main-logo

7 Manfaat Kelapa Muda untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

header-image-21251
author-avatar-21251

Ditinjau oleh

dr. Kevin Adrian Djantin, Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Diterbitkan 13 Des 2023

share-icon

1796


Ada beragam manfaat kelapa muda untuk ibu hamil yang dapat diperoleh. Manfaat ini berasal dari berbagai nutrisi penting di dalamnya, seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin B, vitamin C, dan berbagai jenis mineral, seperti zat besi, kalium, mangan, magnesium, serta tembaga.  





Beragam Manfaat Kelapa Muda untuk Ibu Hamil





Berkat kandungan nutrisinya tersebut, kelapa muda dipercaya berkhasiat untuk menunjang kesehatan ibu hamil. Berikut ini adalah berbagai manfaat kelapa muda untuk ibu hamil:





1. Mencegah dehidrasi





Kelapa muda mampu mencegah dehidrasi selama kehamilan.Buah ini kaya akan elektrolit, seperti kalium dan magnesium, sehingga bisa menjadi pilihan untuk menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang dari tubuh.





Dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh, Bunda akan terhindar dari dehidrasi saat hamil.





2. Membantu meringankan mual muntah





Air kelapa muda disebut dapat membantu meringankan mual dan muntah ( morning sickness ) selama mengandung Si Kecil, lho . Ini diduga berkat rasa dan aromanya yang ringan, sehingga lebih ramah untuk hidung Bunda yang tengah sensitif.





Selain itu, kandungan antioksidan, vitamin B6, serta aneka mineral di dalamnya kelapa juga baik untuk mencukupi asupan nutrisi tubuh selama hamil.





3 . Menambah energi saat hamil





Di awal kehamilan, ibu hamil umumnya akan merasakan mual dan muntah serta penurunan nafsu makan akibat morning sickness . Hal ini bisa membuat Bunda susah makan, sehingga berisiko kekurangan energi dan tubuh pun akan merasa lemas dan cepat lelah.





Nah , untuk membantu menambah energi selama hamil, sebenarnya Bunda hanya perlu cukup makan dan minum lho , salah satunya dengan mengonsumsi air dan buah kelapa. Buah ini kaya akan energi dan gula alami yang bisa menambah energi dan stamina tubuh, sehingga Bunda tidak mudah lelah.





4 . Menurunkan tekanan darah





Selain menjaga kesehatan jantung, kelapa muda untuk ibu hamil juga bisa menurunkan tekanan darah. Ini karena air kelapa muda memiliki kandungan kalium yang terbukti dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah agar tetap normal.





Dengan begitu, Bunda dapat terhindar dari risiko hipertensi dan preeklampsia selama kehamilan. Namun, perlu diingat, air kelapa tidak bisa digunakan sebagai pengganti pengobatan hipertensi dan preeklampsia ya , Bun.





5 . Mendukung tumbuh kembang janin





Kelapa muda untuk ibu hamil juga memberikan manfaat yang baik untuk tumbuh kembang janin, Bun. Manfaat ini bisa Bunda peroleh dari kandungan kalsium , kalium, dan magnesium yang ada di dalam air kelapa muda.





Nah , nutrisi-nutrisi ini berperan penting untuk meningkatkan berat berat Si Kecil saat lahir, menjaga kesehatan tulang dan gigi bayi, serta menurunkan risiko terjadinya preeklamsia pada ibu hamil.





6 . Meningkatkan daya tahan tubuh





Karena terkenal dengan antioksidannya, air dan daging kelapa muda sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Antioksidan berperan penting dalammelindungi sel-sel tubuh dari efek buruk radikal bebas yang menyebabkan penyakit pada ibu hamil dan janin.





Selain itu, antioksidan dan vitamin C dalam buah ini juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh Bunda selama hamil, serta mencegah terjadinya komplikasi kehamilan, seperti preeklampsia.





7 . Mencegah infeksi saluran kemih





Manfaat lain dari kelapa mudah untuk ibu hamil adalah mencegah infeksi saluran kemih ( ISK ) selama kehamilan. Kondisi ini terjadi akibat perubahan hormon saat hamil dan berdampak pada fungsi saluran kemih.





Nah , air kelapa mudamemiliki efek diuretik ringan, sehingga dapat membuat Bunda lebih lancar buang air kecil. Berkat efeknya ini, bakteri di saluran kemih akan lebih banyak dikeluarkan sehingga infeksi saluran kemih pun bisa dicegah.





Itulah manfaat kelapa muda untuk ibu hamil yang bisa Bunda peroleh. Namun, ingat ya Bun, jangan jadikan air kelapa muda sebagai pengganti air putih. Selain itu, Bunda juga dianjurkan untuk menghindari minuman kelapa muda dalam kemasan dan tidak menambahkan perasa atau pemanis ketika meminumnya.





Jika Bunda memiliki kondisi kesehatan tertentu, termasuk diabetes, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ya, sebelum mengonsumsi kelapa muda. Tujuannya agar dokter bisa memberikan saran kepada Bunda tentang jumlah konsumsi kelapa muda sesuai dengan kondisi Bunda.





Sumber:





United States Department of Agriculture. Nuts, coconut meat, raw.





Baby Center (2023). What Are the Benefits of Drinking Coconut Water During Pregnancy?





Everyday Health (2022). What Is Coconut? How to Enjoy the Fruit-Nut-Seed and What It Offers Your Health.





Healthline (2023). 7 Science-Based Health Benefits of Coconut Water.





Healthline (2022). Can You Use Coconut Oil to Treat a UTI?





Healthline (2020). 8 Benefits of Drinking Coconut Water During Pregnancy.





Healthline (2019). All You Need to Know About Green Coconut.





WebMD (2023). Coconut: Are There Health Benefits?


Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010