main-logo
header-image-15142
author-avatar-15142

Ditinjau oleh

dr. Linda Lestari, Sp.OG, Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Diterbitkan 11 Agt 2022

share-icon

791


Ketidaknyamanan kehamilan yang dirasakan Bunda akibat perubahan hormon tidak dapat dihindari. Perut membesar, sakit punggung, dan kram adalah ketidaknyamanan yang perlu dicari solusinya, salah satunya dengan menggunakan bantal hamil. 





Bagaimana cara menemukan bantal hamil yang tepat? Berikut cara memilih bantal untuk ibu hamil.





Bantal Ibu Hamil, Perlukah?





bantal hamil




Sejak awal kehamilan, Bunda mungkin merasakan ketidaknyamanan perubahan fisik yang Bunda alami. Seperti terjadinya morning sickness . Bunda akan sering merasa mual, pegal, pusing, letih, dan juga muntah di awal trimester pertama.





Semakin bertambahnya usia kehamilan, dampak kehamilan akan semakin terasa. Perut yang tadinya tidak menjadi beban, kini makin membesar.





Akibat dari membesarnya perut juga mengakibatkan kram, sakit punggung, dan pegal pada kaki, tangan, serta vagina.





Kondisi ini tentu sangat membuat Bunda merasa tidak nyaman. Apalagi kondisi ini harus Bunda alami setiap hari, selama 9 bulan masa kehamilan. 





Dampak yang jelas terjadi dengan adanya kondisi yang tidak nyaman dan melelahkan ini adalah terjadinya gangguan tidur pada ibu hamil. Gangguan tidur saat hamil, pada akhirnya akan mengganggu kehamilan karena kurangnya waktu istirahat.





Menggunakan bantal ibu hamil menjadi salah satu solusi mengatasi ketidaknyamanan Bunda saat tidur. Bantal hamil adalah bantal yang didesain khusus untuk mendukung bentuk tubuh ibu hamil sehingga dapat mengakomodasi posisi tidur yang nyaman. 





Bantal ibu hamil bukan perlengkapan hamil yang harus Bunda miliki. Keputusan Bunda membeli tergantung dari seberapa penting Bunda memerlukan bantal ini. Dan tentunya, tergantung kondisi finansial Bunda, karena bantal ini termasuk cukup mahal.





Namun bila Bunda sudah merasa tidak nyaman dan aktivitas sehari-harinya mulai terganggu, Bunda dapat menimbang untuk memilikinya.





Manfaat Bantal Ibu Hamil





bantal hamil




Ketidaknyamanan perut yang membesar saat hamil biasanya mulai Bunda alami di minggu ke-20 kehamilan.





Pada saat itulah, Bunda mungkin baru akan menimbang untuk merasakan manfaat bantal ibu hamil seperti berikut ini:





Membantu menyokong tubuh





Bantal hamil membantu menopang tubuh terutama pada bagian perut, leher, paha, bahu, dan punggung.





Bantal hamil yang berkualitas baik dapat mengurangi tekanan pada tulang belakang, punggung, dan pinggang. Ini pun sekaligus membantu menyejajarkan pinggang, bahu, dan tulang belakang.





Membantu tidur nyenyak





Desain ergonomis bantal hamil akan membantu Bunda mendapatkan posisi tidur yang lebih nyaman sehingga membantu Bunda tertidur lebih lelap. 





Melancarkan peredaran darah





Posisi miring kiri adalah posisi yang direkomendasikan dokter untuk ibu hamil. Karena posisi ini tidak mengganggu peredaran darah akibat tekanan perut yang membesar. Dengan bantal hamil, posisi tubuh Bunda akan terbantu untuk berada pada posisi ini.





Relaksasi otot





Dengan bantuan bantal hamil, Bunda tidak perlu sering berganti-ganti posisi tidur sehingga otot-otot tubuh dapat kesempatan sama untuk relaksasi.





Mengurangi pegal





Kenyamanan yang didapat dari menggunakan bantal hamil bisa membantu mengurangi pegal yang mengganggu. 





