main-logo

Hamil 7 Minggu, Kenali Berbagai Perubahan pada Janin dan Tubuh Ibu

header-image-20938
author-avatar-20938

Ditinjau oleh

dr. Kevin Adrian Djantin, Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Diterbitkan 30 Okt 2023

share-icon

820


Hamil 7 minggu adalah masa kehamilan yang masih tergolong muda, tetapi sekaligus menantang karena Bunda mungkin mulai mengalami perubahan pada tubuh dan Si Kecil pun mengalami banyak perkembangan, ditambah lagi dengan pertumbuhannya yang kian pesat.





Tidak sedikit ibu yang hamil 7 minggu mungkin baru saja menyadari dirinya tengah mengandung. Hal ini karena usia kehamilan ini masih terbilang muda dan perubahan pada tubuh ibu hamil belum banyak terasa.





Meski begitu, ada beberapa hal yang penting untuk dipersiapkan saat Bunda hamil 7 minggu, seperti mulai berolahraga ringan atau merencanakan kunjungan pertama ke dokter kandungan.





Hamil 7 Minggu dan Perubahan pada Tubuh





Saat hamil 7 bulan, ibu hamil biasanya mulai mengalami tanda-tanda kehamilan . Bunda bisa saja kaget dengan berbagai perubahan yang terlihat atau terasa. Namun, jangan terlalu khawatir ya, karena tubuh Bunda akan segera terbiasa.





Berikut ini adalah beberapa perubahan pada tubuh ibu saat hamil 7 minggu:





1. Mudah lelah





Ibu yang hamil muda umumnya lebih mudah lelah. Kondisi ini dapat dipengaruhi oleh perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan, salah satunya peningkatan hormon progesteron. Selain itu, berbagai keluhan, seperti morning sickness dan susah tidur, juga bisa membuat ibu hamil cepat lelah.





2. Sering pipis





Perubahan kadar hormon saat hamil 7 minggu membuat darah Bunda mengalir lebih banyak ke ginjal. Dengan begitu, kandung kemih pun makin cepat terisi dan Bunda pun jadi merasa sering ingin pipis. Ini terjadi karena tubuh Bunda mulai menghasilkan lebih banyak darah untuk mendukung tumbuh kembang janin di dalam rahim.





3. Sensitif terhadap bau





Saat hamil 7 minggu, kadar hormon estrogen dalam tubuh ibu hamil meningkat dan ini bisa menyebabkan Bunda jadi makin sensitif terhadap bau, seperti bau badan pasangan, hewan peliharaan , atau bahkan bau rumah. Jangan khawatir, hal ini hanya berlangsung sementara, kok.





4. Suasana hatitidak menentu





Tidak cuma saat menstruasi, mood yang tidak menentu juga bisa terjadi saat hamil, khususnya hamil 7 minggu, lho. Selain disebabkan oleh perubahan hormon, hal ini juga bisa terjadi karena Bunda masih menyesuaikan diri untuk menjadi orang tua.





5. Sembelit





Meningkatnya kadar hormon progesteron selama hamil membuat sel-sel otot halus jadi lebih lemas. Hal ini menyebabkan usus halus dan usus besar bergerak lebih lambat, sehingga pengolahan makanan pun makin lama dan Bunda mudah mengalami sembelit .





Perkembangan Janin Saat Hamil 7 Minggu





Meski Bunda mungkin baru saja menyadari sedang hamil 7 minggu, tapi Si Kecil sudah mengalami berbagai perkembangan di dalam rahim, lho. Bahkan, ukurannya meningkat 2 kali lipat dibandingkan saat hamil 6 minggu.





Nah, berikut ini adalah berbagai perkembangan janin saat Bunda hamil 7 minggu:





1. Bentuk tubuh semakin jelas





Pernah dengar bahwa perkembangan janin paling cepat terjadi pada awal kehamilan? Ya, hal ini termasuk saat Bunda hamil 7 minggu. Pada usia kehamilan ini, mata dan telinga Si Kecil mulai terbentuk sehingga wajahnya tampak semakin jelas. Bakal tangan dan kaki juga sudah mulai terbentuk, meski masih hanya berupa tunas.





2. Otak berkembang pesat





Tidak hanya wajah dan badan, organ tubuh janin yang paling banyak berkembang saat ibu hamil 7 minggu adalah otak. Saking cepatnya, perkembangan ini membuat kepala janin terlihat lebih besar daripada badannya.





3. Tali pusar terbentuk





Saat Bunda hamil 7 minggu, tali pusar yang menghubungkan Si Kecil dan Bunda mulai terbentuk. Selain untuk menyalurkan oksigen, darah, dan nutrisi dari tubuh Bunda ke Si Kecil, tali pusar ini juga menjadi saluran pembuangan zat sisa dari tubuh janin melalui plasenta.





4. Organ dalam terbentuk





Tidak hanya tubuhnya yang terlihat makin jelas, organ dalam Si Kecil juga banyak yang terbentuk lho, Bun. Beberapa organ yang terbentuk adalah paru-paru dan saluran pencernaan, seperti hati, lambung, kerongkongan, dan pankreas.





Untuk menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan tubuh dan perkembangan janin saat hamil 7 bulan, Bunda perlu menjaga kehamilan tetap sehat dengan makan makanan bergizi dan minum vitamin ibu hamil. Nah, untuk memastikan kehamilan Bunda tetap sehat, jangan lupa rutin melakukan kontrol ke dokter , ya.





Sumber:





National Health Service. 1 to 12 Weeks Pregnant. You and Your Baby at 7 Weeks Pregnant.





American Pregnancy Association. Healthy Pregnancy. 7 Weeks Pregnant.





John Hopkins Medicine. Conditions and Diseases. First Trimester Fatigue.





Gates, M. Baby Center (2022). Pregnancy Week by Week. 7 Weeks Pregnant.





McDermott, A. Healthline (2023). Parenthood. 7 Weeks Pregnant: Symptoms, Tips, and More.





Kids Health. Parents. Week 7.





Crawford, C. Parents (2023). Stages of Pregnancy Week by Week. Week 7 of Your Pregnancy.





The Bump. (2022). Pregnancy Week by Week. 7 Weeks Pregnant.





Pevzner, H. Verywell Family (2021). Weeks and Trimesters. Week 7 of Your Pregnancy.


Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010