main-logo

Ibu Hamil Jangan Berdiri Terlalu Lama, Ini Resikonya!

header-image-18295
author-avatar-18295

Ditinjau oleh

dr. Fella Halimah Pratami, Sp.OG, Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Diterbitkan 23 Feb 2022

share-icon

2034


Menjadi ibu hamil memang perlu perhatian ekstra dan harus selalu berhati-hati dalam bergerak. Pasalnya, semua gerak-gerik yang Bunda lakukan dapat berpengaruh pada Bunda dan janin dalam kandungan.





Di masa kehamilan pastinya Bunda sering ditegur untuk tidak berdiri terlalu lama. Mungkin juga Bunda pernah diingatkan untuk banyak beristirahat saja dan jangan banyak berdiri. Pesan-pesan ini umum kita dengar dari kerabat atau keluarga ibu hamil. Tapi, kenapa ya ibu hamil tidak boleh berdiri terlalu lama? Apakah bahaya ibu hamil terlalu lama berdiri?





Bahaya Ibu Hamil Terlalu Lama Berdiri









Mengandung anak dalam rahim pastinya perlu perawatan dan perhatian ekstra. Tubuh Bunda saat hamil tidak bisa disamakan dengan bugar dan gesitnya tubuh Bunda saat sebelum hamil.





Terkadang Bunda tidak sadar sudah berdiri terlalu lama karena sibuk beraktivitas di dapur atau karena sibuk bekerja. Bukan berarti ibu hamil harus selalu beristirahat sepanjang hari ya, Bunda. Namun berdiri lama saat hamil ternyata memiliki resiko untuk janin dan Bunda. Apa saja resikonya? Ini dia jawabannya.





● Kelelahan





Bunda kini tidak lagi membawa badan sendiri saat bergerak. Adanya janin dalam perut membuat bunda membawa beban lebih saat berdiri dan melakukan aktivitas.





Terutama di akhir kehamilan, tentunya beban yang Bunda rasakan semakin berat. Maka karenanya, berdiri terlalu lama tentunya akan membuat Bunda merasa mudah lelah dan juga sakit pinggang.





● Pingsan





Bunda yang sedang hamil umumnya akan mengalami varises, menurunnya tekanan darah, dan gusi bengkak dan mudah berdarah. Ini wajar terjadi akibat hormon progesteron yang membuat pembuluh darah Bunda membengkak.





Ini menyebabkan suplai darah ke otak berkurang sehingga menyebabkan Bunda mudah merasa pusing dan gelap seperti mau pingsan. Hati-hati ya Bunda. Bunda bisa mengalami kejadian ini jika berdiri terlalu lama. Pastikan Bunda tidak memaksakan diri dan coba mengenali tubuh sendiri.





● Kaki yang bengkak





Berdiri lama saat hamil juga dapat menyebabkan kaki Bunda bengkak. Bengkak ini disebabkan cairan tubuh dalam tubuh Bunda ikut turun ke bawah selagi Bunda berdiri.





Berdiri terlalu lama membuat cairan menumpuk di kaki yang menahan berat Bunda. Semakin lama kaki Bunda bisa jadi membengkak.





Cara Agar Bumil Berdiri dengan Nyaman t





jatuh saat hamil




Jika Bunda dalam keadaan atau tuntutan pekerjaan yang memaksa Bunda untuk terus berdiri lama saat hamil, maka beberapa tips ini bisa Bunda ikuti untuk membuat Bunda lebih nyaman.





● Gunakan sepatu yang nyaman





Pakai sepatu yang nyaman saat berencana berdiri terlalu lama. Ini dapat membuat Bunda lebih nyaman saat beraktivitas. Hindari penggunaan sepatu hak tinggi karena dapat meningkatkan resiko terjatuh dan kelelahan saat Bunda berdiri terlalu lama saat hamil.





● Sesekali curi waktu untuk duduk





Meski Bunda sangat sibuk, namun coba sesekali curi waktu untuk duduk dan meluruskan kaki. Ini dapat membantu meringankan beban Bunda sebelum memulai berdiri kembali.





● Gunakan belt penyangga perut





Saat ini banyak dijual produk penyangga perut (maternity belt) yang terbuat dari kain stretch dan lembut. Bunda bisa menggunakan ini untuk menahan perut Bunda yang semakin besar untuk mengurangi beban saat berdiri terlalu lama. Banyak ibu hamil yang merasakan keluhan nyeri pinggang dan pegal berkurang dengan penggunaan penyangga perut ini,





● Cukupi kebutuhan air dalam tubuh





Pastikan Bunda cukup minum air putih agar tetap terhidrasi saat bekerja terlalu keras.





● Lakukan peregangan dan berjalan





Jika tubuh sudah terasa pegal dan sakit, Bunda bisa mencuri waktu untuk melakukan peregangan sesekali. Berjalan-jalan kecil juga dianjurkan untuk kembali membantu melancarkan sirkulasi darah.





Berdiri lama saat hamil memang memiliki resiko bagi Bunda. Meski demikian, bukan berarti Bunda tidak boleh berdiri dan hanya berbaring saja. Tetap mencoba aktif dan berolahraga sewajarnya sangat dianjurkan untuk membuat tubuh Bunda tetap fit.





Jika pekerjaan Bunda mengharuskan Bunda untuk terus berdiri dalam waktu yang lama, Bunda bisa mencoba meminta toleransi dan keringanan untuk mendukung posisi Bunda yang sedang hamil.





Sumber:





Baby Center. 2021. Is it safe to be on my feet all day while pregnant?





Mom.com. 2014. How Much Time Can I Spend on My Feet at Work While Pregnant?


Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010