main-logo

8 Rekomendasi Obat Biang Keringat pada Bayi

header-image-23022

Diterbitkan 1 Agt 2024

share-icon

33


Obat biang keringat pada bayi bisa menjadi pertolongan pertama untuk meredakan gatal dan kemerahan akibat biang keringat. Dengan menggunakan obat ini, iritasi di kulit bayi akan berkurang. Selain itu, produk ini juga bisa membuat kulit bayi jadi lebih wangi, lembut, dan sehat.





Kulit bayi yang sensitif membuatnya mudah terkena berbagai masalah kulit , salah satunya biang keringat. Kulit bayi yang mengalami biang keringat akan mengalami ruam atau bintik merah yang terasa gatal, terutama di badan, leher, tangan, dada, dahi, dan bokong.





Kondisi ini umumnya terjadi karena pori-pori kulitnya berukuran kecil dan kelenjar keringatnya belum terbentuk sempurna, ditambah cuaca yang panas dan lembap. Biang keringat dapat membuat bayi merasa tidak nyaman sehingga membuatnya sering rewel dan sulit tidur. Nah, untuk mengatasinya, Bunda bisa memberikan obat biang keringat pada bayi yang aman dan bagus. 





Pilihan Obat Biang Keringat pada Bayi yang Aman dan Bagus





Berikut ini adalah rekomendasi obat biang keringat pada bayi yang aman dan bagus digunakan untuk Si Kecil: 





1. Sebamed Baby Care Cream 









Untuk mengatasi biang keringat pada bayi, Bunda bisa lho menggunakan Sebamed Baby Care Cream. Obat biang keringat pada bayi ini berguna untuk mencegah dan mengatasi iritasi akibat biang keringat. 





Sebamed Baby Care Cream mengandung titanium dioksida, dexpanthenol, beeswax alami, squalane, dan bisabolol. Nah, kombinasi bahan aktif tersebut dapat mempercepat penyembuhan kulit akibat biang keringat, melembapkan, dan melindungi kulit bayi dari bakteri. 





Agar biang keringat Si Kecil bisa cepat sembuh, Bunda bisa mengoleskan Sebamed Baby Care Cream secukupnya sebanyak 3–4 kali sehari, ya. 





2. Pure Baby Skin Rescue Rash Cream 









Pure Baby Skin Rescue Rash Cream juga bisa dijadikan pilihan untuk mengatasi biang keringat pada bayi, Bun. Diperkaya dengan ekstrak colostrum, vitamin E, dan zinc oxide, obat biang keringat pada bayi ini bisa membantu meringankan kemerahan akibat biang keringat, serta menjaga kulit bayi tetap lembut dan sehat, lho. 





Bunda bisa mengoleskan krim ini tipis-tipis pada area kulit bayi yang mengalami biang keringat, sebanyak 2–3 kali sehari. Pure Baby Skin Rescue Rash Cream tidak mengandung alkohol, paraben, dan pewangi, sehingga aman digunakan oleh Si Kecil, Bun. 





3. Cussons Baby Protect Care Prickly Heat Protection Powder









Obat biang keringat pada bayi selanjutnya adalah Cussons Baby Protect Care Prickly Heat Protection Powder. Bedak ini mengandung calamine, zinc oxide, dan ekstrak witch hazel yang mampu meredakan iritasi dan gatal-gatal karena biang keringat, serta menyejukkan kulit Si Kecil. 





4. Buds Organic Super Soothing Rescue Lotion









Buds Organic Super Soothing Rescue Lotion terbuat dari bahan organik, seperti blackcurrant seed, aloe vera, tea tree oil, jojoba, sunflower, inca inchi oil, dan shea butter.   





Perpaduan bahan tersebut terbukti mampu meredakan dan mempercepat penyembuhan biang keringat pada bayi. Selain itu, lotion ini juga bisa melindungi kulit bayi dari bakteri, memberikan kelembapan, memperkuat skin barrier , serta menjaga kesehatan kulit bayi. 





Oleskan Buds Organic Super Soothing Rescue Lotion secara merata pada kulit Si Kecil yang mengalami biang keringat. Gunakan lotion ini setelah Si Kecil mandi ya, Bun. 





