main-logo

Pilihan Obat Sakit Tenggorokan yang Aman untuk Ibu Hamil

header-image-17516
author-avatar-17516

Ditinjau oleh

dr. Fella Halimah Pratami, Sp.OG, Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Diterbitkan 9 Mei 2023

share-icon

16714


Bersama pilek, sakit tenggorokan termasuk kondisi yang sering dialami oleh ibu hamil. Sakit tenggorokan bisa jadi merupakan gejala dari adanya infeksi virus atau bakteri, seperti flu atau radang tenggorokan. 





Sebelum mengonsumsi obat sakit tenggorokan untuk ibu hamil, pastikan sudah berkonsultasi dokter kandungan dulu ya, Bunda.





Penyebab Terjadinya Sakit Tenggorokan Pada Ibu Hamil









Saat hamil, umumnya imunitas tubuh Bunda mengalami penurunan. Kondisi ini terjadi untuk mencegah sistem imun Bunda mengidentifikasi janin sebagai makhluk asing yang keberadaannya harus ditolak oleh tubuh. Namun akibatnya, Bunda jadi rentan terserang penyakit akibat infeksi virus dan bakteri. 





Ada berbagai penyebab tenggorokan terasa sakit, di antaranya infeksi virus, infeksi bakteri, jamur, alergi, dan refluks asam. Infeksi virus merupakan penyebab paling umum terjadinya sakit tenggorokan, dan biasanya akan sembuh dengan sendirinya. 









Namun jika tidak membaik dalam tiga hari, dokter akan memperbolehkan Bunda mengonsumsi obat sakit tenggorokan untuk ibu hamil. 





Tanda-tanda Bunda mengalami sakit tenggorokan di antaranya adalah:





  • Rasa kering dan gatal di tenggorokan
  • Tenggorokan terasa sakit sampai sulit menelan dan berbicara 
  • Adanya pembengkakan kelenjar di rahang atau leher
  • Batuk ringan
  • Suara berubah menjadi parau.




Jika sakit tenggorokan merupakan gejala dari penyakit yang disebabkan infeksi virus, maka umumnya akan ada gejala lainnya yang muncul. Seperti demam ringan, batuk, hidung meler, sakit kepala, tidak enak badan, rasa lelah, dan rasa mual disertai muntah.





Obat Sakit Tenggorokan untuk Ibu Hamil









Saat tanda-tanda sakit tenggorokan muncul, maka sebaiknya Bunda jangan langsung minum obat sakit tenggorokan untuk ibu hamil. Coba dulu pengobatan rumahan yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. 





Beberapa cara yang dapat Bunda coba adalah sebagai berikut:





  • Berkumur dengan air hangat yang diberi garam.
  • Minum air hangat yang diberi lemon dan madu.
  • Mengisap permen pelega tenggorokan untuk membantu meredakan rasa gatal. Pastikan bukan permen yang mengandung antibiotik ya Bun.. Karena ada permen pelega tenggorokan yang mengandung antibiotik dan tidak disarankan untuk ibu hamil.
  • Banyak mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh, seperti Vitamin C dan zinc
  • Minum air putih yang cukup. Kebutuhan air putih ibu hamil adalah 2,5 liter per hari, atau sekitar 10 gelas.
  • Banyak beristirahat.




Jika sudah lebih dari tiga hari sakit tenggorokan Bunda tidak membaik, maka Bunda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Apalagi jika sakit tenggorokan disertai dengan gejala infeksi virus lainnya, terutama demam. 





Jangan mengonsumsi obat sakit tenggorokan yang dijual bebas tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu ya, Bunda.









Biasanya Bunda diperbolehkan untuk mengonsumsi obat sakit tenggorokan untuk ibu hamil, yaitu parasetamol. 





Jika kondisi Bunda tak juga membaik setelah itu, bahkan sampai seminggu, maka Bunda harus segera memeriksakan diri ke dokter kandungan. Dikhawatirkan Bunda mengalami masalah kesehatan yang lebih serius sehingga harus segera dievaluasi dan ditangani. 





Mencegah Kondisi Tubuh Agar Tak Mudah Sakit









Dengan kondisi imunitas tubuh Bunda mengalami penurunan, maka Bunda harus serius menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar. Dengan demikian, Bunda tak mudah terserang penyakit, dan jika pun terserang, tidak menjadi parah.





Cara-cara yang dapat Bunda lakukan untuk menjaga kondisi tubuh adalah:





  • Menerapkan pola makan dengan nutrisi seimbang. Memang ada beberapa nutrisi yang harus difokuskan oleh ibu hamil. Namun secara keseluruhan, nutrisi yang terkandung dalam makanan Bunda haruslah seimbang.
  • Rutin berolahraga. Ibu hamil disarankan berolahraga sebanyak total 150 menit dalam seminggu. Pilih olahraga jenis low impact agar aman untuk kehamilan. 
  • Menjaga kebersihan diri. Biasakan rutin mencuci tangan saat berada di area publik. Selain itu, saat pandemi ini, terapkan protokol kesehatan secara disiplin untuk mencegah tertular virus.




Untuk informasi yang lebih detail tentang sakit tenggorokan dan obat sakit tenggorokan untuk ibu hamil, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan atau tenaga medis lainnya.





Sumber:





NHS UK. 2021. Sore Throat





Grow by Web MD. 2021. Sore Throat





What to Expect. 2020. Colds during Pregnancy





Alodokter. 2020. Cara Mengatasi dan Mencegah Sakit Tenggorokan saat Hamil


Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010