main-logo

Perkembangan Si Kecil di Kehamilan Minggu ke-16

header-image-580
author-avatar-580

Ditinjau oleh

dr. Febriyan Nicolas K., M.Kes., Sp. OG, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan

Diterbitkan 19 Apr 2023

share-icon

181


Seperti apa perkembangan bayi di minggu ke-16 ini? Cek penjelasannya di bawah ini.





Kerangka dan Organ Dalam Janin Telah Selesai





Crown Rump Length (CRL) pada minggu ke-16 adalah sekitar 11 hingga 13 cm, dan berat bayi antara 60 dan 120 g. Kerangka dan organ dalam bayi dan mekanisme dasar tubuh lainnya telah selesai pada tahap awal kehamilan dan akan menunjukkan pertumbuhan yang dapat dilihat ketika plasenta selesai. Namun, tiap janin memiliki perkembangan ukuran dan kecepatan pertumbuhan yang berbeda, jadi tidak perlu khawatir tentang ukuran.





Pemeriksaan kehamilan dijadwalkan setiap empat minggu sekali hingga bulan keenam, sehingga hampir tidak akan ada masalah selama dokter melakukan pemeriksaan secara rutin.









Bayi Menggerakkan Tangan dan Kaki secara Kuat





Karena jumlah air ketuban meningkat dari sekitar minggu ke-16 kehamilan, bayi sekarang memiliki sendi yang dapat mereka gunakan untuk menggerakkan tangan dan kaki mereka. Sungguh mengesankan bahwa bayi dengan kuat menggerakkan tangan dan kakinya seolah berenang di genangan air ketuban sehingga secara bertahap mengembangkan kerangka dan ototnya.





Tubuh bayi masih kecil dibandingkan dengan ukuran rahim yang penuh dengan air ketuban, yang membuatnya sulit untuk merasakan gerakan tangan dan kaki dari luar perut. Jika bayi bangun, Anda mungkin dapat melihat bayi berolahraga selama USG saat pemeriksaan kehamilan.









Hipokampus Bayi Mulai Berkembang





Bukan hanya tubuh tetapi sirkuit saraf bayi berkembang secara signifikan pada tahap ini dengan perkembangan hipokampus . Ini adalah bagian otak yang mengatur pendengaran dan memori.





Menempatkan tangan di perut bulatmu dan berbicara dengan bayi adalah cara yang bagus untuk merangsang bayi. Mendengarkan suara-suara ayah dan ibu melatih bayi mengenali kehadiran orang-orang terdekatnya dan sebagai rangsangan pendengaran dan membangun fondasi hubungan dengan cinta dari orang tua yang peduli.










Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010