah yang kaya akan nutrisi, termasuk lemak sehat, serta mampu memberikan energi yang cukup, seperti alpukat, pisang, dan pir.





Tunas gigi mulai berkembang





Pada minggu ke-9 atau awal trimester pertama, tunas gigi janin mulai berkembang di gusi secara bertahap. Memasuki minggu ke-10 kehamilan, tunas gigi mulai mengeras dan menyambung ke rahang janin. Seluruh gigi tersebut akan tumbuh menjadi 10 gigi pertama yang akan muncul ketika janin telah lahir dan mencapai usia 4–7 bulan.





Selain itu, gigi janin juga berkembang dengan terbentuknya jaringan gigi dan dua lapisan pelindung gigi, yaitu enamel dan dentin. Enamel adalah lapisan luar gigi, sementara dentin adalah lapisan dalam gigi. Kedua lapisan tersebut berfungsi melindungi gigi dan membuat gigi lebih kuat.





Salah satu cara yang bisa mudah yang bisa Bunda lakukan agar gigi janin dapat tumbuh dengan sehat dan kuat adalah rutin minum air putih yang cukup, yaitu sebanyak 8–12 gelas sehari. Ini karena air putih mengandung fluoride yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan pada lapisan gigi janin.





Selain itu, Bunda juga bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin D, protein, kalsium, dan fosfor.





Buah dan sayuran yang kaya akan vitamin C berguna untuk menjaga gusi janin tetap sehat. Sementara itu, daging, ikan, keju, unggas, susu, dan telur merupakan sumber protein dan fosfor yang bermanfaat untuk memperkuat lapisan gigi janin, sehingga tidak mudah rusak.





Detak jantung janin mulai terdengar





Saat Bunda hamil 3 bulan, jantung Si Kecil mulai berkembang secara signifikan dengan terbentuknya 4 ruang jantung. Inilah yang membuat detak jantung janin sudah bisa terdengar.





Jantung janin berdetak dua kali lebih cepat daripada detak jantung Bunda. Jadi, jangan terkejut bila mendengar suara detak jantung Si Kecil mirip derap langkah kuda yang sedang berlari kencang ya, Bunda.





Ari-ari mulai terbentuk secara bertahap





Pada minggu ke-12 atau akhir trimester pertama, ari-ari mulai menempel pada dinding rahim, berkembang secara bertahap, dan terhubung dengan janin melalui tali pusar.





Ari-ari berfungsi untuk menyalurkan darah yang berisi oksigen dan nutrisi ke dalam tubuh janin melalui tali pusar. Ari-ari juga berguna untuk menyaring darah yang masuk ke dalam tubuh janin.





Tidak hanya itu, ari-ari akan menggantikan fungsi korpus luteum di dalam indung telur dalam memproduksi tiga hormon penting, yaitu laktogen, estrogen, dan progesteron. Ketiga hormon ini dibutuhkan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang janin. 





Meningkatnya kadar hormon progesteron yang diproduksi oleh ari-ari juga dapat mengurangi mual dan muntah yang sering dialami ibu hamil di awal kehamilan.





Sumber :





Cleveland Clinic (2022). Body Systems & Organs. Placenta.





BabyCenter (2023). How your baby's tooth buds develop.





BabyCenter (2022). Growth chart: Fetal length and weight, week by week.





BabyCenter (2022). Pregnancy Week by Week. 9 Weeks Pregnant.





Parents (2023). 10 Foods to Healthfully Encourage Baby's Weight Gain.





WebMD (2022). Gain Weight Safely During Your Pregnancy.


Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010