main-logo

Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil yang Aman dan Manjur

header-image-20512

Diterbitkan 19 Mar 2024

share-icon

3488


Obat sakit gigi untuk ibu hamil perlu hati-hati agar tidak membahayakan janin dan kandungan. Selain aman, obat sakit gigi untuk ibu hamil tentu saja harus efektif agar sakit gigi bisa cepat hilang, sehingga tidak sampai membuat ibu hamil jadi susah makan dan beristirahat.





Rekomendasi Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil yang Manjur Atasi Nyeri





Berikut ini adalah beberapa obat sakit gigi untuk ibu hamil yang aman serta manjur untuk meredakan nyeri, dan bisa Bunda beli dengan bebas di apotek tanpa perlu resep dokter:





1. Panadol Biru









Panadol Biru adalah obat pereda nyeri yang aman untuk ibu hamil. Obat ini mengandung paracetamol yang dapat meredakan rasa sakit, termasuk sakit gigi .





Panadol tersedia dalam berbagai varian dengan kandungan dan manfaat yang berbeda-beda. Varian Panadol bisa Bunda bedakan dari warna kemasannya. Nah, varian yang aman untuk ibu hamil adalah yang berwarna biru.





Dosis penggunaan Panadol Biru adalah 1–2 tablet untuk sekali minum, dan bisa diminum sampai 3–4 kali sehari kalau memang rasa sakitnya masih ada atau muncul lagi. Obat ini diminum hanya bila ada nyeri ya, Bunda, bukan untuk dikonsumsi rutin.





2. Obat Sakit Gigi Cap Burung Kakak Tua









Obat Sakit Gigi Cap Burung Kakak Tua bisa Bunda gunakan untuk meringankan nyeri akibat sakit gigi. Obat sakit gigi untuk ibu hamil ini mengandung beberapa bahan di dalamnya, yaitu glycerin , ethanol , creosote , dan minyak cengkeh.





Selain bisa meredakan rasa nyeri, kombinasi kandungan Obat Sakit Gigi Cap Burung Kakak Tua diyakini bisa mencegah pengikisan lebih lanjut pada lapisan gigi yang berlubang.





Obat Sakit Gigi Cap Burung Kakak Tua merupakan obat cair untuk kompres, bukan untuk diminum. Cara menggunakan obat sakit gigi untuk ibu hamil ini adalah dengan dituangkan ke kapas, lalu ditempelkan ke area gigi yang sakit, termasuk ke gusi. Meskipun aman, tetap pastikan agar cairan obat ini jangan sampai tertelan ya, Bun.





3. Biogesic Tablet









Biogesic juga merupakan obat sakit gigi untuk ibu hamil yang aman dan ampuh untuk meredakan rasa nyeri. Obat ini mengandung paracetamol yang bekerja dengan cara menghambat respons nyeri di otak, sehingga rasa sakit yang Bunda rasakan pun bisa berkurang.





Biogesic tersedia dalam bentuk tablet dan sirup. Untuk ibu hamil, bentuk sediaan Biogesic yang dianjurkan adalah tablet. Dosis penggunaannya adalah 1–2 tablet untuk sekali minum, hanya bila muncul rasa nyeri. Obat ini bisa dikonsumsi hingga 3–4 kali sehari.





4. Cooling 5 Antiseptic Mouth and Throat Spray









Cooling 5 Antiseptic Mouth and Throat Spray bisa menjadi pilihan ibu hamil untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi. Obat ini mampu membunuh kuman di dalam mulut, termasuk di area gigi yang sakit. Selain itu, obat semprot mulut ini juga memberikan sensasi dingin, sehingga nyeri akibat sakit gigi pun bisa reda.





Cooling 5 Antiseptic Mouth and Throat Spray mengandung phenol yang merupakan antiseptik, sehingga bisa membunuh kuman penyebab sakit gigi. Karena kandungan antiseptiknya ini, Cooling 5 Antiseptic Mouth and Throat Spray juga bisa digunakan untuk mengatasi sariawan dan bau mulut lho.





Cooling 5 Antiseptic Mouth and Throat Spray memiliki beberapa varian rasa, yaitu rasa cool mint, cherry, dan cappuccino. Bunda bisa menyemprotkan obat ini 2–3 kali ke dalam rongga mulut setiap 2 jam sampai rasa sakitnya reda. Namun, penggunaannya tidak boleh lebih dari 12 kali sehari ya, Bun.





5. Hexadol Obat Kumur









Hexadol Obat Kumur bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri akibat infeksi ringan di gigi atau mulut, seperti radang gusi. Obat sakit gigi untuk ibu hamil ini mengandung hexetidine dan alkohol yang bisa membunuh kuman penyebab infeksi di gigi atau mulut.





Hexadol tersedia dalam varian obat kumur. Bunda bisa menggunakan obat sakit gigi untuk ibu hamil ini dengan cara berkumur selama 30 detik sebanyak 15 ml, 2 kali sehari pada pagi dan malam.





Pada trimester pertama, yaitu 3 bulan awal kehamilan, ibu hamil memang dianjurkan untuk membatasi konsumsi obat-obatan apa pun bila memang tidak perlu. Untuk mengurangi sakit gigi, Bunda bisa berkumur dengan air hangat yang dicampur garam serta mengompres pipi di area gigi atau gusi yang sakit dan bengkak.





Nah, kalau sakit gigi tidak juga hilang dengan cara tersebut atau dirasa sangat mengganggu sampai membuat Bunda sulit makan atau tidur, pilihlah obat sakit gigi untuk ibu hamil yang aman.





Meski sakit gigi sudah hilang atau reda setelah memakai obat, Bunda tetap perlu memeriksakan gigi ke dokter gigi agar masalahnya bisa diketahui dan ditangani. Dengan begitu, sakit gigi tidak muncul berulang kali.





Ingat ya, Bunda, obat sakit gigi untuk ibu hamil umumnya hanya untuk meredakan gejala, bukan untuk mengatasi penyebab sakit gigi. Obat-obatan ini juga tidak boleh dikonsumsi dalam jangka panjang.





Referensi:





Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (2022). Cek Produk. Biogesic.





Mayo Clinic (2022). News Network. Mayo Clinic Minute: Acetaminophen Aids with Fever, Pain.





BabyCenter (2021). Is It Safe to Use Mouthwash while Pregnant?





Healthline (2019). A Guide to Antiseptics.





Healthline (2019). Why Teeth Pain During Pregnancy Is a Thing — and What You Can Do About It.





MIMS Indonesia (2023). Hexadol/Hexadol Mint.





Verywell Health (2023). The Most Effective Toothache Medicine.





Verywell Health (2022). Why Does My Tooth Hurt During Pregnancy?





WebMD (2022). Pregnancy and Medicine.


Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010