main-logo
header-image-7115

Diterbitkan 4 Mei 2023

share-icon

278


Secara naluriah, begitu dinyatakan hamil oleh dokter, yang mulai terpikirkan oleh para Bunda adalah sejumlah baju hamil yang perlu disiapkan selama sembilan bulan ke depan. Ditambah lagi dengan sejumlah “ mamagram ” yang mengunggah berbagai gaya baju hamil pilihannya, wah… Bunda pasti makin bingung dan gemas.





Seberapa besar tubuh akan mengalami perubahan? Baju yang seperti apa yang paling nyaman dikenakan saat hamil? Mulai kapan baju hamil perlu dikenakan, dan sebagainya. Panduan berikut mungkin bisa membantu Bunda yang mulai mempersiapkan diri membeli baju hamil agar tidak salah pilih. 









Kapan Waktunya Membeli Baju Hamil?





Foto: freepik.com




Ingatlah Bunda, bahwa setiap calon ibu punya pengalaman yang berbeda-beda saat hamil. Perubahan bentuk tubuh pun tak jarang berbeda untuk setiap ibu.





Ada yang di trimester pertama mengalami perubahan ukuran yang signifikan, ada juga yang perubahannya terjadi di tahap-tahap akhir kehamilannya. Tak perlu tergesa-gesa membeli baju hamil, bila sekiranya baju-baju lama Bunda masih cukup nyaman dikenakan. 





Tanda-tanda Bunda sudah mulai perlu membeli baju hamil:





  • Bunda mulai sulit mengancingkan celana panjang atau kemeja.
  • Bunda merasa lebih nyaman mengenakan gaun longgar atau busana berbahan kaus yang lentur/spandex.
  • Bunda merasa begah atau penuh di bagian perut sepanjang hari.
  • Bagian perut yang membesar sudah mulai terlihat.




Bagaimana Cara Membeli Baju Hamil?





baju hamil
Foto: freepik.com




Begitu tanda-tanda di atas terlihat, mau tidak mau Bunda harus mulai berburu baju hamil. Saat ini banyak sekali pilihan baju hamil dengan berbagai ukuran, jadi Bunda tidak perlu bingung dan merasa khawatir.





Beragam pilihan baju hamil yang dijual secara online maupun di pusat-pusat perbelanjaan tersedia untuk Bunda. Yang penting pastikan ukurannya pas dengan tubuh Anda. 





Siapkan catatan ukuran tubuh dan pita pengukur baju saat berbelanja baju hamil. Sehingga saat Bunda tidak dapat mencobanya di toko, Bunda bisa mengukur baju hamil yang akan dibeli.





Selain itu, pilih baju hamil yang bisa Bunda kenakan hingga akhir masa kehamilan. Jadi, Bunda tidak perlu membeli baju hamil terlalu banyak. 









Apa Saja yang Perlu Dibeli?





Foto: freepik.com




Pada dasarnya Bunda bisa menyesuaikan kebutuhan baju hamil sesuai selera, tetapi sebagai panduan dasar, pilih ini:





1. T-shirt longgar untuk ibu hamil





Untuk gaya yang lebih santai, Bunda bisa membeli maternity T-shirt . Pilih dalam warna-warna dasar, seperti putih, hitam, atau abu-abu.





2. Jegging atau legging





Mengenakan celana berbahan lentur cukup disukai oleh para calon ibu. Pilih yang bahannya berkualitas sehingga tidak mudah kendur.





3. Celana hamil





Celana model ini memiliki karet pada bagian pinggang dan perutnya, sehingga bisa dikenakan hingga trimester akhir kehamilan. 





4. Gaun gaya oversize/maxi





Untu penampilan yang lebih gaya, Bunda bisa memilih gaun dengan potongan oversize atau maxi dress , yang siluetnya mendukung bentuk badan Bunda. Setelah melahirkan pun, baju-baju ini masih bisa terus dikenakan.





5. Pakaian dalam





Sudah tentu pakaian dalam akan ikut mengalami perubahan selama Bunda hamil. Pilih yang berbahan lembut dan menyerap keringat, sehingga nyaman dikenakan. Siapkan juga bra yang sekaligus dapat dikenakan saat menyusui.





6. Blazer





Untuk Bunda yang bekerja, mengenakan blazer bisa menyiasati bentuk tubuh yang membesar namun terlihat tetap chic dan profesional. 









Tips Berburu Baju Hamil





  • Jangan membeli banyak baju hamil sekaligus. Bentuk badan Bunda akan terus mengalami perubahan; beli 1-2 baju sesuai kebutuhan Bunda setiap kali berbelanja.




  • Periksa bahannya. Pilih yang dapat menyerap keringat, sehingga Bunda lebih nyaman. Kecuali bila Bunda berencana bepergian ke daerah-daerah yang berudara dingin, hindari baju hamil yang berbahan tebal. 




  • Pilih baju hamil bermodel klasik, seperti wrap dress, baby doll atau princess cut. Baju hamil berpotongan klasik bisa digunakan dalam jangka waktu lama, sehingga jika kelak Bunda hamil lagi, baju-baju ini bisa dikenakan kembali. 




  • Pilih yang memiliki bukaan di bagian depan untuk memudahkan Bunda nanti saat masa menyusui.








Sumber:





The Bump. 2021. Maternity Clothes 101: Your Complete Buying Guide.





Parents. 2006. The Maternity Clothing Debate.





Very Well Family. 2020. Everything You Need to Know About Maternity Clothes.


Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010