main-logo

Perkembangan Si Kecil di Kehamilan Minggu ke-14

header-image-651
author-avatar-651

Ditinjau oleh

dr. Febriyan Nicolas K., M.Kes., Sp. OG, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan

Diterbitkan 19 Apr 2023

share-icon

247


Ada banyak yang terjadi pada bayi di minggu ke-14 ini, Bunda! Yuk, lihat perkembangannya di bawah ini.





Bayi Bertambah Besar dan Bentuknya Lebih Jelas





Panjang janin dari kepala hingga bokong (Crown Rump Length/CRL) pada minggu ke-14 adalah sekitar 8,5 hingga 10 cm dan berat bayi antara 30-60 g. Setiap hari bayi tumbuh lebih besar dan lebih kuat. Mulai sekarang perbedaan individual antar bayi akan menjadi lebih jelas ketika tubuh mereka mulai menunjukkan karakteristik yang mirip dengan orang tua dan keluarga mereka.









Ketika ibu melihat bayi saat USG, pada minggu-minggu awal setiap tulang akan dapat terlihat dengan jelas. Otot-otot dan lemak subkutan yang berangsur-angsur bertambah memberi bayi tampilan yang montok. Kulit bayi juga jauh lebih tebal sekarang dan gerakan bayi bahkan lebih aktif dan sehingga ibu sangat bahagia ketika melihat gerakan bayi saat pemeriksaan.





Jantung Mulai Berfungsi dan Otak Mulai Bekerja





Pada minggu ke-14 meskipun jantung bayi masih kecil, ia memompa darah sendiri ke seluruh tubuh dan mengedarkan oksigen dan nutrisi yang diterima dari ibu.









Di minggu ini, otak bayi berkembang lebih jauh bersamaan dengan tubuh mereka. Otak yang pada periode pertama seperti bola sedikit demi sedikit mulai mengembangkan kerutan kecil karena semakin banyak syaraf dibuat. Perkembangan pada tahap ini mendorong sistem limbik yang mengendalikan naluri dan emosi manusia untuk mulai berfungsi.





Masa proses perkembangan adalah peristiwa yang membahagiakan bagi Ibu. Dan fakta bahwa area yang mengendalikan emosi mulai berfungsi, berarti bayi juga akan merasakan stres ketika lingkungan di perut ibu tidak baik. Jika ibu merasa frustrasi, bayi juga akan merasakan stres, sehingga sebisa mungkin tetap rileks, tenang, berpikir positif dan bahagia.










Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010