Mengurangi sakit punggung





Bantal ibu hamil dapat mengurangi tekanan pada tubuh bagian bawah dan meningkatkan keselarasan tulang belakang yang tepat, sehingga dapat membantu mengatasi sakit punggung.





Pengganti bantal menyusui





Bantal ibu hamil masih dapat digunakan setelah bayi lahir, yaitu sebagai pengganjal saat Bunda menyusui Si Kecil. Pada saatnya, bantal ibu hamil juga dapat menjadi bantal pembatas saat Si Kecil sedang tidur di kasur, sehingga tidak terjatuh.





Ragam Bentuk Bantal Hamil









Tidak seperti bantal biasa, bantal hamil disesuaikan dengan bentuk tubuh dan kebutuhan ibu hamil saat tidur. Bentuknya yang beragam membuat Bunda dapat memilih yang sesuai dengan kebiasan tidur Bunda:





Bantal kehamilan wedge





Bantal ini dikenal juga sebagai bantal bersalin. Bentuknya tidak terlalu besar dan bisa digunakan selama atau setelah hamil.





Penggunaannya dapat diletakkan di bawah perut atau belakang punggung untuk memberikan ganjalan yang diperlukan saat tidur tengkurap atau menyamping. 





Bantal kehamilan panjang





Bantal berbentuk panjang ini bisa menyanggah seluruh tubuh. Bantal ini juga bisa menopang perut dan memberikan kenyamanan pada lengan dan kaki.





Meski bentuknya besar, jenis bantal ini tidak bisa memberikan ganjalan pada punggung, karena kegunaannya untuk dipeluk. Selain itu, tidak bisa diletakkan di bawah perut atau belakang punggung.





Bantal kehamilan besar ( total body )





Ada dua jenis bantal kehamilan besar, yaitu berbentuk C, untuk memberi ganjalan kepala, perut, kaki, dan punggung. Kemudian, bantal hamil berbentuk U, untuk ibu hamil yang suka tidur telentang karena bisa menopang seluruh tubuh, termasuk perut dan punggung. 





Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Bantal Hamil





Selain bentuk, Bunda juga perlu memerhatikan beberapa hal berikut saat membeli bantal ibu hamil. 





Ukuran bantal  





Ukuran bantal untuk hamil sebaiknya disesuaikan dengan ukuran tubuh. Selain itu, pertimbangkan jika perbandingan ukuran bantal dengan luas tempat tidur.





Bahan bantal 





Pada umumnya, bantal-bantal yang berbahan kapas lebih memudahkan ibu hamil untuk bernapas dibandingkan bantal berbahan polyester. 





Cek juga ketebalan bantal, jangan sampai terlalu keras atau terlalu empuk yang justru tidak nyaman untuk menopang tubuh.





Tips Tidur Nyaman Selama Hamil









Selain menggunakan bantal ibu hamil, Bunda dapat melakukan beberapa hal berikut untuk memudahkan Bunda tidur lelap:





  • Hanya makan dalam porsi kecil saat malam hari untuk menghindari terjadinya naiknya asam lambung dan heartburn.
  • Selalu aktif bergerak sehingga sirkulasi darah lebih lancar dan membuat tidur lebih nyenyak.
  • Minum air putih yang cukup




Menjaga agar Bunda tetap rileks dan mendapatkan istirahat yang cukup penting untuk menjaga kandungan tetap sehat. Oleh karena itu, tidak perlu ragu membeli bila Bunda memang membutuhkan bantal ibu hamil.





Menyisihkan uang untuk membeli kenyamanan selama 9 bulan kehamilan tentu masih layak dilakukan, kok, Bun!









Sumber:





Sehatq. Bumil Sulit Tidur Setiap Malam? Bantal Hamil Mungkin Bisa Jadi Solusinya. 2020





Verywell. Do You Need a Pregnancy Pillow?.2021





What to Expect. ​​Best Pregnancy Body Pillows to Help You Sleep More Comfortably.2021










Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010