main-logo

Kantung Janin 6 Minggu, Begini Perkembangannya

header-image-21004
author-avatar-21004

Ditinjau oleh

dr. Marianti, Head of Medical Content Alodokter

Diterbitkan 17 Nov 2023

share-icon

2096


Kantung janin 6 minggu ukurannya sudah lebih besar dari pertama kali terbentuk, yaitu saat usia kehamilan 4 minggu. Selain itu, kantung janin pada usia kehamilan ini juga sudah mengalami beberapa perkembangan yang bisa menjadi tanda bahwa kehamilan Bunda berjalan normal.





Kantung janin atau kantung kehamilan adalah kantung berisi air ketuban yang membungkus bakal janin (embrio) hingga menjadi janin. Selama perkembangan embrio menjadi janin, kantung ini berfungsi untuk melindungi bakal janin dari benturan dari luar kantung.





Perkembangan Kantung Janin 6 Minggu





Saat pertama kali terbentuk, kantung janin berukuran sekitar 2 mm. Kantung ini akan membesar seiring bertambahnya usia kehamilan dan meningkatnya kadar hormon saat hamil. Nah, ketika usia kehamilan sudah mencapai 6 minggu, kantung janin sudah terlihat lebih besar, dengan ukuran sekitar 6 mm atau sebesar kacang kedelai.





Selain ukurannya yang lebih besar, kantung janin 6 minggu juga sudah mengalami perkembangan berupa terbentuknya kantung kuning telur dan embrio. Kantung kuning telur ini berfungsi untuk mengalirkan darah, oksigen, dan nutrisi pada embrio yang terbentuk di dalamnya.





Terbentuknya kantung kuning telur dan embrio akan terlihat saat Bunda menjalani pemeriksaan USG . Nah, dengan terlihatnya kantung kuning telur dan embrio di dalam kantung janin 6 minggu menjadi tanda bahwa kehamilan Bunda tumbuh dengan sehat dan normal.





Namun, bila kantung kuning telur dan embrio tidak terlihat saat pemeriksaan USG, Bunda jangan khawatir dulu, ya. Hal ini bisa saja terjadi karena perhitungan usia kehamilan yang kurang tepat. Dokter biasanya akan meminta Bunda untuk menjalani pemeriksaan USG lagi setelah 1–2 minggu.





Meski begitu, Bunda tetap harus waspada terhadap berbagai masalah kehamilan, seperti kehamilan kosong , yang bisa terjadi saat kantung janin 6 minggu. Untuk mencegahnya, lakukan pemeriksaan kehamilan ke dokter secara rutin guna memastikan perkembangan janin dan kantung janin tetap sehat.





Sumber:





Murugan, et al. (2020). Role of Ultrasound in the Evaluation of First-trimester Pregnancies in the Acute Setting. Ultrasonography, 39(2), pp. 178–189.





National Institutes of Health (2023). Statpearls. Gestational Sac Evaluation.





Cleveland Clinic (2022). Body Systems & Organs. Yolk Sac.





Verywell Family (2022). Gestational Sac and Its Meaning in Pregnancy.





Verywell Family (2022). Small Gestational Sac in Early Pregnancy.





Verywell Family (2022). What Does It Mean If There Is No Yolk Sac in Early Pregnancy?


Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010