main-logo

Janin 8 Minggu, Wajahnya Makin Jelas dan Mulai Bergerak

header-image-21029
author-avatar-21029

Ditinjau oleh

dr. Kevin Adrian Djantin, Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Diterbitkan 30 Okt 2023

share-icon

107


Janin 8 minggu sudah memiliki wajah dan anggota gerak lho, Bun. Pada masa ini pula Bunda mulai sering merasakan gejala kehamilan , seperti mual atau naiknya berat badan. Meski perut belum terlihat membesar, pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil di dalam rahim sangatlah pesat di usia kehamilan ini.





Janin 8 Minggu dan Perkembangannya





Janin 8 minggu masih disebut sebagai embrio dan ukurannya baru sekitar 1,5–2 cm atau seukuran kacang merah. Meski begitu, Si Kecil berkembang pesat lho, Bun. Anggota tubuhnya makin jelas dan berbagai organ di tubuhnya terus berkembang sehingga ia makin terlihat seperti manusia kecil.





Nah, berikut ini adalah berbagai perkembangan janin saat usianya 8 minggu:





1. Plasenta terus tumbuh





Saat usia janin 8 minggu, plasenta mulai tumbuh dan menempel di dinding rahim meski bentuknya belum sempurna. Nantinya, plasenta memiliki peran yang sangat penting dalam tumbuh kembang dan kesehatan janin, mulai dari melindungi janin dari benturan, menyalurkan nutrisi dan oksigen dari ibu ke janin, serta membuang zat sisa dari janin.





Namun, sampai bentuknya sempurna, janin 8 minggu masih menerima nutrisi dari kantung kuning telur, yang merupakan bentuk awal plasenta di awal masa kehamilan.





2. Tangan dan kaki makin panjang





Anggota gerak saat usia janin 8 minggu sudah makin terlihat jelas, bahkan mulai terbentuk jari-jarinya. Meski demikian, jari-jari itu masih diselimuti selaput dan belum bisa digunakan untuk banyak bergerak.





3. Tubuh makin tegak





Pada minggu sebelumnya, bentuk Si Kecil masih terlihat melengkung menyerupai huruf C. Namun, tubuh janin 8 minggu sudah semakin terbentuk nih, Bun. Perkembangan ini membuat gerakan kecil janin bisa Bunda lihat dengan jelas melalui USG .





4. Wajah semakin jelas





Bunda tentu penasaran dengan wajah Si Kecil, ya. Nah, di usia kehamilan 8 minggu ini, Bunda bisa segera melihat wajah Si Kecil, lho. Ini karena ujung hidung janin sudah terbentuk dan lipatan kelopak matanya juga sudah makin jelas. Bahkan, dagu bagian atas juga sudah mulai terbentuk.





Di bagian samping kepala janin usia 8 minggu juga ada tonjolan kecil yang akan berkembang menjadi daun telinga. Namun, bentuk wajah Si Kecil akan terus berubah seiring proses pertumbuhan dan perkembangannya. Biasanya bentuk wajah Si Kecil akan lebih jelas ketika ia usia kandungan sudah mencapai sekitar 38–39 minggu.





5. Alat kelamin mulai berkembang





Tahukah Bunda? Bagian kelamin janin sebenarnya sudah terbentuk sejak awal kehamilan, lho. Tepatnya, saat usia janin 8 minggu. Meski begitu, ukurannya masih sangat kecil dan belum bisa terlihat jelas di USG. Bunda perlu bersabar hingga sekitar bulan ke-5 kehamilan untuk bisa melihat jenis kelamin janin.





6. Mulai bergerak





Hore, Si Kecil sudah bisa bergerak! Gerakan pertamanya ini masih berupa kedutan dan gerakan merenggang. Kabar baiknya, gerakan ini sudah bisa Bunda lihat melalui USG, lho.





Meski janin 8 minggu mulai banyak bergerak, ukuran tubuhnya masih kecil sehingga Bunda belum bisa merasakan gerakan apa pun. Bersabar ya, Bun, terasanya gerakan janin ini tinggal menunggu waktu saja, kok.





Nah, seiring dengan janin 8 minggu yang terus berkembang, tubuh Bunda juga mulai mengalami banyak perubahan, apalagi usia kehamilan 8 minggu masih terhitung hamil muda. Jadi, Bunda mungkin baru mulai merasakan gejala kehamilan.





Nah, berikut ini adalah beberapa gejala kehamilan yang mungkin Bunda rasakan saat usia janin 8 minggu:





  • Mudah lelah
  • Pusing
  • Mual
  • Sembelit
  • Kram
  • Payudara membesar dan mengendur




Agar cepat beradaptasi dengan berbagai perubahan tubuh saat janin 8 minggu, Bunda bisa berolahraga ringan dan mengonsumsi makanan bernutrisi. Jangan lupa pula rutin minum vitamin kehamilan dan konsultasi ke dokter kandungan sesuai jadwal, ya.





Sumber:





National Childbirth Trust. First Trimester. Pregnancy Week 8.





National Health Service UK (2021). 1 to 12 Weeks Pregnant. You and Your Baby at 8 Weeks Pregnant.





American Pregnancy Association. Healthy Pregnancy. 8 Weeks Pregnant.





Gates, M. Baby Center (2022). Pregnancy Week by Week. 8 Weeks Pregnant.





Marcin, A. Healthline (2023). Parenthood. 8 Weeks Pregnant: Symptoms, Tips, and More.





Crawford, C. Parents (2023). Stages of Pregnancy Week by Week. Week 8 of Your Pregnancy.





The Bump. (2022). Pregnancy Week by Week. 8 Weeks Pregnant.





Pevzner, H. Verywell Family (2021). Week and Trimesters. Week 8 of Your Pregnancy


Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010