main-logo

Ini Daftar Vitamin Ibu Hamil di Trimester 1

header-image-17982
author-avatar-17982

Ditinjau oleh

dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik & Konsultan Laktasi

Diterbitkan 19 Jul 2022

share-icon

228


Di masa kehamilan, asupan vitamin sangat penting dan dapat menjadi faktor penentu kesehatan ibu hamil dan janin. Bunda juga sangat disarankan untuk memenuhi kebutuhan vitamin ibu hamil di trimester 1 karena tahapan ini sangat berpengaruh dalam proses pembentukan serta perkembangan janin.





Manfaat Vitamin untuk Ibu Hamil





vitamin ibu menyusui




Pemenuhan kebutuhan vitamin di awal kehamilan dapat bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan. Selain itu, mengonsumsi vitamin ibu hamil di trimester 1 juga memiliki beberapa manfaat lainnya, antara lain:





  • Mendukung perkembangan saraf bayi




Salah satu vitamin yang penting bagi ibu hamil adalah asam folat. Vitamin ini dapat membantu pertumbuhan sel saraf, meningkatkan fungsi otak, dan juga mengurangi risiko cacat lahir





  • Mencegah anemia




Saat hamil, Bunda akan membutuhkan lebih banyak zat besi. Kebutuhan zat besi Bunda saat hamil akan meningkat dari 19 mg per hari menjadi 27 mg per hari untuk mencegah anemia.





  • Menjaga daya tahan tubuh




Asupan vitamin sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh ibu hamil dan untuk menghindari berbagai macam risiko penyakit. Daya tahan tubuh yang baik pada ibu hamil dapat mencegah komplikasi dan gangguan kesehatan saat kehamilan.





  • Mencegah mual saat hamil




Mual merupakan salah satu keluhan yang biasanya dirasakan ibu hamil di trimester 1. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi vitamin B6. Vitamin ini dapat menekan pembengkakan telinga bagian dalam sehingga mengurangi rangsangan mual.





  • Menjaga kepadatan tulang ibu hamil




Janin akan menyerap kalsium dari tubuh ibu hamil untuk pembentukan tulang dan gigi. Jika jumlah kalsium ibu hamil tidak tercukupi, ibu hamil akan rentan mengalami osteoporosis.





Vitamin yang Wajib Dikonsumsi di Trimester 1





suplemen prenatal




Di awal kehamilan, asupan vitamin yang tercukupi akan membuat janin di dalam kandungan tumbuh lebih optimal. Bunda bisa mendapatkan asupan vitamin ini dari makanan dan minuman yang Bunda konsumsi atau suplemen vitamin kehamilan. Berikut ini beberapa vitamin ibu hamil di trimester 1 yang dinilai sangat penting bagi Bunda:





  • Asam folat




Asam folat merupakan vitamin yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil. Asam folat bermanfaat untuk mencegah kelainan janin dan juga komplikasi kehamilan. Jumlah asupan asam folat yang disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil adalah 600 mikrogram (mcg) per hari. Sumber asam folat bisa didapatkan dari sayuran hijau, kacang tanah, kacang polong, telur, hati, jeruk, alpukat dan pisang.





  • Kalsium




Asupan kalsium sangat dibutuhkan ibu hamil karena berperan penting dalam pertumbuhan gigi dan tulang bayi di dalam kandungan. Itulah mengapa kalsium selalu ada dalam daftar vitamin ibu hamil di trimester 1 yang disarankan dokter. Jumlah kalsium yang dikonsumsi ibu hamil sebaiknya mencapai 1000 mg per hari. Untuk memenuhinya, Bunda dapat mengonsumsi asupan yang kaya akan kalsium seperti susu, keju, yoghurt, kacang-kacangan, rumput laut, brokoli, pakcoy, serta udang.





  • Zat besi




Vitamin ibu hamil di trimester 1 berikutnya adalah zat besi. Untuk menjaga kesehatan kehamilan, ibu hamil disarankan mengonsumsi zat besi 27 mg per hari. Menjaga kecukupan zat besi saat kehamilan akan mencegah anemia pada ibu hamil. Selain itu, zat besi juga berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dan penyerapan oksigen pada janin. Beberapa jenis asupan yang kaya akan zat besi antara lain: daging sapi, ayam, hati ayam, telur, tahu, dan bayam.





  •   Vitamin C




Vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil sehingga janin dapat tumbuh optimal. Selain itu, vitamin C juga membantu penyerapan zat besi  yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Setiap harinya, ibu hamil disarankan mengonsumsi vitamin C sebanyak 85 mg per hari. Bunda dapat mencukupi kebutuhan vitamin C dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran seperti jeruk, stroberi, dan brokoli.





  • Vitamin D




Di trimester 1, ibu hamil juga disarankan untuk mencukupi kebutuhan vitamin D minimal 15 mcg per hari. Vitamin D bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi dalam kandungan, mengurangi risiko preeklamsia, dan mencegah bayi lahir dengan berat badan rendah. Vitamin D bisa Bunda dapatkan ikan salmon, ikan tuna, ikan tenggiri, dan ikan laut lainnya. Vitamin D sebenarnya sudah terdapat secara alami di dalam tubuh yang terletak di bawah kulit dalam bentuk yang belum aktif, paparan sinar matahari bermanfaat untuk mengaktifkan vitamin D tersebut.





Vitamin berperan sangat penting bagi kesehatan kehamilan dan tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Bunda dapat mencukupi kebutuhan vitamin dari asupan bernutrisi dan juga suplemen vitamin. Namun, sebelum Bunda mengonsumsi suplemen vitamin, jangan lupa untuk konsultasikan terlebih dahulu ke dokter ya, Bun.





Sumber:





The Bump. 2020. How to Choose the Best Prenatal Vitamins





Webmd. 2020. Prenatal Vitamins





Women’s Health. 2020. 5 Benefit of Prenatal Vitamins That Are *So* Key For Your Growing Baby





What to Expect. 2020. What to Eat in the First Trimester


Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010