main-logo

Ibu Hamil Makan Gorengan? Boleh Nggak, ya?

header-image-19198
author-avatar-19198

Ditinjau oleh

dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik & Konselor Laktasi

Diterbitkan 21 Jul 2022

share-icon

7389


Saat hamil, ada banyak pantangan dan larangan yang harus dihadapi oleh Bunda supaya bayi dalam kandungan tumbuh dengan baik dan sehat. Pantangan terbanyak adalah makanan. 





Ibu hamil dianjurkan untuk tidak mengonsumsi beberapa jenis makanan, seperti makanan mentah , makanan yang dibakar , atau junk food . Lalu, bagaimana jika Bunda menyukai gorengan? Bolehkah ibu hamil makan gorengan?





Gorengan adalah salah satu camilan yang cukup populer di Indonesia. Cara memasaknya mudah, rasanya enak, harganya pun terjangkau. 





Dikutip dari suara.com, menurut dokter kandungan dr. Ivander Ramon Utama F.MAS, Sp. OG, MSc, ibu hamil boleh saja mengonsumsi gorengan. Asalkan, porsi makan gorengan tetap dibatasi dan tidak berlebihan.





Makan gorengan terlalu sering saat hamil dapat meningkatkan risiko wanita terkena diabetes selama kehamilan. Diabetes yang berkembang selama kehamilan disebut diabetes gestasional, menurut American Diabetes Association.





Sebuah penelitian memeriksa lebih dari 21.000 kehamilan anak tunggal di Amerika Serikat selama lebih dari 10 tahun. Diabetes terjadi pada hampir 850 kehamilan. 





Para peneliti menemukan, dibandingkan dengan wanita yang makan gorengan kurang dari sekali seminggu sebelum kehamilan, risiko diabetes gestasional 13 persen lebih tinggi pada mereka yang makan gorengan satu sampai tiga kali seminggu.





Dr. Cuilin Zhang dan rekan dari Institut Kesehatan Anak dan Perkembangan Manusia Nasional AS mengatakan bahwa temuan mereka menunjukkan bahwa membatasi konsumsi makanan yang digoreng dapat membantu mengurangi risiko diabetes gestasional.





BACA: Sumber Lemak yang Aman dan Tidak Aman untuk Ibu Hamil





Boleh Makan Gorengan Junk Food ?









Penelitian juga menunjukkan jika gorengan yang dibuat sendiri di rumah jauh lebih baik dibandingkan membeli gorengan di restoran atau di luar. 





Restoran cenderung menggunakan kembali minyak mereka untuk beberapa kali menggoreng, praktik yang merusak minyak melalui oksidasi dan hidrogenasi. 





 “Menggoreng ulang dapat menghasilkan lebih banyak bahan kimia yang merugikan itu,” kata rekan penulis Cuilin Zhang, MD, seorang peneliti di Eunice Kennedy Shriver National Institute of Child Health and Human Development. Menggoreng juga diduga menciptakan senyawa inflamasi yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan diabetes.





Selain itu, ibu hamil juga tidak dianjurkan makan gorengan junk food. Gorengan junk food merupakan makanan yang digoreng dan/atau diproses dengan kandungan kalori, garam, serta gula yang sangat tinggi. Makanan ini biasanya tidak memiliki atau sangat minim nilai gizi.





Junk food tidak mengandung protein, serat, vitamin, dan zat gizi mikro lainnya yang diperlukan untuk kesehatan dan kesejahteraan yang baik.





Umumnya makanan ini hanya kaya akan karbohidrat dan lemak.  Oleh karena itu, mengonsumsi junk food dapat membuat Bunda rentan terkena diabetes gestasional.





BACA: Frozen Food, Bolehkah Dikonsumsi Ibu Hamil?





Tips Makan Gorengan Tanpa Rasa Bersalah selama Hamil









Jika Bunda pencinta gorengan dan ingin tetap makan gorengan selama hamil, ada beberapa tips yang bisa Bunda lakukan:





  1. Buat sendiri di rumah




Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, akan lebih baik jika Bunda memasak sendiri gorengan di rumah. Selain lebih sehat, Bunda juga bisa mengontrol garam dan penyedap rasa tak berlebihan.





Pastikan untuk memakai minyak baru saat menggoreng supaya lemak jenuh yang dihasilkan tidak berlebihan.





  1. Goreng dengan air fryer




Akan lebih baik lagi jika Bunda memiliki air fryer dan menggoreng makanan dengan air fryer. Menggoreng dengan air fryer dapat mengurangi pemakaian minyak dan tentu lebih sehat. 





  1. Batasi konsumsi makanan gorengan




Walaupun Bunda sangat menyukai gorengan, batasi konsumsi gorengan paling tidak seminggu sekali saja. Dibandingkan menyantap gorengan setiap hari, lebih baik Bunda membuat makanan yang lebih sehat dengan cara dikukus, dipanggang, ditumis atau direbus. 





  1. Usahakan untuk tetap berolahraga meski hamil




Untuk menghindari diabetes gestasional atau obesitas selama hamil, Bunda bisa meminimalisirnya dengan tetap aktif. Lakukan olahraga ringan atau cukup berjalan kaki setiap pagi agar Bunda tetap fit dan terhindar dari penyakit. 





Sumber





TIME. 2014. Here's Why Women Should Avoid Fried Food Before Pregnancy





Baby Center. Is it safe to eat chicken during pregnancy?





WebMD. 2014. Fried Foods and Gestational Diabetes


Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010