main-logo

Penyebab Mudah Lelah Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

header-image-13940
author-avatar-13940

Ditinjau oleh

dr. Linda Lestari, Sp.OG, Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Diterbitkan 11 Agt 2022

share-icon

360


Salah satu masalah yang umum dihadapi oleh para calon ibu adalah mudah lelah saat hamil. 





Tak hanya dialami pada trimester awal saat hormon-hormon kehamilan mulai diproduksi, tapi bisa sampai sepanjang kehamilan karena tubuh terus berubah menyesuaikan dengan perkembangan kehamilan. Akibatnya, tubuh Bunda seperti terus-menerus kekurangan energi.





Penyebab Ibu Hamil Mudah Lelah





mudah lelah saat hamil




Rasa lelah pada ibu hamil bisa terjadi saat Bunda bahkan tidak menyadari kalau sudah hamil. Rasa lelah ini ditandai dengan rasa seperti kurang energi saat bangun tidur, dan kondisi ini terus berlanjut seharian sehingga Bunda tak sabar untuk segera pulang dan tidur. 





Mudah lelah saat hamil ini biasanya muncul pada trimester pertama, lalu berkurang pada trimester kedua, dan kembali lagi dengan kadar lebih tinggi pada trimester tiga.





Pada trimester pertama, banyak faktor yang membuat Bunda menjadi mudah lelah, di antaranya adalah:





  • pembentukan plasenta
  • peningkatan produksi hormon-hormon untuk kehamilan
  • peningkatan suplai darah
  • perubahan-perubahan tubuh lainnya yang dialami ibu hamil




Butuh energi yang sangat besar untuk melakukan semua itu, tak heran jika ada ibu hamil yang sampai harus tirah baring karena kelelahan. 





Kondisi mudah lelah saat hamil ini mereda pada trimester kedua, tapi kemudian kembali lagi pada trimester tiga dengan penyebab yang berbeda. Pada trimester ini, pertumbuhan janin biasanya berlangsung pesat sehingga dalam sekejap perut Bunda menjadi membesar. 





Perut yang membesar ini menyebabkan terjadinya heartburn , rasa nyeri di punggung, dan sindrom kaki gelisah yang membuat tidur menjadi kurang nyenyak. Berbagai persiapan yang dilakukan untuk kehadiran bayi pun dapat menguras energi. 





Jika rasa lelah ini sudah berlebihan dan tidak berkurang walau sudah beristirahat, maka sebaiknya Bunda segera berkonsultasi dengan dokter kandungan dan bidan untuk dicari penyebabnya.





Cara Mengatasi Mudah Lelah Saat Hamil









Saat mulai merasa mudah lelah saat hamil, Bunda jangan ragu untuk meminta bantuan, terutama untuk melakukan pekerjaan yang mulai sulit dilakukan karena perut yang membesar seperti pekerjaan rumah tangga. 





Jika sebelumnya Bunda tak memiliki asisten rumah tangga, maka ini saatnya untuk mempertimbangkannya dengan serius. Apalagi dalam beberapa bulan Bunda akan memiliki bayi sehingga bantuan untuk mengurus rumah akan sangat dibutuhkan.





Selain itu, Bunda juga dapat menerapkan cara-cara berikut untuk mengatasi mudah lelah saat hamil:





Lakukan power nap pada siang hari





Terbangun beberapa kali pada malam hari untuk buang air kecil atau rasa tidak nyaman dapat mengganggu tidur Bunda. Karena itu, ‘bayar’ kekurangan tidur malam hari dengan power nap pada siang hari.





Lakukan selama 30 menit saja sudah cukup, jika terlalu lama malah akan mengganggu waktu tidur malam.





Tidur yang nyaman





Untuk mengurangi rasa tidak nyaman saat tidur malam hari, pelajari posisi tidur yang membuat Bunda merasa nyaman, misalnya dengan tidur menyamping atau menyelipkan guling di antara kaki. Jika Bunda tidur dengan nyaman maka akan lebih lelap dan tak kelelahan saat bangun.





Berolahraga





Salah satu manfaat berolahraga saat hamil adalah menjaga stamina Bunda sehingga tetap berenergi dan tidak mudah lelah.





Ibu hamil disarankan untuk berolahraga 150 menit selama seminggu. Pastikan jenis olahraganya berjenis low impact agar aman dan tidak mengganggu kondisi kehamilan. 





Atur konsumsi makanan dan minuman





Pastikan pola makan Bunda memiliki nutrisi yang seimbang. Bagi kebutuhan 2.300 kalori Bunda ke lima waktu makan dalam porsi kecil. Dengan cara ini, Bunda akan mendapatkan suplai energi sepanjang hari sehingga tidak mudah lelah saat hamil.





Jangan lupa untuk minum air putih 2,5 liter per hari untuk mencegah dehidrasi, karena dehidrasi akan menguras energi.





Kurangi konsumsi kafein





Ibu hamil memang diperbolehkan mengonsumsi kafein sampai 200 mg per hari, tapi berlebihan malah membuat tidak bisa tidur. Lebih baik dikurangi atau dihentikan dulu sampai waktunya tepat. 





Relaksasi





Merasa cemas dan stres saat hamil kadang tak terhindari, tapi hal ini dapat membuat energi terkuras. Bantu tubuh dan pikiran Bunda menjadi lebih rileks dengan berlatih teknik pernapasan yang tepat, menggunakan lilin aromaterapi, menulis jurnal, atau pijatan ringan dari pasangan sebelum tidur. 





Sumber:





Web MD. 2021. Daily Naps and Other Ways to Cope With Pregnancy Fatigue





What to Expect. 2020. Fatigue during Pregnancy.





Healthline. 2020. Welcome to Pregnancy Fatigue: The Most Tired You Have Ever Felt.










Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010