main-logo

Ini Berbagai Manfaat Buah Apel untuk Ibu Hamil

header-image-17984
author-avatar-17984

Ditinjau oleh

dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik & Konsultan Laktasi

Diterbitkan 11 Jan 2022

share-icon

204


Ibu hamil dianjurkan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi dan dengan pola makan seimbang, termasuk buah-buahan. Apel merupakan salah satu buah yang direkomendasikan untuk Bunda konsumsi. Ketahui apa saja manfaat buah apel untuk ibu hamil dari informasi berikut ini. 





Buah Apel yang Kaya Nutrisi





apples in a basket on a wooden table




Ada peribahasa dari Wales yang menyatakan, “ An apple a day keeps the doctor awa y.” Dari kalimat ini tergambar bahwa konsumsi buah apel, paling tidak sebutir sehari, bisa membantu menjaga kesehatan Bunda.





Sebenarnya nutrisi dalam buah apel serupa dengan buah-buahan lainnya, yang punya banyak variasi nutrisi mikro berupa vitamin dan mineral, antioksidan, dan fitonutrien.  Dalam 100 gram apel dengan kulit terdapat kandungan nutrisi berupa:





  • Kalori: 52 kcal
  • Karbohidrat: 13,8 gr
  • Serat pangan: 2,4 gr
  • Gula: 10,4 gr dengan 5,9 gr di antaranya adalah fruktosa
  • Kasium: 6 mg
  • Potasium: 107 mg
  • Vitamin C: 4,6 mg
  • Folate: 3 µg
  • Vitamin A: 54 IU
  • Betakaroten: 27 µg
  • Lutein + zeaxanthin: 29 µg




Ada berbagai jenis apel yang dijual di pasaran, dan mungkin Bunda bingung jenis yang dapat memberi manfaat buah apel untuk ibu hamil. Apel biasanya dibedakan lewat warna, dan yang paling banyak adalah yang memiliki warna merah, hijau, dan kuning.





Bunda tak perlu bingung karena jenis-jenis apel ini memiliki kandungan nutrisi yang serupa. Mengonsumsi jenis apel dengan warna apapun akan baik dampaknya bagi Bunda.





Manfaat Buah Apel untuk Ibu Hamil





Red apples on wooden table




Dengan kandungan nutrisi yang disebutkan di atas, maka berbagai manfaat buah apel untuk ibu hamil berikut yang bisa Bunda dapatkan:





  • Sumber energi 




Pada trimester kedua dan ketiga kehamilan, Bunda dianjurkan untuk menambah kalori sebesar 300 kcal kemudian 500 kcal per hari saat menyusui. Konsumsi buah apel sebutir sehari (sekitar 200-250 gram) dilengkapi dengan segelas susu atau seporsi yoghurt sebagai camilan bisa membantu Bunda untuk memenuhi kebutuhan tersebut secara sehat.





  • Meningkatkan sistem imun tubuh




Saat hamil, sistem imun tubuh secara alami cenderung menurun sehingga Bunda rentan terserang kuman dan menderita infeksi. Kandungan Vitamin C di dalam apel dapat membantu menaikkan imun sehingga tubuh lebih kuat dalam menghalau kuman.





Kandungan antioksidan di apel juga dapat membantu menetralkan radikal bebas dari lingkungan yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan tubuh mengalami stres oksidatif. Dengan demikian, Bunda dapat terhindar dari munculnya berbagai penyakit yang disebabkannya.





  • Menjaga kesehatan pencernaan




Kandungan serat yang cukup tinggi di apel dapat membantu melancarkan BAB. Ini sangat penting karena ibu hamil cenderung mudah untuk menderita sembelit. Kandungan serat di apel juga merupakan prebiotik, sehingga dapat menjadi makanan bagi bakteri baik probiotik di sistem pencernaan. 





  • Mengurangi risiko anak menderita asma




Sebuah hasil penelitian terhadap 2000 ibu hamil menyebutkan bahwa ibu hamil yang rutin mengonsumsi apel dapat membantu mengurangi risiko anaknya menderita asma pada usia lima tahun. Manfaat buah apel untuk ibu hamil ini didapat dari kandungan fitonutrien di dalamnya.





Tak hanya asma, potensi anak untuk menderita mengi juga berkurang. Mengi adalah napas berbunyi yang sering dijumpai pada bayi dan balita, penyebabnya bisa alergi atau infeksi saluran pernapasan.





Tips Konsumsi Apel bagi Ibu Hamil





Fresh red apples on a old white wooden background




Untuk mendapatkan manfaat di atas, Bunda bisa mengikuti peribahasa untuk mengonsumsi sebutir apel sehari atau sesuai dengan kebutuhan Bunda. Cara konsumsi apel yang terbaik adalah dengan mengonsumsinya utuh agar kandungan serat dalam apel tidak terbuang.





Apel juga bisa Bunda jadikan sebagai bahan untuk pembuatan salad buah, pai buah, pai apel, saus, fritter , dan cake . Perlu Bunda ingat bahwa buah apel sudah manis, jadi jika ingin membuat hidangan menggunakan apel, tak perlu lagi menambahkan gula.





Sebelum mengonsumsi buah apel, pastikan bahwa buah sudah dicuci bersih. Jika Bunda khawatir dengan kandungan lilin yang biasa terdapat di kulit apel, maka Bunda bisa mengupas kulitnya atau mencuci buah apel menggunakan air hangat yang diberi perasan lemon. Gosok kulit apel lalu bilas dengan air bersih, baru setelahnya apel bisa Bunda konsumsi.





Sumber:





Mom Junction. 2021. 10 Health Benefits Of Eating Apples During Pregnancy





Pregnancy Food Checker. Apples and Apple Juice During Pregnancy: Benefits and Safety.





Medical News Today. 2007. Apple consumption during pregnancy reduces risk for childhood wheezing and asthma.





USDA. 2019. Apples, raw, with skin






Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010