main-logo
header-image-10700
author-avatar-10700

Ditinjau oleh

dr. Linda Lestari, Sp.OG, Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Diterbitkan 9 Agt 2022

share-icon

344


Selama masa kehamilan, ada banyak sekali hal yang dirasakan Bunda. Mulai dari rasa mual, muntah, mengidam beragam makanan yang terkadang tidak biasa, bentuk tubuh berubah, kelelahan, dan satu lagi adalah rasa gatal pada kulit, terutama pada bagian payudara. Kira-kira apa penyebab payudara gatal saat hamil dan bagaimana mengatasinya?





Penyebab Payudara Gatal saat Hamil





Ada banyak hal yang bisa menyebabkan rasa gatal yang muncul pada bagian payudara dan puting, di antaranya:





Perubahan hormon





Perubahan keseimbangan hormon, terutama progesteron dan estrogen di dalam tubuh Bunda saat hamil kerap menyebabkan rasa gatal pada kulit, terutama pada bagian payudara. 





Peregangan kulit





Seiring dengan semakin bertumbuhnya janin di dalam kandungan, kulit Bunda akan mengalami peregangan. 





Peregangan ini tidak jarang akan menimbulkan rasa gatal, juga muncul garis-garis di permukaan kulit yang disebut striae gravidarum atau stretch mark.





Bukan saja pada bagian payudara, kondisi ini juga terlihat di area perut, pinggul, dan bokong. 





Dermatitis





Rasa gatal yang diakibatkan oleh dermatitis juga mungkin terjadi saat Bunda hamil, seperti eksem, iritasi, infeksi jamur, juga alergi.





Kondisi ini juga makin parah bila terjadi gesekan antara kulit dengan pakaian, juga karena pakaian yang dicuci dengan menggunakan deterjen tertentu. 





Pada bagian payudara dan kulit lainnya akan muncul semacam petak-petak kemerahan, menebal, kulit terasa kering dan gatal yang cukup mengganggu. Bunda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.





Bagaimana Mengatasi Payudara Gatal saat Hamil?





Berikut beberapa cara mengatasi payudara gatal saat hamil:





Mandi dengan air dingin





Jangan menggaruk payudara dan puting ya, Bun, karena bisa menyebabkan kulit lecet dan rentan infeksi bakteri.





Selain itu, kulit yang lecet akibat garukan juga bisa meninggalkan bekas. Cobalah untuk mandi dengan menggunakan air dingin agar lebih nyaman. 





Gunakan pelembap





Bunda bisa mengatasi rasa gatal pada kulit, terutama pada payudara dengan menggunakan pelembap, body lotion , krim, juga gel pengurang gatal yang sekarang banyak dijual. 





Pilih produk yang diperkaya dengan shea butter , cocoa butter , olive oil , jojoba oil , atau yang mengandung asam laktat, asam hyaluronic , glycerin , atau dimethicone . Oleskan krim atau losion ini setiap habis mandi saat kulit masih agak lembap.





Cukupi kebutuhan air





Pastikan Bunda mencukupi kebutuhan air setiap hari selama kehamilan, setidaknya 8 gelas air putih. Bunda juga bisa mengombinasikannya dengan jus buah segar, kuah sup, susu, dan minuman sehat lainnya. 





Bahkan setelah melahirkan, di masa menyusui Bunda pun perlu lebih banyak lagi minum air untuk menjaga pasokan ASI tetap mencukupi.  





Sejukkan kulit





Keringat yang berlebih pada kulit, apalagi di bagian payudara dan puting yang selalu tertutup rentan menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman.





Bunda mungkin dapat menghindari ruangan yang berudara panas atau menyalakan AC dan kipas angin untuk membantu membuat kulit lebih sejuk dan nyaman. 





Kenakan baju yang terbuat dari serat alami





Kadang serat kain sintetis bisa menyebabkan rasa gatal pada kulit, Bun. Saat bercampur dengan keringat, rasa tidak nyaman akan semakin mengganggu. 





Pilih baju-baju yang terbuat dari serat alami, misalnya katun dan serat bambu, yang menyerap keringat. Segeralah berganti pakaian bila sudah terasa lembap akibat keringat ya, Bun.





Cek ukuran pakaian dalam





Lingkar dada dan ukuran payudara pasti berubah semasa hamil. Bunda perlu membeli bra dan pakaian dalam yang sesuai dengan bentuk tubuh Bunda saat hamil.





Pasalnya, gesekan antara kulit dengan kain pakaian dalam yang terlalu sempit juga memicu gatal, iritasi, dan gangguan jamur.





Ganti sabun mandi dan deterjen





Cobalah untuk mengganti sabun mandi dan deterjen yang Bunda gunakan dengan yang berformula hypoallergenic , untuk membantu meminimalkan reaksi alergi pada kulit Bunda.  









Sumber:





Healthline. 2019. Why Pregnancy Can Cause Itchy Boobs.





Mom Junction. 2020. Itchy Breasts/ Nipples During Pregnancy: Causes And Relief Measures.





Peace Health. 2020. Pregnancy: Stretch Marks, Itching, and Skin Changes.





Kumparan Mom. 2019. Cara Atasi Payudara Gatal saat Hamil.










Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010