main-logo

Perkembangan Si Kecil di Kehamilan Minggu ke-17

header-image-684
author-avatar-684

Ditinjau oleh

dr. Febriyan Nicolas K., M.Kes., Sp. OG, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan

Diterbitkan 19 Apr 2023

share-icon

207


CRL (crown rump length) atau panjang dari kepala janin hingga bokong pada minggu ke-17 adalah sekitar 12-14 cm, dan berat bayi antara 100-150 g. Walaupun ada perbedaan individual, bayi akan tumbuh secara dramatis dari minggu ke-16 hingga minggu ke-17 kehamilan karena beratnya meningkat hampir 1,5 hingga 2 kali lipat. Selain itu, ada perkembangan lain yang terjadi pada bayi di minggu.





Gerakan Janin Mulai Terasa





Tangan dan kaki bayi dapat menggapai dinding rahim dengan lebih mudah di tahap ini sehingga beberapa ibu mulai merasakan gerakan janin. Namun tentu saja tubuh bayi masih kecil sehingga meskipun anggota tubuhnya dapat mencapai dinding rahim, beberapa ibu mungkin masih tidak merasakan kontak apa pun.









Bersabarlah, cepat atau lambat Anda akan merasakan gerakan janin. Tanda-tanda pertama sangat bervariasi di antara wanita, beberapa menggambarkan seperti gelitik di belakang perut, sementara yang lain merasa seperti usus mereka sedang berguling-guling.





Bayi Melakukan Persiapan agar Bisa Hidup di Luar Rahim





Kerangka, kulit, dan dasar-dasar lain dari tubuh bayi telah selesai. Dan ketika kulit menjadi lebih tebal, tubuh bayi secara bertahap mulai menumbuhkan lapisan lemak subkutan yang mengandung adiposit cokelat, yakni zat penting yang mengendalikan suhu tubuh bayi.





Suhu bayi tergantung pada suhu tubuh ibu dan suhu dalam rahim, tetapi sekarang perlahan-lahan berada di bawah kendali bayi sendiri. Kelenjar keringat dan fungsi kulit lainnya secara bertahap berkembang bersama dengan lemak subkutan. Bayi terus memiliki fungsi yang dibutuhkan tubuhnya untuk hidup di luar perut ibu.









Bayi Mempelajari Gerak Tubuh Manusia





Tidak hanya melalui fungsi tubuh, bayi juga mempersiapkan diri dalam hal perilaku. Bayi menerima nutrisi melalui plasenta saat berada di dalam perut ibu, tetapi harus diberi ASI atau susu formula setelah lahir.





Mereka belajar refleks mengisap yang mereka butuhkan untuk menyusu payudara dan menerima susu. Bayi berlatih dengan mengisap jari di dalam di dalam perut. Bayi mengangkat jari-jarinya ke mulut untuk mengisap, menyikat matanya, menyentuh hidungnya, dan menunjukkan perilaku manusiawi lainnya selama tahap ini.










Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010