main-logo

Ini Pentingnya Bumil Mengonsumsi Vitamin B6

header-image-17689
author-avatar-17689

Ditinjau oleh

dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik & Konsultan Laktasi

Diterbitkan 21 Des 2021

share-icon

208


Bunda yang sedang hamil perlu untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral setiap hari. Berikut ini adalah penjelasan tentang manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil dan si Kecil.





Efektif Mengatasi Mual dan Muntah









Terutama pada trimester pertama kehamilan, banyak Bunda yang didera mual dan muntah, yang dapat berisiko menurunkan asupan nutrisi dalam tubuh. Padahal tubuh Bunda harus sehat dan mendapatkan asupan yang mencukupi untuk kebutuhan si Kecil juga yang sedang tumbuh di dalam kandungan.





Vitamin B6 adalah salah satu bagian dari vitamin B kompleks, yang juga dikenal dengan sebutan pyridoxine. Vitamin ini dapat membantu meredakan rasa mual dan muntah, sehingga dapat membantu Bunda merasa lebih nyaman. 





Ragam Manfaat Vitamin B6 untuk Ibu Hamil









Selain dapat membantu meredakan rasa mual dan muntah yang dialami ibu hamil, vitamin B6 juga punya manfaat lain yang tak kalah penting dalam mendukung kehamilan, yaitu:





  1. Membantu metabolisme protein dan karbohidrat oleh si Kecil di dalam kandungan, sehingga tubuh dapat membentuk sel-sel darah merah yang baru dan membentuk antibodi.
  2. Menunjang pertumbuhan otak dan saraf janin. Melalui asupan vitamin B6 yang mencukupi, otak dan sel-sel sarafnya akan berkembang dengan baik, sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya gangguan tumbuh kembang.
  3. Mencegah terjadinya bayi lahir dengan berat badan rendah. Biasanya hal ini disebabkan adanya malnutrisi atau kekurangan nutrisi yang terserap oleh tubuh si Kecil. Dengan mengonsumsi vitamin B6 selama hamil, diharapkan tubuh akan lebih baik dalam menyerap nutrisi, sehingga si Kecil dapat tumbuh dengan baik.
  4. Membantu mencegah preeklampsia pada Bunda. 
  5. Membantu mempertahankan kadar gula darah. Bunda yang sedang hamil terkadang berisiko mengalami diabetes gestasional atau diabetes yang terjadi akibat kehamilan. Vitamin B6 dapat membantu mengendalikan kadar gula darah, sehingga tidak terjadi lonjakan yang berbahaya.




Apa Risiko dari Kekurangan Vitamin B6?









Terutama pada Bunda hamil, kekurangan vitamin B dapat memunculkan beberapa kondisi berikut ini, yaitu:





  • Peradangan pada kulit, sistem persendian, dan juga pencernaan
  • Emosi kurang stabil, yang artinya memunculkan mood swing atau perubahan suasana hati yang ekstrem. 
  • Anemia atau kurang darah, karena tubuh mengalami kesulitan memproduksi sel-sel darah merah yang baru
  • Degenerasi neurologis atau penurunan fungsi sel-sel saraf.
  • Sering merasa kelelahan.




Bila Bunda merasa mengalami salah satu maupun gejala-gejala tersebut, bisa jadi Bunda mengalami kekurangan vitamin B6. Namun untuk memastikannya, Bunda perlu mendapatkan pemeriksaan oleh dokter. 





Berapa Banyak Vitamin B6 yang Diperlukan Bumil?









Menurut Angka Kecukupan Gizi, banyaknya vitamin B6 yang diperlukan oleh Bunda hamil adalah antara 1,8-2 mg setiap hari. Namun demikian, untuk Bunda yang mengalami mual dan muntah yang cukup parah, asupan vitamin B6 bisa ditambah, sesuai dengan rekomendasi dokter. 





Jangan sembarangan minum suplemen tanpa arahan dokter ya, Bun. Karena bila tubuh mengalami kelebihan vitamin—bukan saja vitamin B6—maka efeknya pada tubuh juga menjadi tidak baik, di antaranya adalah kesemutan  atau mati rasa pada bagian tangan dan kaki Bunda. Selain itu, kelebihan vitamin mungkin juga dapat berdampak pada si Kecil yang sedang tumbuh. 





Sumber Makanan yang Kaya Vitamin B6









Bunda tentu tidak dapat terus menerus mengonsumsi suplemen vitamin, karena lebih baik menyantap vitamin yang berasal dari makanan segar. Beberapa makanan yang kaya vitamin B6 adalah: 





  • kacang-kacangan
  • ikan 
  • daging
  • hati sapi
  • biji wijen
  • pisang
  • labu
  • semangka
  • alpukat
  • kentang
  • sayuran seperti bayam




Cobalah untuk mengolah makanan-makanan tersebut secara variatif dan memasukkannya dalam menu sehari-hari. Sehingga asupan vitamin B6 Bunda bisa tercukupi tanpa harus menambahkan suplemen. 





Bunda, mulai sekarang ayo lebih teliti dalam menjaga kondisi tubuh sehingga terhindar dari kekurangan vitamin, terutama vitamin B6, agar masa kehamilan ini dapat dijalani dengan lebih nyaman dan sehat. 





Sumber:





Baby Center. 2021. Vitamin B6 during pregnancy.





Alo Dokter. 2020. Ketahui Manfaat Vitamin B6 untuk Ibu Hamil. 





Healthline. 2021. Treating Morning Sickness with Unisom and Vitamin B6.





Mamapedia. 2021. 5 Manfaat Vitamin B6 untuk Ibu Hamil, Bisa Cegah Mual, Lho!


Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010