main-logo

Morning Sickness, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

header-image-20865
author-avatar-20865

Ditinjau oleh

dr. Kevin Adrian Djantin, Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Diterbitkan 30 Okt 2023

share-icon

4964


Morning sickness merupakan gejala awal kehamilan yang paling umum dialami ibu hamil. Meski namanya mengandung kata “morning”, gejala ini tidak selalu dialami pada pagi hari lho, Bun. Morning sickness bisa terjadi kapan saja, baik pagi, sore, bahkan malam hari.





Morning sickness adalah rasa mual yang biasanya dialami ibu hamil pada 3 bulan pertama kehamilan. Gejala kehamilan ini dapat disebabkan oleh adanya perubahan hormon saat Bunda berbadan dua.





Meski rasanya tidak nyaman dan bisa mengganggu istirahat, morning sickness bukan berarti tanda adanya masalah pada calon buah hati, ya. Selain mual, ibu hamil yang mengalami morning sickness juga bisa mengalami gejala lain nih, yaitu muntah dan air liur yang berlebihan.





Morning Sickness dan Penyebabnya





Penyebab morning sickness sebenarnya belum diketahui secara pasti. Namun, gejala kehamilan ini mungkin saja terjadi akibat meningkatnya hormon kehamilan atau hCG ( human chorionic gonadotropin ).





Hormon hCG diduga dapat membuat indra penciuman ibu hamil menjadi lebih sensitif, sehingga mudah merasakan mual. Selain perubahan hormon, ibu hamil juga rentan mengalami morning sickness, jika mudah mengalami mabuk perjalanan atau sensitif terhadap aroma dan rasa tertentu sejak sebelum mengandung.





Cara Mengatasi Morning Sickness





Sebelumnya telah dijelaskan bahwa morning sickness dapat disebabkan oleh perubahan kadar hormon selama Bunda sedang hamil. Oleh karena itu, mungkin sedikit sulit untuk mencegahnya.





Namun, ada banyak kok cara mengatasi morning sickness yang dapat Bunda lakukan agar rasa mual bisa berkurang dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Nah, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi morning sickness yang bisa dilakukan sendiri di rumah:





1. Minum air jahe





Jahe diketahui bersifat antiradang dan mampu mengontrol asam lambung yang kerap memicu rasa mual. Beberapa riset menyebutkan bahwa teh atau air jahe hangat terbukti dapat membantu meredakan morning sickness dan menambah nafsu makan.





Cara membuatnya mudah kok, Bunda hanya perlu merebus 4–6 iris jahe di dalam panci yang berisi 2 cangkir air selama 10–15 menit. Setelah itu, saring hasil rebusan dan air jahe siap Bunda nikmati.





2. Lebih sering ngemil





Perut kosong karena muntah-muntah bisa memperparah morning sickness, Bun. Jika Bunda susah makan, coba kurangi porsi makan dan makan lebih sering. Untuk mengisi perut sekaligus mengurangi mual, Bunda juga bisa coba lebih banyak ngemil.





Saat makan, pilihlah makanan atau cemilan yang tidak berbau tajam, pedas, atau terlalu berminyak karena makanan ini cenderung bisa memperparah mual. 





3. Coba minuman dingin





Wah, siapa sangka minuman dingin bisa mengurangi mual. Ini karena minuman dingin dapat memberikan rasa sejuk dan terasa menyegarkan, jadi mampu mengurangi rasa mual. Agar lebih efektif, coba minuman dingin, seperti es jahe, es teh dengan campuran mint, atau air lemon dingin, Bun.





4. Hirup udara segar





Menghirup udara segar bisa membuat Bunda merasa lebih lega karena terbebas dari udara sesak serta aroma yang bisa memicu mual. Dengan begitu, mual karena morning sickness pun jadi reda. Untuk mendapatkan udara segar, bukalah jendela ruangan atau seringlah jalan-jalan ke luar rumah, ya.





5. Makan buah yang banyak air





Makan buah yang mengandung banyak air, seperti semangka, jambu, dan pir, bisa mengurangi mual karena morning sickness. Selain bisa mengembalikan cairan tubuh yang hilang karena muntah, rasanya pun juga menyegarkan. Buah ini juga bisa mencukupi asupan nutrisi selama hamil.





Oh ya, meski umum dialami ibu hamil, morning sickness bisa memburuk yang ditandai dengan muntah terus-menerus, hilangnya nafsu makan, penurunan berat badan, serta gangguan elektrolit. Kondisi ini disebut hiperemesis gravidarum . Kalau Bunda mengalaminya, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter , ya.





Sumber:





American Pregnancy Association. Healthy Pregnancy. Morning Sickness.





Mayo Clinic (2022). Morning Sickness.





Boyd-Barrett, C. Baby Center (2021). Your Body. Morning Sickness and Nausea during Pregnancy.





Health Service Executive (2022). Causes and Symptoms Morning Sickness.





Marcin, A. Healthline (2023). Can You Use Ginger to Treat Acid Reflux?





McDermott, A. Healthline (2023). Top 18 Ways to Get Rid of Nausea.





Overfelt, M. The Bump (2023). Morning Sickness: What Causes It and How to Find Relief.





Peri, C. WebMD (2022). Morning Sickness.


Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010