main-logo
header-image-18156
author-avatar-18156

Ditinjau oleh

dr. Fella Halimah Pratami, Sp.OG, Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Diterbitkan 11 Feb 2022

share-icon

234


Olahraga tidak hanya diperuntukkan bagi orang biasa saja. Bunda yang sedang hamil pun perlu berolahraga untuk menunjang fisik dan mental selama mengandung. 





Olahraga yang dianjurkan bagi ibu hamil adalah olahraga ringan dan tidak terlalu melelahkan. Salah satu olahraga yang direkomendasikan adalah yoga hamil. 





Yoga bagi ibu hamil memiliki segudang manfaat bagi tubuh dan janin. Apa itu yoga hamil dan apa saja manfaat yoga bagi ibu hamil? Cek selengkapnya di bawah ini yuk, Bunda. 





Yoga hamil adalah jenis yoga yang khusus dilakukan bagi ibu hamil. Pada latihannya, yoga hamil berfokus pada meditasi, peregangan, dan latihan pernapasan. 





Kapan Bunda Boleh Mengikuti Yoga Hamil?









Yoga hamil memiliki segudang manfaat bagi Bunda dalam mempersiapkan fisik dan mental menjelang persalinan. Yoga hamil sangat direkomendasikan dilakukan oleh ibu hamil sejak trimester pertama. 





Yoga hamil bisa dilakukan dari trimester pertama hingga trimester akhir jelang persalinan. Namun, pastikan Bunda melakukan yoga hamil dengan bimbingan tenaga profesional untuk menghindari risiko cidera.





Saat hendak mengikuti yoga hamil pertama kali, sebaiknya Bunda menginfokan terlebih dahulu keluhan saat kehamilan kepada pelatih yoga. 





Dengan mengetahui keluhan Bunda, pelatih yoga profesional dapat menyesuaikan dan memilihkan gerakan yang cocok untuk mengurangi keluhan Bunda. Yoga pun dapat lebih nyaman dilakukan Bunda. 





Jika pada awal trimester Bunda masih merasakan gejala mual, mintalah untuk mengurangi gerakan menunduk ke bawah yang dapat merangsang rasa ingin muntah. 





Manfaat Yoga Hamil









Selain menjaga kebugaran ibu hamil, yoga juga sangat bermanfaat mempersiapkan tubuh Bunda menjelang lahiran. Beberapa manfaat yoga hamil antara lain:





  • Membantu Bunda tidur lebih nyenyak 




Setiap ibu hamil pasti mengalami sulit tidur. Sulit tidur pada ibu hamil tidak hanya dialami pada trimester akhir. Beberapa wanita juga mengalami sulit tidur bahkan sejak awal kehamilan. 





Sulit tidur pada ibu hamil disebabkan oleh banyak hal antara lain, mual dan muntah, keinginan sering buang air kecil, hingga kram pada bagian kaki. 





Dengan melakukan yoga hamil, otot dan tubuh dapat lebih rilek dan membantu Bunda mendapatkan tidur lebih nyenyak. 





  • Mengurangi level stres dan kecemasan 




Saat sedang hamil, sering kali Bunda merasakan kecemasan berlebih atas kehamilan dan menjelang persalinan. Hati-hati Bunda, cemas berlebih dapat meningkatkan stres dan membahayakan janin. 





Tingkat stres berlebih pada level tertentu dapat menyebabkan kelahiran prematur bahkan keguguran. Untuk itu, penting bagi ibu hamil untuk mengatur tingkat stres dan menjaganya agar tetap stabil. 





Manfaat yoga hamil melalui gerakan peregangan dan relaksasi yang diberikan dapat membuat Bunda lebih tenang dan mengurangi kecemasan Bunda. 





  • Membuat tubuh lebih aktif




Manfaat yoga hamil bagi ibu hamil lainnya adalah membuat tubuh menjadi lebih aktif. Tidak jarang ibu hamil menjadi jarang bergerak dan membuat tubuh menjadi mudah lemas dan kurang berkeringat. 





Dengan melakukan yoga hamil secara teratur, tubuh Bunda dapat diajak lebih banyak bergerak. Otot menjadi lebih relaks dan peredaran darah pun menjadi lebih lancar. 





  • Menjaga stabilitas mood 




Selama masa kehamilan, perubahan hormon dalam tubuh cenderung membuat mood Bunda menjadi lebih tidak menentu. 





Yoga hamil dapat menjadi solusi bagi Bunda yang mengalami hal ini. Dengan metode relaksasi di akhir sesi, teknik pernapasan, dan meditasi dapat membantu mood Bunda menjadi lebih baik. 





  • Mengurangi sakit pinggang, sakit kepala, hingga sulit bernafas




Di masa kehamilan tua, Bunda umumnya akan mengalami gejala sakit pinggang hingga pernapasan yang pendek. 





Gerakan-gerakan yoga hamil mampu membantu Bunda dalam mengurangi sakit pinggang hingga kesulitan bernapas. 





Perhatikan Hal Ini saat Melakukan Yoga Hamil





  • Cukupi kebutuhan air dalam tubuh




Jangan lupa membawa air mineral yang cukup untuk kembali menghidrasi Bunda setelah melakukan latihan. 





  • Makan 1-2 jam sebelum yoga hamil




Untuk menghindari rasa mual saat sedang yoga, jangan melakukan latihan sesaat setelah makan. Anda bisa makan 1-2 jam sebelum memulai sesi yoga hamil.





  • Jangan memaksakan gerakan




Kenali tubuh masing-masing. Jika dirasa gerakan yang diberikan terlalu sulit atau tidak nyaman dilakukan, Bunda bisa berhenti melakukannya. Jangan memaksakan gerakan untuk menghindari cidera. Bicarakan pada pelatih yoga untuk mendapat bantuan atau solusi lebih lanjut. 





Itulah beberapa informasi mengenai yoga hamil dan manfaat yoga hamil bagi Bunda. Jika masih ragu, Bunda bisa tanyakan kepada dokter kandungan untuk mendapatkan rekomendasi dan saran lanjutan.





Sumber: 





What to Expect. 2021. Prenatal Yoga: The Perfect Pregnancy Exercise





Mayo Clinic. 2021. Prenatal yoga: What you need to know





Sleep Foundation. 2020. Pregnancy and Sleep


Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010