main-logo
header-image-16233
author-avatar-16233

Ditinjau oleh

dr. Fella Halimah Pratami, Sp.OG, Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Diterbitkan 18 Jul 2022

share-icon

610


Sebagian Bunda yang sedang hamil muda segan untuk melakukan hubungan seks karena khawatir membahayakan si Kecil. Benarkah demikian? Cek paparan posisi seks saat hamil muda berikut ini, Bun.





Normal dan Alami





posisi seks hamil. muda




Hamil muda adalah istilah yang digunakan masyarakat untuk menyebut kehamilan pada awal trimester, yaitu kira-kira di 1-13 minggu. Di awal kehamilan ini, biasanya Bunda diminta untuk lebih hati-hati dalam menjalani aktivitas, termasuk hubungan seks. 





Saat hamil, tak jarang para wanita merasakan adanya peningkatan keinginan seksual atau libido, yang disebabkan meningkatnya kadar hormon progesteron dan estrogen di dalam tubuh. 





Sayangnya, sebagian lagi dari wanita hamil malah kehilangan minat seksual terutama pada trimester satu karena adanya rasa mual, muntah, dan kelelahan.





Ditambah dengan perubahan bentuk tubuh yang terjadi, sebagian wanita menjadi kehilangan rasa percaya diri dan mulai mengesampingkan kebutuhan seksualnya.





Padahal meski dalam kondisi hamil muda, hubungan seks cukup aman untuk dilakukan untuk menjaga keharmonisan dengan pasangan.





Manfaat Seks Saat Hamil Muda





susah tidur hamil muda




Dalam kehamilan yang sehat dan tidak berisiko, hubungan seks saat hamil muda dapat memberi beberapa manfaat, di antaranya:





  • Membantu meredakan stres. Saat mengalami orgasme, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin, yaitu hormon pereda stres atau yang sering diistilahkan dengan hormon “cinta”.
  • Orgasme menjadi lebih intens saat hamil. Penelitian menunjukkan bahwa dalam kondisi hamil, kualitas orgasme yang terjadi lebih tinggi dan lebih menyenangkan dibandingkan dengan saat tidak hamil.
  • Membantu tidur lebih nyenyak. Saat hamil, apalagi pada trimester akhir, biasanya Bunda menjadi sulit tidur. Orgasme dapat membantu agar tidur menjadi lebih nyenyak, karena memperlancar peredaran darah dan melepaskan hormon endorfin dalam tubuh.
  • Membantu proses persalinan. Kegiatan seksual sebenarnya dapat melatih otot dasar panggul agar lebih kuat, sehingga proses persalinan menjadi lebih lancar.




Bunda tak perlu khawatir, hubungan seks saat hamil cukup aman untuk Bunda dan tidak akan menyebabkan gangguan pada si Kecil di dalam kandungan. 





Kapan Boleh Berhubungan Seks Saat Hamil Muda?





flek-saat-hamil




Selama dokter menyatakan bahwa kehamilan Bunda dalam kondisi sehat dan tidak ada risiko, hubungan seks boleh dilakukan kapan saja. Namun saat ada faktor risiko maupun komplikasi, kegiatan ini sebaiknya tidak dilakukan. 





Pada kehamilan muda, yaitu ketika usia kehamilan di bawah 13 minggu (3 bulan), umumnya hal menjadi larangan untuk berhubungan seks adalah jika ibu kram perut dan/atau mengalami perdarahan dari vagina.





Namun bila usia kehamilan sudah lebih dari 13 minggu, ada berbagai kemungkinan lain yang bisa mencegah Bunda untuk berhubungan seks karena risiko dan potensi komplikasi, seperti:





  • Ada perdarahan dari vagina (kondisi ini bisa terjadi di usia kehamilan berapapun)
  • Serviks yang lemah
  • Adanya kontraksi prematur
  • Terjadi pecah ketuban, baik sedikit ataupun banyak
  • Adanya plasenta previa (kondisi plasenta yang berada di pinggir serviks atau menutupi sebagian jalan lahir, atau bahkan seluruhnya) 




Alasan perlu dihentikannya kegiatan seksual saat hamil muda adalah pada saat mengalami orgasme, terjadi kontraksi otot dalam rahim. Dalam beberapa situasi, kontraksi otot dapat memicu kram pada perut dan perdarahan, yang dikhawatirkan akan menyebabkan keguguran.





