main-logo

Perkembangan Si Kecil di Kehamilan Minggu ke-15

header-image-675
author-avatar-675

Ditinjau oleh

dr. Febriyan Nicolas K., M.Kes., Sp. OG, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan

Diterbitkan 19 Apr 2023

share-icon

228


Hm, kira-kira seperti apa ya, kondisi bayi di minggu ke-15 ini ya, Bunda? Panjang kepala hingga bokong janin (Crown Rump Length/CRL) pada minggu ke-15 ini sekitar 10-13 cm, dan berat bayi antara 40-100 g. Selain itu? Temukan jawabannya di bawah ini.





Bayi Mulai Mengisap Jempol





Semua organ sekarang terbentuk. Rambut berbulu halus mulai tumbuh di wajah bersama dengan rambut di kepala, dan bentuk wajah bayi terlihat berbeda dan lebih ekspresif. Pada tahap ini, bayi mungkin meletakkan jari di mulutnya dan mengisap seperti yang akan terjadi setelah kelahiran.





Ini adalah jenis refleks primitif yang disebut "refleks mengisap" yang dilatih bayi untuk persiapan menyusu setelah lahir. Selama pemeriksaan USG, catat jari mana yang diiisap bayi. Ada teori bahwa tangan yang dihisap bayi akan menjadi tangan dominan bayi di kemudian hari.









Jenis Kelamin Bayi Mungkin Bisa Diketahui





Pada minggu ke-15 kehamilan, alat kelamin luar juga selesai. Jadi, jika Anda beruntung, dokter mungkin dapat menentukan jenis kelamin bayi selama pemeriksaan USG. Namun, sulit untuk melihat dengan jelas karena bayi masih kecil dan banyak bergerak pada tahap ini. Plus, dokter mungkin tidak dapat melihat alat kelamin jika bayi tidak menghadap ke arah yang benar.





Bahkan, jika bayi menghadap ke arah pemeriksaan USG, mungkin masih tidak dapat melihat alat kelamin jika kakinya ditutup. Jadi jangan berharap terlalu banyak dan bersiaplah untuk menunggu sedikit lebih lama untuk mempelajari jenis kelamin bayi. Jika Anda sabar, jenis kelaminnya akan lebih mudah ditentukan pada sekitar minggu ke-20 kehamilan. Jadi, nantikan pemeriksaan berikutnya.









Gerakan Janin Mulai Terasa





Secara umum, ibu merasakan gerakan janin sekitar minggu ke-18 hingga ke-20 kehamilan, tetapi beberapa ibu sudah merasakan bayi bergerak sejak tahap ini. Cara setiap ibu merasakannya berbeda-beda, beberapa menggambarkan gerakan janin seperti gelembung udara bergerak, dan yang lain seperti cara perut tersentak ketika lapar. Hanya beberapa ibu yang mengalami seperti suatu gerakan yang jelas.





Meski begitu, sejumlah besar ibu tidak akan merasakan gerakan janin pada tahap ini karena bayi masih sangat kecil. Bagaimanapun juga ketika bayi mereka membesar, setiap ibu secara alami akan dapat merasakan gerakan janin, sehingga bersabarlah. Hanya dalam sebulan lagi, Anda akan merasakan bayi bergerak.










Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010