main-logo

Cara Mengatasi Sembelit pada Ibu Hamil dengan Mudah dan Aman

header-image-21082
author-avatar-21082

Ditinjau oleh

dr. Kevin Adrian Djantin, Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Diterbitkan 13 Des 2023

share-icon

1130


Cara mengatasi sembelit pada ibu hamil bisa dilakukan dengan mudah di rumah, salah satunya memperbanyak minum air putih setiap hari. Selain itu, masih ada cara sederhana lain yang juga bisa Bunda lakukan untuk mengatasi keluhan sembelit saat hamil.





Cara Mengatasi Sembelit pada Ibu Hamil





Mengalami sembelit saat hamil memang tidak nyaman ya, Bun? Selain Bunda jadi susah buang air besar, sembelit juga bisa menyebabkan Bunda merasa mulas, kembung, dan begah sepanjang hari.





Namun, sembelit bukanlah hal yang sulit diatasi kok, Bun. Ada beberapa cara yang Bunda coba untuk mencegah dan mengatasi sembelit pada ibu hamil, yaitu:





1. Makan makanan tinggi serat





Ibu hamil perlu mencukupi asupan serat sebanyak 25–30 gram setiap harinya. Bila kekurangan asupan serat, sembelit pun dapat terjadi.





Oleh karena itu, Bunda perlu mencukupi asupannya dengan makan makanan tinggi serat , seperti buah apel dan pisang, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Jenis makanan ini bisa membuat kotoran menjadi lebih padat dan mudah dikeluarkan saat BAB.





2. Minum air putih 8 10 gelas per hari





Selain makan makanan berserat, Bunda juga perlu mengimbanginya dengan minum air putih minimal 8 gelas setiap hari. Cara mengatasi sembelit pada ibu hamil ini bisa membuat tubuh Bunda terhindar dari dehidrasi, sekaligus melancarkan pencernaan.





Tak hanya itu, minum air putih yang cukup juga bisa membantu meredakan keluhan mual saat hamil ( morning sickness ), Bun.





3. Makan dengan porsi kecil





Jika Bunda biasanya makan sebanyak 3 kali sehari dengan porsi yang normal, mulai sekarang Bunda boleh nih mencoba untuk makan dengan porsi sedikit, tetapi lebih sering. Misalnya, Bunda makan 5–6 kali sehari, tetapi porsinya sedikit saja ya, Bun.





Cara ini bisa membuat beban kerja usus jadi lebih ringan. Jadi, usus lebih mudah mencerna dan menyerap nutrisi dalam makanan. Jangan lupa juga ya, Bun, untuk menambahkan makanan berserat di menu Bunda.





4. Berolahraga secara rutin





Berolahraga saat hamil sangat dianjurkan lho, karena memiliki banyak manfaat, salah satunya mengatasi sembelit. Ini karena olahraga dapat merangsang otot-otot usus dan memudahkan feses keluar dengan cepat.





Nah, Bunda bisa mencoba olahraga ringan , misalnya jalan kaki, berenang, atau yoga, selama 20–30 menit. Tidak perlu setiap hari kok, Bun, untuk melakukan cara mengatasi sembelit pada ibu hamil yang satu ini, Bunda cukup melakukannya 3 kali dalam seminggu.





Itulah beberapa cara mengatasi sembelit pada ibu hamil yang dapat Bunda lakukan. Perlu Bunda ketahui kembali nih, sembelit umumnya bukan kondisi yang berbahaya kok, Bun. Kondisi ini biasanya bisa sembuh dalam beberapa hari.





Namun, kalau keluhan sembelit belum membaik lebih dari satu minggu, Bunda dianjurkan berkonsultasi ke dokter , ya. Nantinya, dokter bisa meresepkan suplemen atau obat yang tepat untuk mengatasi keluhan Bunda.





Sumber :





Pretorius, R.A. & Palmer, D.J. (2020). High-Fiber Diet during Pregnancy Characterized by More Fruit and Vegetable Consumption. Nutrients, 13(1), p.35.





Cleveland Clinic (2021). Pregnancy Constipation.





Scaccia, A. Healthline (2023). 5 Safe Remedies for Constipation in Pregnancy.





Bruce, D.F. WebMD (2022). Exercise to Ease Constipation.





Bruce, D.F. WebMD (2022). How Drinking Fluids Can Help You Manage Constipation.


Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010