main-logo

Hamil Muda dan Berbagai Hal Penting yang Perlu Diperhatikan

header-image-20976
author-avatar-20976

Ditinjau oleh

dr. Merry Dame Cristy Pane, Medical Editor Alodokter

Diterbitkan 17 Nov 2023

share-icon

117


Hamil muda merupakan masa yang mengharukan sekaligus cukup mendebarkan, terutama bila Bunda baru pertama kali hamil. Pada masa ini, Bunda akan mengalami berbagai perubahan pada tubuh dan merasakan berbagai gejala awal kehamilan seiring perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh.





Hamil muda adalah istilah yang mengacu pada 3 bulan pertama kehamilan. Periode kehamilan ini sering dikenal dengan istilah trimester pertama . Nah, agar kondisi Bunda dan calon buah hati tetap sehat selama hamil muda, ada beberapa hal yang perlu Bunda ketahui, nih.





Kondisi Ibu Saat Hamil Muda





Selama hamil muda, ada banyak perubahan fisik dan emosional yang terjadi pada tubuh Bunda. Secara fisik, Bunda jadi lebih sering mual karena perubahan hormon di dalam tubuh membuat indra penciuman menjadi lebih sensitif. Selain itu, gerakan otot usus juga melambat sehingga Bunda lebih mudah kembung dan sembelit.





Secara emosional, Bunda bisa saja merasa cemas dan lelah karena memikirkan serta mempersiapkan banyak hal selama hamil muda. Perasaan tersebut normal kok, Bun. Untuk menguranginya, Bunda bisa lebih banyak memikirkan hal positif tentang calon buah hati dan bercerita pada orang lain atau profesional.





Kondisi Janin Saat Hamil Muda





Selain perubahan pada fisik dan emosional Bunda, hamil muda juga menjadi masa di mana perkembangan Si Kecil sangat pesat. Nah, berikut ini adalah berbagai perkembangan Si Kecil selama Bunda hamil muda.





Bulan ke-1





Kehamilan memang baru berlangsung selama 1 bulan, tetapi inilah saatnya bagian penting embrio (bakal janin) terbentuk. Pembentukan ini dimulai dari gumpalan sel kecil yang berkembang menjadi kantung ketuban, lalu berkembang lagi menjadi plasenta dan tali pusar.





Selain itu, bakal otak dan saraf tulang belakang Si Kecil juga mulai terbentuk, tetapi baru berupa tabung. Jika bisa mengintip ke dalam rahim, Bunda akan melihat bentuk awal wajah dengan bulatan kecil sebagai bakal mata Si Kecil.





Oh ya, pada akhir bulan pertama, jantung Si Kecil sudah mulai berdetak lho, meskipun belum bisa dideteksi dengan USG.





Bulan ke-2





Pada masa ini, organ penting tubuh Si Kecil sudah mulai terbentuk walau belum sempurna. Organ yang dimaksud meliputi paru-paru, telinga, tangan, dan kaki. Selain itu, jaringan tubuhnya mulai dilengkapi tulang dan wajahnya juga mulai terbentuk. Ini membuatnya semakin terlihat seperti bayi mini.





Pada akhir bulan ke-2, Si Kecil pun sudah bisa disebut janin dan bukan lagi embrio. Selamat ya, Bun!





Bulan ke-3





Di bulan ini, semua bagian tubuh Si Kecil sudah terbentuk, termasuk anggota badan seperti tangan, kaki, dan jari-jari. Selain itu, ia juga sudah punya daun telinga, gigi, dan alat kelamin . Namun, alat kelaminnya masih belum bisa dilihat melalui USG . Pasti penasaran, ya? Bersabarlah sebentar lagi ya, Bun.





Hal yang Harus Diperhatikan Saat Hamil Muda





Ibu hamil paling rentan mengalami keguguran pada 3 bulan pertama. Masa-masa hamil muda ini memang cukup rentan karena pembentukan awal janin tergantung pada kesehatan dan gaya hidup Bunda.





Meski penyebab keguguran saat hamil muda umumnya tidak bisa dicegah, tidak perlu terlalu khawatir karena Bunda bisa menjaga Si Kecil tetap sehat dan berkembang dengan baik dengan melakukan beberapa hal di bawah ini:





  • Konsumsi vitamin kehamilan , salah satunya untuk memenuhi kebutuhan harian asam folat yang bisa membantu pembentukan otak dan saraf tulang janin.
  • Minum banyak air, setidaknya 2 liter per hari karena ibu hamil dan janin perlu asupan cairan lebih banyak.
  • Lakukan olahraga ringan atau olahraga kehamilan agar tubuh tetap bugar.
  • Perbanyak istirahat karena wanita yang sedang hamil muda lebih mudah lelah.
  • Tanya dokter tentang apa saja obat yang boleh Bunda minum selama hamil muda.




Selain menerapkan hal-hal di atas, ada juga beberapa hal yang sebaiknya Bunda hindari, misalnya minum obat sembarangan tanpa bertanya ke dokter, melakukan olahraga atau aktivitas yang terlalu berat, mengonsumsi makanan mentah dan produk susu yang tidak dipasteurisasi (dipanaskan), atau berendam air panas.





Mengingat hamil muda adalah masa yang rentan, Bunda sebaiknya segera menghubungi dokter jika mengalami kondisi serius seperti mual dan muntah parah, perdarahan vagina, atau sangat lelah saat hamil muda, ya. Ini perlu dilakukan untuk mengetahui penyebabnya.





Sumber:





American Pregnancy Association. Healthy Pregnancy. Baby Development Month By Month.





Centers for Disease Control and Prevention (2022). Reproductive Health. Urgent Maternal Warning Signs.





Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia.





Mayo Clinic. (2022). Pregnancy Week by Week. 1st trimester pregnancy: What to expect.





Cleveland Clinic. (2022). Health Library. First Trimester.





John Hopkins Medicine. Wellness and Prevention. The First Trimester.





Lewsley, J. Baby Centre UK (2023). Pregnancy. First trimester: your essential pregnancy to-do list.





Watson, S. WebMD (2023). Health & Pregnancy Guide. First Trimester of Pregnancy.


Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010