main-logo
header-image-1043
author-avatar-1043

Ditinjau oleh

dr. Linda Lestari, Sp.OG, Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Diterbitkan 19 Apr 2023

share-icon

44


Belanja Makanan Sehat





Ketika belanja mingguan, utamakan membeli makanan-makanan segar, bukan olahan. Makanan segar menyediakan lebih banyak vitamin dan mineral, serta mengandung lebih sedikit gula, garam, kalori, lemak dan zat aditif dibandingkan makanan olahan. Oh, sebuah catatan: sayuran beku atau sayuran kalengan yang tidak dipenuhi dengan gula atau garam terkadang sama bergizinya dengan makanan segar. 





Pilih Pakaian Nyaman





Tubuh semakin gampang panas dan berkeringat berkat metabolisme yang meningkat. Jadi, saat memilih baju untuk bepergian atau kerja, kenakan yang berbahan lembut, katun, dan tidak ketat. Lalu, pilih bra yang menopang payudara yang membesar dengan lebih baik ((misalnya sports bra )





Jika penampakan sepatu sudah tidak menyakinkan, saatnya menggantinya untuk meminimalisir risiko jatuh atau cedera. Dan saat berolahraga, pastikan kamu memakai sepatu yang benar. 









Perhatikan Jika Ada Tahi Lalat 





Hormon bisa menyebabkan perubahan pada tahi lalat yang kamu miliki. Biasanya sih, hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Namun jika tahi lalat berubah warna, bentuknya asimetris, memiliki pinggiran yang tidak normal, bertambah besar, ada baiknya untuk segera mengeceknya dengan dokter.





Trik Mencegah Infeksi Sinus





Kemungkinan besar alergi bukanlah penyebabnya, melainkan kehamilan memang bisa menimbulkan hidung tersumbat. Memberikan kompres hangat pada area wajah dan minum air putih yang cukup bisa mencairkan lendir hidung. 





Siap-siap Berat Badan Naik 





Di trimester kedua, perkembangan bayi semakin pesat. Alhasil, berat badan bertambah. Jika sebelum hamil berat badanmu normal, total penambahan berat di trimester ini adalah 6 kg. 





Untuk mendapatkan berat badan yang tepat, timbang badan secara berkala. Cobalah menimbang badan setiap hari dan gunakan baju yang sama. 









Jangan Lupa Makan





Ada begitu banyak hal yang musti kamu lakukan sehingga sering kali lupa makan! Pasang alarm dengan interval dua jam sebagai reminder untuk makan. Atau pasang post-it di laptop atau komputer, atau tempat-tempat strategis lain. 





Jika kamu takut makan karena masih sering merasa mual, ketahuilah bahwa kondisi ini bisa semakin parah ketika perut kosong. Isi perut dengan perlahan, mulai dari minum air atau jus, smoothies atau sup, lalu lanjutkan dengan makanan solid yang bisa diterima oleh perut.





Tetap Bergerak 





Dengan datangnya trimester kedua, energi biasanya sudah kembali. Pergunakan kesempatan ini dengan melakukan olahraga ringan untuk menurunkan risiko diabetes gestasional. Ahli menyarankan agar ibu hamil berolahraga level moderat setidaknya 30 menit atau lebih per hari.





Ditinjau oleh: dr. Linda Lestari, Sp.OG


Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010