main-logo
header-image-2457

Diterbitkan 25 Mar 2024

share-icon

840


Saat menginjak usia 1 bulan, ada banyak perkembangan dari bayi yang dapat membuat ibu tersenyum bahagia. Pada usia ini, Bunda dapat melihat senyum si Kecil mulai merekah di wajahnya.





Selain itu, pada usia 1 bulan, berat badan dan tinggi badan bayi akan mengalami kenaikan. Di usia ini pula, perkembangan motorik Si Kecil sudah mulai terlihat dan membuat Bunda merasa gemas dibuatnya. Yuk, intip perkembangan bayi dan tips apa yang bisa dilakukan Bunda bulan ini.





Berat Badan Bertambah





Meski tiap anak memiliki perkembangan yang berbeda, umumnya saat menginjak usia 1 bulan, bayi akan terlihat lebih gemuk dibandingkan saat baru lahir. Kondisi ini mungkin disebabkan karena adanya banyak lemak di bawah kulit sehingga bayi terlihat lebih gemuk.





Pada usia ini, berat badan bayi umumnya sekitar 3 kg dengan panjang 50 cm. Umumnya berat bayi akan mengalami pertambahan 1 kg sejak kelahirannya. Begitu pun dengan tingginya yang umumnya bertambah sekitar 3-4 cm setelah dilahirkan.





Pada usia 1 bulan pula, bayi akan terlihat lebih gembul dibandingkan dengan saat baru lahir. Beberapa bayi yang memiliki banyak lemak di bawah kulitnya sehingga tubuhnya terlihat lebih gembul. Meski begitu, ini tidak bisa menjadi patokan sebab setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda.





Waktu Tidur Berubah





Saat menginjak usia 1 bulan, waktu tidur bayi sedikit mengalami perubahan dibandingkan saat lahir. Pada usia ini, bayi umumnya membutuhkan waktu tidur sekitar 14-15 jam dalam sehari. Namun, setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda sehingga tidak perlu khawatir berlebih jika waktu tidur bayi kurang dari 14-15 jam.





Adapun selama fase ini, bayi kerap kali terbangun. Hal ini mungkin akan mengganggu waktu tidur ibu sehingga dukungan dari suami dan keluarga dalam mengurus bayi sangat penting. Bunda perlu untuk membicarakan kepada suami atau keluarga jika merasa terlalu lelah mengurus bayi sendiri. Bahkan, Bunda dapat meminta bantuan kepada mereka untuk membantu menjaga Si Kecil selagi Bunda sedang beristirahat sejenak.





Tangisannya Berbeda





Setelah bayi berusia 1 bulan, akan muncul perbedaan dalam caranya menangis. Bayi mungkin akan menangis saat merasa lapar, popoknya basah, atau ketika ingin digendong. Suara tangis bayi yang keras dan kencang bisa menjadi pertanda adanya sesuatu yang salah atau mungkin terasa sakit tubuhnya.





Penting bagi Bunda untuk mengamati kebiasaan menangis Si Kecil agar tahu cara menghadapinya. Sebab, menangis merupakan salah satu cara Si Kecil mengungkapkan apa yang dirasakannya.


Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010