main-logo

Jangan Sampai Malas, Jalan Kaki Punya Banyak Manfaat untuk Bunda yang sedang Hamil Trimester 3

header-image-17584

Diterbitkan 28 Jan 2022

share-icon

1997


Saat hamil, olahraga sudah menjadi rutinitas yang wajib Bunda lakukan untuk menjaga stamina tubuh. Namun ketika Bunda sudah mencapai trimester 3, mungkin tak banyak pilihan olahraga yang bisa dilakukan karena perut yang sudah semakin besar dan mudah lelah. Bunda tak perlu bingung, karena sebetulnya hanya dengan berjalan kaki setiap hari, Bunda sudah menerima segudang manfaat, lho.





Apa Saja Manfaat Jalan Kaki untuk Bunda yang sedang Hamil Trimester 3?









Selain mudah dilakukan, jalan kaki untuk Bunda yang sedang hamil trimester 3 ternyata memiliki banyak manfaat seperti di bawah ini:





  • Mengurangi risiko komplikasi saat persalinan seperti diabetes gestasional dan operasi caesar yang tak direncanakan.
  • Menjaga berat badan tetap terkendali dan mencegah kelahiran prematur.
  • Meningkatkan suasana hati dan tingkat energi.
  • Membantu menjaga otot punggung tetap kuat dan tidak kaku.
  • Meringankan sakit punggung dan sakit pinggang.
  • Meredakan sembelit.
  • Membantu tidur lebih nyenyak.
  • Membuat persalinan dan pemulihan lebih cepat dan mudah.




Berapa Lama Durasi Jalan Kaki untuk Bunda yang sedang  Hamil Trimester 3?





jatuh saat hamil




Jika sebelumnya Bunda sudah aktif banyak melakukan kegiatan, jalan kaki saat trimester 3 mungkin jadi hal sederhana. Namun jika Bunda belum terbiasa, sebaiknya Bunda lakukan hal ini secara perlahan.





  • Untuk pemula, Bunda bisa memulai dengan berjalan kaki 10 menit sehari. Buatlah rutinitas ini 4-6 hari seminggu. Jika dirasa tidak kuat, Bunda bisa mengurangi jangkauan jalan menjadi lebih pendek.
  • Jika Bunda sudah terbiasa melakukan jalan kaki, Bunda bisa membuat rutinitas berjalan kaki ini menjadi 10-20 menit sehari dalam 4-6 hari seminggu. Sesuaikan kecepatan, tetap jalankan dengan langkah yang pendek dan nyaman bagi Bunda.
  • Bila Bunda merasa sudah ahli dan nyaman berjalan kaki, Bunda bisa mulai menambah durasi berjalan kaki hingga 20-50 menit sehari dalam 4-6 hari seminggu. Tak perlu berpatokan kepada kecepatan dan jarak, tetap buat rasa nyaman saat Bunda berjalan.




Tips Aman Jalan Kaki untuk Bunda yang sedang Hamil Trimester 3









  • Berhentilah berjalan bila Bunda merasa pusing, mengalami pendarahan, atau kesulitan bernafas. Jika mengalami hal ini segera hubungi dokter yang bersangkutan.
  • Selalu perhatikan  ke mana Bunda berjalan. Perut Bunda yang sudah sangat membesar, sangat berisiko jika jatuh atau tersandung. Karena itu tetap perhatikan dan pastikan rute berjalan Bunda aman.
  • Jangan berlebihan! Olahraga memang penting, tapi jika Bunda merasa sudah lelah, tak ada salahnya untuk beristirahat. Bunda juga bisa membagi durasi perjalanan menjadi dua sesi jika perlu.
  • Bawalah sebotol air untuk menjaga Bunda tetap terhidrasi saat berjalan. Jangan lupa untuk selalu minum air minum berkualitas ya, Bun. Air mineral berkualitas diolah secara profesional dan diawasi ketat. Ini penting untuk menjamin kandungan mineralnya tidak berubah. Air mineral jenis ini sekarang tersedia di berbagai mini market dan toko terdekat. Jadi, Bunda bisa mendapatkannya dengan mudah.








Air mineral yang tepat untuk Bunda adalah Galon Le Minerale . Pasalnya, Galon Le Minerale mengandung air mineral yang terjamin keamanan dan kebersihannya. Galonnya selalu baru, tutupnya rapat dan kedap udara sehingga bebas kontaminasi bakteri dan virus. Ini artinya, terjamin aman untuk Bunda dan bayi di dalam kandungan. Agar tidak dehidrasi selama berjalan, Bunda juga bisa membawa botol minum kemasan Le Minerale! Pilih air mineral yang berkualitas ya, Bun









Sumber:





Parents. 2018. Easy Pregnancy Walking Workouts for Every Trimester. 





Anna and Ale Obgyn. 2019. The Benefits of Walking During Pregnancy. 


Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010