main-logo

Perkembangan Si Kecil di Kehamilan Minggu ke-13

header-image-680
author-avatar-680

Ditinjau oleh

dr. Febriyan Nicolas K., M.Kes., Sp. OG, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan

Diterbitkan 19 Apr 2023

share-icon

169


Panjang janin dari kepala hingga bokong (Crown Rump Length/CRL) pada minggu ke-13 adalah sekitar 7-8 cm dan bayi sekarang memiliki berat sekitar 25-40 g. Tambah besar ya, Bunda? Selain itu, ada beberapa perkembangan lagi yang terjadi di minggu lho, Bunda.





Jari-jari Terbentuk dengan Sempurna dan Fungsi Saraf Berkembang





Pada tahap ini, satu per satu bahkan jari-jari terkecil pun dibentuk dengan sempurna di tangan kecil bayi, dan masing-masing ujung jarimemiliki kuku yang indah dan kecil seperti mutiara.





Fungsi saraf juga berkembang, seperti yang mungkin kamu lihat ketika tangan bayi refleks mencoba menggenggam sesuatu, yang dikenal sebagai refleks pegang. Selain itu, bayi mungkin menunjukkan tanda-tanda "refleks melangkah" yang dimulai pada tahap ini dan mulai bergerak seolah-olah melangkah, atau menendang dengan kaki kecil mereka.





Otot terbentuk dan mulai secara aktif menggerakkan kaki dan lengan. Namun, karena bayi masih kecil, kamu tidak akan merasakan gerakan janin sampai beberapa waktu nanti. Secara umum, sebagian besar ibu akan merasakannya setelah 20 minggu.









Bayi Mulai Mengisap Jempolnya





Perkembangan dan pertumbuhan terjadi tidak hanya pada otot-otot tangan dan kaki, tapi pembentukan semua organ tubuh selesai, dan semua akan mulai berfungsi dan berlatih sedikit demi sedikit untuk persiapan menghadapi dunia di luar perut ibu.





Otot-otot mulut berkembang dan bayi bahkan dapat mengisap ibu jari mereka. Bayi semakin mengembangkan kemampuan bergerak yang sangat baik dari waktu ke waktu.










Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010