main-logo

Ini Pentingnya Kalsium untuk Ibu Hamil

header-image-20543
author-avatar-20543

Ditinjau oleh

dr. Kevin Adrian Djantin, Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Diterbitkan 6 Sep 2023

share-icon

1138


Kalsium untuk ibu hamil tidak hanya berguna untuk membentuk tulang dan gigi Si Kecil, tetapi juga penting untuk memelihara kesehatan Bunda. Namun, mineral ini tidak bisa dihasilkan oleh tubuh. Oleh karena itu, asupan kalsium bisa didapat dari  makanan, minuman, atau suplemen yang mengandung kalsium.





Selain untuk kekuatan tulang dan gigi, kalsium untuk ibu hamil juga penting dalam berjalannya aliran darah, gerakan otot, dan pelepasan hormon. Namun, fungsi utama kalsium memanglah untuk kesehatan tulang dan gigi karena sebagian besar mineral ini disimpan di sana.





Saat kekurangan kalsium, tubuh Bunda akan mengambilnya dari tulang, sehingga lama-kelamaan tulang menjadi rapuh.





Peran Kalsium untuk Ibu Hamil





Saat hamil, Bunda memerlukan lebih banyak kalsium karena akan membaginya dengan Si Kecil. Selagi menjaga fungsi tubuh Bunda, kalsium juga berperan penting dalam membentuk kerangka tulang, jantung, saraf, dan hormon Si Kecil. Oleh sebab itu, kebutuhan kalsium untuk ibu hamil harus terpenuhi.





Jika asupan kalsium tidak tercukupi, pertumbuhan dan perkembangan janin bisa terganggu. Selain itu, kekurangan kalsium juga bisa berisiko membuat  ibu hamil lebih rentan mengalami tekanan darah tinggi dan batu ginjal.





Makanan dengan Kandungan Kalsium untuk Ibu Hamil





Ibu hamil membutuhkan sekitar 1.200 miligram kalsium setiap harinya. Nah, sumber kalsium yang paling terkenal dan umum diminum untuk memenuhi jumlah ini adalah susu. Namun, terkadang Bunda mungkin bisa merasa bosan jika minum susu terus-menerus hanya untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian.





Jangan khawatir, Bunda pun bisa mencukupi asupan kalsium melalui variasi makanan lain yang terbuat dari susu, seperti yogurt, keju, dan es krim.





Selain itu, makanan lain, seperti ikan, termasuk ikan sarden dan teri, kacang-kacangan, tahu, dan tempe juga aman dimakan untuk melengkapi kebutuhan kalsium harian Bunda. Apalagi, makanan tersebut bisa ditemukan dengan mudah.





Sumber kalsium untuk ibu hamil bisa dikonsumsi secara selang-seling atau dijadikan camilan agar Bunda tidak bosan atau mual. Ingat, jangan berlebihan ya, Bun. Sebab, terlalu banyak mengonsumsi kalsium justru bisa menyebabkan sembelit atau mual hingga muntah.





Sumber:





Mayo Clinic. (2023). Diseases & Conditions. Hypercalcemia.





American Pregnancy Association. Healthy Pregnancy. Calcium in Pregnancy.





Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2019). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2019 Tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia.





WebMD. (2022). Health & Diet Guide. Healthy Food High in Calcium.





Dasher, E. Baby Center (2021). Pregnancy. Calcium during pregnancy.





Murray, D. Verrywell Family (2021). Staying Healthy. Calcium Needs During Pregnancy.





Fanous, S. Healthline (2018). 8 Fast Facts About Calcium.


Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010