Aturan Aman Berhubungan Seks Saat Hamil Muda





Saat berhubungan seks, agar lebih aman perhatikan beberapa hal berikut ini:





  • Lakukan dengan perasaan santai, tenang, dan tidak terburu-buru. Utamakan kenyamanan diri Bunda. 
  • Lakukan menjelang tidur untuk membantu mendapatkan kualitas istirahat yang lebih baik.
  • Jangan abaikan foreplay , karena dengan pemanasan yang cukup, hubungan seks dapat dilakukan secara lebih nyaman.
  • Bila pasangan pernah terinfeksi penyakit menular seksual, pastikan kondisinya sudah pulih sepenuhnya. Infeksi penyakit menular seksual dapat menyebabkan keguguran dan kecacatan pada janin.




Posisi Aman Hubungan Seks Saat Hamil Muda





posisi seks hamil muda




Saat berhubungan seks, Bunda perlu memilih posisi yang paling nyaman untuk Bunda, dengan mempertimbangkan kondisi perut yang semakin membesar dan punggung yang mudah terasa nyeri.





Saat hamil muda, pembesaran rahim belum begitu terasa atau bahkan belum terlihat, sehingga posisi apapun yang Bunda inginkan aman dan bisa dilakukan. Dengan kondisi perut yang belum terlalu besar, Bunda bisa mengeksplor posisi seks favorit yang mungkin nanti di trimester selanjutnya akan sulit atau tidak disarankan untuk dilakukan.





Ada beberapa posisi seks yang nyaman saat hamil muda adalah:





Posisi Bunda di atas





Dalam posisi ini, bagian perut Bunda tidak mengalami tekanan sehingga lebih nyaman. 





Di sisi tempat tidur





Posisi ini mirip dengan posisi missionary , namun dengan posisi berbaring di sisi tempat tidur. Posisi lutut Bunda menekuk, sementara pasangan berdiri menghadap Bunda. 





Di sofa





Posisi berlutut dengan menyandarkan tubuh bagian depan pada sofa akan mengurangi beban pada punggung Bunda.





Spooning





Pada posisi ini, tubuh Bunda berbaring menyamping sehingga tidak ada beban pada bagian perut dan punggung yang terasa kurang nyaman. 





Tips Aktivitas Seksual yang Aman Saat Hamil





posisi seks hamil muda




Meski sedang hamil, Bunda hendaknya tetap bisa menjalani kegiatan sehari-hari dengan aman dan nyaman, termasuk aktivitas seksual. Beberapa tips berikut ini mungkin dapat dilakukan:





  • Berkomunikasi dengan pasangan agar masing-masing mengerti mana aktivitas yang disukai maupun tidak. 
  • BAK sebelum beraktivitas seksual agar suasana intim tidak terganggu, dan juga setelahnya.
  • Sebelum dan sesudah melakukan aktivitas seksual, bersihkan tubuh dan organ kelamin dengan seksama untuk menghindari munculnya infeksi.
  • Hentikan aktivitas seksual bila terjadi rasa tidak nyaman, kram, atau muncul flek perdarahan.




Bunda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter maupun bersikap lebih terbuka dengan pasangan seputar seks saat hamil, agar masa kehamilan Bunda bisa dijalani dengan lancar dan bahagia. 









Sumber:





Parents. 2021. Pregnancy Sex During Your First Trimester: Is It Safe?





Hello Sehat. 2021. Tak Bisa Sembarangan, Ini Aturan Berhubungan Intim Saat Hamil.





Alo Dokter. 2019. Bahaya Berhubungan Intim saat Hamil Muda Hanya untuk Kondisi Tertentu.





First Cry Parenting. 2019. Sex During the First Trimester – Making Love in Early Pregnancy.










Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010