main-logo

Vitamin Ibu Hamil Trimester 1 yang Harus Dikonsumsi

header-image-20727
author-avatar-20727

Ditinjau oleh

dr. Marianti, Head of Medical Content Alodokter

Diterbitkan 25 Sep 2023

share-icon

87


Kebutuhan vitamin ibu hamil trimester 1 sebaiknya dipenuhi karena penting untuk perkembangan organ tubuh Si Kecil. Bayangkan saja, pada masa ini, Si Kecil sudah bisa bergerak dan jantungnya mulai berdetak, lho. Nah, agar ia terus berkembang dengan lancar dan sehat, Bunda memerlukan asupan vitamin trimester 1 yang cukup.





Ragam Vitamin Ibu Hamil Trimester 1





Terdapat 3 vitamin ibu hamil trimester 1 yang harus dipenuhi kebutuhannya. Dengan begitu, barulah Bunda bisa tetap sehat dan perkembangan Si Kecil pun lancar. Untuk mendapatkannya, Bunda bisa kok mengonsumsi makanan, minuman, atau suplemen tertentu.





Nah, berikut ketiga vitamin penting untuk ibu hamil:





1. Vitamin B





Terdapat 8 jenis vitamin B, yakni vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6 , vitamin B7, vitamin B9, dan vitamin B12. Semuanya memang berguna untuk menjaga kesehatan kita, tetapi ada 3 jenis di antaranya yang paling penting untuk ibu hamil trimester 1, yakni vitamin B6, vitamin B9, dan vitamin B12.





Vitamin B6 berfungsi membentuk sistem saraf janin dan mencegah Bunda mual, vitamin B9 ( asam folat ) berfungsi mencegah kecacatan pada tulang belakang janin, dan vitamin B12 berfungsi merawat sistem saraf agar tetap sehat. Ketiganya merupakan vitamin ibu hamil trimester 1 yang kebutuhan hariannya harus dipenuhi.





Bunda bisa mendapatkan vitamin B6 salah satunya melalui konsumsi pisang. Sementara itu, vitamin B9 bisa Bunda dapatkan melalui konsumsi biji-bijian dan kacang-kacangan. Adapun, vitamin B12 banyak terdapat pada makanan hewani, seperti ikan, telur, dan produk susu.





2. Vitamin C





Vitamin C merupakan antioksidan, yakni senyawa yang mampu mengurangi radikal bebas sehingga sel tubuh Bunda tetap sehat. Selain itu, ia termasuk vitamin yang dibutuhkan agar tubuh Bunda bisa membuat kolagen, yakni bagian dari tulang, tulang rawan, dan kulit Si Kecil.





Alasan di atas membuat ibu hamil membutuhkan lebih banyak vitamin C daripada orang dewasa pada umumnya. Nah, Bunda bisa menambah asupan vitamin ibu hamil trimester 1 ini dengan mengonsumsi jeruk , brokoli, dan tomat, ya.





3. Vitamin D





Tubuh ibu hamil membutuhkan kalsium dan fosfor untuk mengontrol tekanan darah agar tetap normal dan membentuk tulang Si Kecil selama berkembang di rahim. Nah, penyerapan kalsium dan fosfor dalam tubuh akan lebih baik dengan bantuan vitamin D . Oleh sebab itulah, vitamin D termasuk vitamin ibu hamil trimester 1 yang harus dipenuhi.





Memang sih, tubuh Bunda memproduksi Vitamin D saat kulit terkena sinar matahari. Bahkan, vitamin ini juga bisa didapatkan melalui makanan, seperti ikan sarden, telur, dan daging. Namun, jumlahnya mungkin saja terlalu sedikit untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian ibu hamil.





Karena itu, Bunda sebaiknya mengonsumsi suplemen vitamin D jika jarang berjemur atau asupan makannya tidak banyak mengandung vitamin ini, ya.





Sumber:





National Health Service. (2023). Keeping Well In Pregnancy. Vitamins, Supplements And Nutrition In Pregnancy.





The American College of Obstretricians and Gynaecologists. Women’s Health. Nutrition During Pregnancy.





Harvard Medical School. Harvard Health Publishing (2019). Heart Health. Key Minerals to Help Control Blood Pressure.





American Pregnancy Association. Healthy Pregnancy. Roles of Vitamin B in Pregnancy.





American Pregnancy Association. Healthy Pregnancy. Vitamin D and Pregnancy.





John Hopkins Medicine. Health. The First Semester.





Dasher, E. Baby Center (2021). Pregnancy. Vitamin C During Pregnancy.


Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010