main-logo

6 Minyak Ikan untuk Ibu Hamil yang Kaya Omega-3

header-image-21187

Diterbitkan 30 Nov 2023

share-icon

521


Minyak ikan untuk ibu hamil sering disarankan penggunaannya karena mengandung omega-3 yang tinggi. Kandungan nutrisi tersebut tidak hanya mampu menjaga kesehatan tubuh saat hamil, tetapi juga mengoptimalkan perkembangan otak dan mata janin. Selain itu, minyak ikan juga bisa membantu produksi ASI yang dibutuhkan bayi setelah lahir nanti.





Pilihan Minyak Ikan untuk Ibu Hamil yang Bagus





Minyak ikan untuk ibu hamil hanya dapat dikonsumsi dengan alasan tertentu, misalnya karena Bunda kekurangan omega-3. Hal ini biasanya dikarenakan pola makan yang kurang sehat atau keluhan mual muntah (morning sickness) yang parah selama kehamilan.





Apabila asupan omega-3 Bunda sudah tercukupi dengan mengonsumsi makanan sehat dan vitamin kehamilan , biasanya dokter tidak akan menyarankan konsumsi minyak ikan untuk ibu hamil.





Meski begitu, ada beberapa minyak ikan yang bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi apabila Bunda memerlukannya. Beberapa pilihan minyak ikan untuk ibu hamil meliputi:





1. Blackmores Odourless Fish Oil





Blackmores Odourless Fish Oil merupakan salah satu produk minyak ikan yang bisa Bunda konsumsi. Minyak ikan untuk ibu hamil ini mengandung asam lemak omega-3 EPA( eicosapentaenoic acid ) dan DHA( docosahexaenoic acid ) yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh serta menjaga kadar kolesterol tetap normal.  





Blackmores Odourless Fish Oil tersedia dalam bentuk kapsul. Untuk menentukan takaran atau dosis konsumsinya yang tepat, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter.





2. Om3 Heart Omega-3





Sama seperti produk sebelumnya, Om3 Heart Omega 3 juga mengandung omega-3 EPA dan DHA yang bagus untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Minyak ikan untuk ibu hamil ini juga bisa menjaga kesehatan tubuh agar tetap optimal, termasuk kesehatan otak, jantung, dan mata.





Om3 Heart Omega-3 tersedia dalam bentuk kapsul lunak. Dosis umum penggunaannya adalah 1–2 kapsul per hari. Namun, Bunda sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter untuk memastikan dosisnya apakah sudah sesuai dengan kondisi Bunda.





3. Nature's Health Virgin Salmon Omega-3 Fish Oil





Nature's Health Virgin Salmon Omega-3 Fish Oil tidak hanya mengandung omega-3 EPA dan DHA, tetapi juga mengandung beberapa bahan lain, seperti gelatin, glycorin, dan ekstrak rosemari.





Tak heran jika minyak ikan untuk ibu hamil ini memiliki beragam manfaat bagi tubuh, seperti meredakan peradangan, meningkatkan daya tahan tubuh, serta mencegah bronkitis.





Nature's Health Virgin Salmon Omega-3 Fish Oil tersedia dalam bentuk kapsul lunak. Untuk dosisnya, Bunda bisa mengonsumsi minyak ikan untuk ibu hamil ini 1 kapsul sehari. Namun, perlu diingat, Bunda harus berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum mengosumsi suplemen ini, ya.





4. Wellness Squamega





Tidak hanya mengandung omega-3, Wellness Squamega juga dilengkapi dengan squalene dan vitamin. Ketiga kandungan tersebut bisa mencegah penyakit jantung serta menjaga aliran darah sehingga proses suplai oksigen ke sel-sel tubuh lancar.





Bunda bisa mengonsumsi minyak ikan untuk ibu hamil ini 1 kapsul lunak, 1–3 kali sehari. Namun, karena tidak hanya mengandung omega-3, Bunda perlu berkonsultasi dengan dokter apakah Wellness Squamega aman dan sesuai kondisi Bunda.





5. Golden Bear Salmon





Ada berbagai manfaat yang bisa Bunda dapatkan apabila mengonsumsi Golden Bear Salmon. Manfaatnya meliputi memelihara kesehatan tubuh, otak, jantung, dan pembuluh darah, menjaga daya tahan tubuh, menurunkan kolesterol tinggi, serta menurunkan tekanan darah tinggi.





Berbagai manfaat tersebut bisa Bunda dapatkan karena Golden Bear Salmon mengandung omega-3 EPA dan DHA, serta vitamin E. Bunda bisa mengonsumsi minyak ikan untuk ibu hamil ini 2 kapsul lunak sehari, sesudah makan.





6. Sea-Quill Omega-3 Salmon





Tidak hanya mengandung omega-3 EPA dan DHA, Sea-Quill Omega-3 Salmon juga mengandung omega-3 ALA( alpha-linolenic acid ). Kandungan ini bermanfaat untuk memelihara kesehatan jantung serta menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, dan tekanan darah tinggi.





Selain itu, minyak ikan untuk ibu hamil ini juga mengandung vitamin E dan lesitin yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Apabila ingin mengonsumsi Sea-Quill Omega-3 salmon, Bunda sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.





Meski begitu, dosis penggunaan minyak ikan untuk ibu hamil ini umumnya adalah 1 kapsul lunak 1–3 kali sehari, setelah makan.





Seperti yang telah disebutkan, suplemen minyak ikan untuk ibu hamil di atas bisa menambah asupan omega-3 yang dibutuhkan selama hamil. Namun, Bunda perlu ingat, asupan omega-3 yang utama sebaiknya didapatkan dari makanan, seperti ikan.





Selain ikan, ada juga makanan yang mengandung omega-3 atau telah diperkaya dengan omega-3, seperti telur , susu, yoghurt, sereal, dan margarin. Apabila masih bingung, Bunda bisa berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui apa saja makanan yang bisa Bunda konsumsi untuk mencukupi asupan omega-3 selama hamil.





Sumber:





American Pregnancy Association (2023). Healthy Pregnancy. Omega-3 Fish Oil and Pregnancy.





Baby Center (2021). Is it Safe to Take Fish Oil or Other Omega-3 Supplements During Pregnancy?





Baby Centre (2023). Is it Safe to Take Fish Oil Supplements in Pregnancy?





Healthline (2023). 8 Unique Benefits of Vitamin E.





Verywell Health (2023). What Does Lecithin Do For You?


Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010