main-logo

6 Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil

header-image-20506
author-avatar-20506

Ditinjau oleh

dr. Marianti, Head of Medical Content Alodokter

Diterbitkan 23 Okt 2023

share-icon

219


Buah yang bagus untuk ibu hamil mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan Bunda dan Si Kecil dalam kandungan Bunda. Selain itu, berbagai buah yang baik untuk ibu hamil ini juga bisa meredakan keluhan yang Bunda rasakan saat mengandung.





Tumbuh kembang janin di dalam kandungan tergantung pada asupan nutrisi ibu. Oleh karena itu, Bunda perlu mengonsumsi makanan-makanan yang sehat dan bergizi agar asupan nutrisi Bunda cukup. Nah, salah satu makanan sehat yang sudah sangat terkenal adalah buah-buahan.





Bukan hanya kaya akan nutrisi untuk memenuhi kebutuhan Bunda dan Si Kecil, buah yang baik untuk ibu hamil juga bisa meredakan dan mencegah keluhan yang umum terjadi selama mengandung, misalnya mual dan sembelit. Bahkan, buah-buahan ini juga bisa memperkuat daya tahan tubuh Bunda agar tidak gampang sakit.





Jenis Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil





Untuk mencukupi asupan nutrisi selama mengandung, Bunda bisa mengonsumsi buah-buahan berikut ini:





1. Jeruk





Jeruk merupakan salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil dan sangat dianjurkan. Buah ini memiliki kadar air yang tinggi sehingga bisa mencegah dehidrasi saat hamil. Jeruk juga kaya akan vitamin C yang merupakan zat antioksidan untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh dan memperkuat daya tahan tubuh Bunda.





Selain kadar air dan vitamin C-nya tinggi, jeruk juga mengandung asam folat lho, Bun. Asam folat atau vitamin B9 ini dibutuhkan untuk perkembangan otak dan saraf janin. Jadi, kalau ibu hamil mengonsumsi asam folat yang cukup, kecacatan otak dan saraf pada bayinya nanti bisa dicegah.





2. Mangga





Sama seperti jeruk, mangga juga kaya akan vitamin C. Vitamin ini membuat daya tahan tubuh Bunda menjadi lebih kuat sehingga tidak mudah terserang infeksi. Selain itu, mangga juga mengandung serat yang tinggi. Dengan begitu, Bunda bisa terhindar dari sembelit.





3. Pisang





Pisang merupakan salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil karena banyak mengandung kalium, vitamin B6, vitamin C, serat. Konsumsi buah ini bisa membantu Bunda meredakan mual dan muntah selama mengandung, serta mencegah sembelit.





4. Alpukat





Alpukat mengandung asam folat yang paling besar di antara jenis buah lainnya. Oleh karena itu, buah ini sangat baik untuk perkembangan saraf janin selama kehamilan.





Selain asam folat yang tinggi, alpukat juga mengandung berbagai nutrisi lain dalam jumlah yang cukup banyak, seperti vitamin B, vitamin K, serat, dan kalium. Dengan kandungan nutrisinya ini, alpukat bisa meredakan keluhan mual, muntah, serta kram kaki saat hamil.





5. Buah Naga





Buah naga merah maupun buah naga putih juga termasuk buah yang bagus untuk ibu hamil. Buah ini kaya akan vitamin C dan zat besi. Dengan vitamin C, penyerapan zat besi dalam tubuh Bunda akan meningkat, sehingga Bunda bisa terhindar dari anemia .





6. Apel





Apel disebut buah yang bagus untuk ibu hamil karena memiliki serat yang tinggi. Dengan kandungan seratnya, apel bisa meredakan gangguan pencernaan yang umum dialami ibu hamil selama mengandung.





Nah, itulah beberapa jenis buah yang bagus untuk ibu hamil. Selain buah-buahan di atas, buah lainnya secara umum baik untuk dikonsumsi ibu hamil karena mengandung banyak nutrisi. Jadi, supaya tidak bosan, Bunda bisa kok makan buah-buahan yang berbeda setiap harinya.





Cara penyajiannya pun bisa berbeda-beda, tergantung selera Bunda dan jenis buahnya, misalnya dimakan langsung setelah dikupas dan dipotong, atau dijadikan jus, salad buah, bahkan rujak. Namun, sebelum makan buah apa pun, termasuk buah yang bagus untuk ibu hamil, pastikan buah tersebut segar dan sudah dicuci hingga bersih ya.





Sumber:





National Health Service U.K. (2023). Pregnancy. Have a Healthy Diet in Pregnancy.





Cleveland Clinic (2023). Diet, Food & Fitness. Mango-licious: The Top 6 Health Benefits of Mango.





BabyCenter (2021). What to Eat when Pregnant: The 12 Best Foods.





Healthline (2023). 7 Nutritious Fruits You’ll Want to Eat During Pregnancy.





Healthline (2018). 7 Great Reasons to Add Dragon Fruit to Your Diet.





MedicineNet (2022). Which Fruit is Best in the Second Trimester?





WebMD (2022). Dragon Fruit.


Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010