5. Konicare Bedak Biang Keringat









Konicare Bedak Biang Keringat bisa menjadi pilihan yang lebih terjangkau untuk mengatasi biang keringat pada bayi. Kandungan calamine, zinc oxide, vitamin E, allantoin, dan minyak zaitun pada produk ini mampu mengurangi iritasi dan mencegah gatal karena biang keringat. 





Tidak hanya itu, bedak ini juga bisa membantu menyerap dan mengurangi keringat di kulit, sehingga bisa mencegah pori-pori tersumbat karena keringat, Bun. Konicare Bedak Biang Keringat bisa digunakan setiap hari pada kulit bayi yang terkena biang keringat, ya. 





6. My Baby Powder Biang Keringat









Sebagai obat biang keringat pada bayi, My Baby Powder Biang Keringat  mengandung zinc oxide, pro-vitamin B3, dan vitamin E, yang berfungsi untuk melindungi kulit bayi dari biang keringat dan gesekan penyebab iritasi. Selain itu, My Baby Powder Biang Keringat juga membantu menyerap keringat berlebih di kulit serta menyejukkan kulit bayi, Bun. 





7. Caladine Baby Powder 









Merek Caladine sudah dikenal sebagai produk untuk mengatasi masalah kulit, seperti ruam, biang keringat, dan gatal, Bun. Nah, khusus untuk bayi, Caladine mengeluarkan Caladine Baby Powder. Bedak bayi ini dilengkapi dengan calamine, alpha bisabolol, aloe vera, dan pro-vitamin B5. 





Bahan-bahan tersebut dapat membantu meredakan gejala iritasi dan peradangan, seperti kulit gatal, bengkak, dan ruam atau bintik merah yang dialami oleh bayi. Obat biang keringat pada bayi ini juga bisa menyejukkan, melembapkan, serta menjaga kulit Si Kecil tetap lembut lho, Bun. 





Tuang dan usapkan Caladine Baby Powder ke seluruh permukaan kulit bayi secara merata. Caladine Baby Powder bisa dipakai setelah mandi atau saat mengganti popok. 





8. Herocyn Baby Powder









Bedak ini juga termasuk salah satu obat biang keringat pada bayi yang bagus dan aman digunakan lho, Bun. Dengan kandungan zinc oxide di dalamnya, Herocyn Baby Powder dapat mengatasi iritasi kulit ringan dan meredakan rasa gatal akibat biang keringat. 





Gunakan bedak bayi ini setelah mandi untuk membantu menyerap kelembapan. Dengan begitu, kulit bayi akan tetap kering dan terasa sejuk. Herocyn Baby Powder juga memiliki tekstur yang lembut sehingga sangat ideal digunakan untuk kulit bayi yang halus, lho. 





Nah, itulah beberapa pilihan obat biang keringat pada bayi yang aman dan bagus, Bun. Selain menggunakan obat, hal utama yang penting dilakukan untuk mengatasi biang keringat pada bayi adalah dengan menjaga kulitnya tetap kering dan sejuk. 





Tidak hanya itu, Bunda juga bisa meletakkan Si Kecil di ruangan yang sejuk, mengompres dingin kulitnya, memakaikan ia baju dari bahan katun yang longgar, serta selalu memberikan susu atau air putih agar tubuhnya tetap terhidrasi. 





Apabila biang keringat pada bayi tidak kunjung mereda hingga lebih dari 3 hari atau jika disertai demam, bengkak, dan nanah, segeralah bawa ia ke dokter ya, Bun.





Sumber:





Cleveland Clinic (2024). Drugs, Devices, & Supplements. Zinc Oxide Cream, Ointment, Paste.





Ikatan Dokter Anak Indonesia. Miliaria, Mengenal dan Mencegahnya.





Baby Center (2022). Baby Heat Rash (Prickly Heat)





Healthline (2023). What to Know About Heat Rash in Babies.





Raising Children Network Australia (2024). Heat Rash.





Verywell Family (2022). How to Treat Heat Rash or Prickly Heat in Babies and Toddlers.





What To Expect (2023). Heat Rash (Miliaria) in Babies. 


Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010