main-logo

4 Area yang Dilarang untuk Dipijat Saat Hamil

header-image-18802
author-avatar-18802

Ditinjau oleh

dr. Kevin Adrian Djantin, Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Diterbitkan 13 Des 2023

share-icon

83118


Ada beberapa area yang dilarang untuk dipijat saat hamil, karena dapat memicu terjadinya gangguan pada kehamilan atau masalah pada janin. Yuk, Bunda, ketahui mana saja area tersebut dan tips untuk melakukan pijat hamil yang aman.





Kehamilan bisa membuat kebanyakan ibu hamil merasakan berbagai keluhan di badan, seperti lebih mudah lelah dan pegal-pegal. Keluhan ini umumnya muncul karena banyak perubahan yang terjadi pada tubuh ibu hamil, misalnya karena perubahan hormon atau perubahan bentuk tubuh akibat pembesaran rahim.





Nah, pijat hamil tak jarang menjadi salah satu pilihan untuk mengurangi rasa lelah dan pegal-pegal. Umumnya, pijat hamil akan dilakukan oleh terapis pijat profesional atas saran dokter karena tidak boleh dilakukan sembarangan.





Area yang Dilarang untuk Dipijat Saat Hamil





Pijat hamil memang bisa dilakukan kapan saja. Namun, Bunda biasanya tidak disarankan untuk pijat saat hamil muda atau trimester pertama. Alasannya, pijatan yang terlalu kuat atau dilakukan dengan tidak tepat dikhawatirkan bisa meningkatkan risiko keguguran.





Pijat hamil juga tidak disarankan apabila Bunda mengalami gangguan saat hamil, seperti gangguan plasenta, tekanan darah tinggi, preeklamsia , gangguan pembekuan darah, dan kandungan yang lemah.





Selain beberapa larangan di atas, ada juga beberapa area yang dilarang untuk dipijat saat hamil. Beberapa bagian tubuh tersebut meliputi:





1. Area perut





Perut merupakan area yang perlu dihindari untuk dipijat saat hamil karena menjadi tempat janin berkembang. Pijat hamil yang dilakukan di area perut, termasuk pinggang dan pinggul, dikhawatirkan bisa memberi tekanan dan melukai janin. Oleh karena itu, pijat hamil di area ini perlu dihindari.





2. Kaki





Selain perut, kaki juga merupakan area yang dilarang untuk dipijat saat hamil lho, Bun. Soalnya, kaki rentan mengalami pembekuan darah saat hamil karena darah mengalir lebih lambat di area tersebut.





Meski begitu, pijat hamil di area kaki sebenarnya masih boleh dilakukan, asalkan dilakukan secara perlahan. Oleh karena itu, terapis pijat mungkin akan memijat area tersebut dengan lembut. Jangan ragu untuk memberi tahu terapis bila pijatannya terlalu kuat ya, Bun.





3. Dada





Meski bisa membantu produksi ASI lebih lancar, pijat hamil di dada perlu Bunda hindari apabila mengalami pembengkakan dan nyeri di dada. Soalnya, pijat hamil yang dilakukan terlalu keras atau kasar malah bisa membuat dada menjadi terasa lebih nyeri dan pembengkakan pun bisa tidak mereda.





Oleh karena itu, biasanya terapis akan memijat bagian dada Bunda secara lembut dan perlahan.





4. Pergelangan dan jari tangan atau kaki





Dalam teknik pijat, terapis biasanya akan memberikan tekanan di beberapa titik pada tubuh, seperti pergelangan dan jari tangan atau kaki. Nah, pada pijat hamil, bagian ini termasuk yang dilarang. Soalnya, pijat dianggap bisa memicu kontraksi yang dapat menyebabkan kelahiran prematur hingga keguguran.





Tips Pijat Ibu Hamil yang Aman





Umumnya, pijat ibu hamil berlangsung selama 1 jam. Sebagian tempat pijat ibu hamil menyediakan kursi atau tempat tidur khusus. Ini karena saat dipijat, ibu hamil perlu berbaring dalam posisi menyamping agar lebih aman.





Selain posisi tidur yang aman, Bunda juga perlu melakukan hal-hal berikut ini ketika menjalani pijat hamil:





  • Minum banyak air putih sebelum pijat dilakukan agar tidak kekurangan cairan.
  • Pilihlah terapis profesional yang sudah terlatih untuk melakukan pijat hamil.
  • Bicarakan dengan terapis apabila merasa nyeri di bagian tertentu saat dipijat.
  • Jangan terlalu sering dipijat. Biasanya, pijat hamil disarankan 1 kali dalam 2 minggu.




Nah, itulah beberapa area yang dilarang untuk dipijat saat hamil, Bun. Selain menghindari area tersebut, Bunda juga perlu ingat bahwa pijat hamil juga bisa membahayakan janin apabila Bunda mengalami kondisi tertentu. Oleh karena itu, selalu konsultasikan ke dokter terlebih dahulu jika Bunda berencana untuk dipijat.





Sumber:





Australian Government (2023). Pregnnacy Birth & Baby. Pregnancy Massage.





Cleveland Clinic (2022). Prenatal Massage Benefits and Safety.





Baby Center (2023). What is a Prenatal Massage?





Baby Center (2021). Common Pregnancy Aches and Pains.





Baby Centre UK (2023). Is It Safe to Massage My Bump?





Healthline (2023). How to Safely Get a Massage While Pregnant.





Verywell Health (2021). What Is a Pregnancy Massage?





WebMD (2023). Pregnancy Massage.


Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010