main-logo

Ini Lho Posisi Tidur Ibu Hamil Saat Asam Lambung Naik

header-image-22965
author-avatar-22965

Ditinjau oleh

dr. Kevin Adrian Djantin, Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Diterbitkan 15 Jul 2024

share-icon

99


Posisi tidur ibu hamil saat asam lambung naik perlu diperhatikan agar Bunda bisa beristirahat dengan nyaman. Pasalnya, posisi tidur yang tepat selama hamil dapat mencegah dan mengatasi berbagai keluhan asam lambung, seperti nyeri ulu hati, mual, dan begah, lho. Dengan begitu, Bunda bisa tidur dengan nyenyak dan aman tanpa rasa sakit. 





Bunda, pernah nggak mengalami asam lambung naik saat hamil? Jika iya, hal ini tentu tidak nyaman dan bisa terasa menyiksa ya, Bun. Kondisi ini juga bisa membuat Bunda susah tidur sehingga perlu mencoba posisi tidur ibu hamil saat asam lambung naik, untuk meredakan keluhan.





Sebenarnya, asam lambung naik atau GERD merupakan salah satu keluhan umum yang cukup sering dialami oleh ibu hamil, terutama jika ibu hamil memang sudah punya riwayat sakit maag atau penyakit asam lambung sebelumnya. 





Naiknya asam lambung disebabkan oleh perubahan hormon yang memengaruhi otot-otot di saluran pencernaan dan perut yang membesar. Nah, kondisi ini biasanya terjadi pada trimester kedua atau ketiga kehamilan, Bun.





Begini Posisi Tidur Ibu Hamil Saat Asam Lambung Naik





Berikut ini adalah beberapa posisi tidur ibu hamil saat asam lambung naik yang bisa diterapkan agar Bunda bisa tertidur dengan nyenyak: 





1. Tidur miring ke kiri





Salah satu posisi tidur ibu hamil saat asam lambung naik yang disarankan adalah tidur miring ke kiri. Posisi tidur ini bisa membantu mengurangi risiko naiknya asam lambung ke kerongkongan. 





Tak hanya itu, posisi tidur miring ke kiri juga merupakan posisi tidur terbaik untuk ibu hamil, lho. Soalnya, posisi ini dapat meningkatkan aliran darah ke rahim, sehingga janin akan memperoleh asupan nutrisi dan oksigen yang cukup untuk tumbuh kembangnya. 





Posisi tidur ini juga bisa membantu melancarkan aliran darah sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki atau tungkai kaki selama hamil, Bun. 





2. Tidur dengan kepala lebih tinggi





Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi bisa menjadi pilihan saat Bunda mengalami asam lambung naik. Soalnya, tidur dengan posisi ini dapat mencegah asam lambung naik ke kerongkongan dan meringankan gejala GERD, seperti mual dan heartburn





Bunda dapat menambahkan beberapa bantal agar posisi kepala lebih tinggi daripada badan, ya. Namun, jika posisi ini membuat pinggang atau punggung Bunda pegal, sebaiknya jangan terlalu banyak menambahkan bantal atau coba posisi tidur yang lain, ya. 





3. Tidur dengan posisi tubuh bersandar 





Posisi tidur ibu hamil saat asam lambung naik yang disarankan selanjutnya adalah bersandar di sandaran ( headboard ) tempat tidur. Bunda bisa menambahkan bantal di punggung agar lebih nyaman, ya. Tidak hanya mencegah asam lambung naik, posisi tidur ini juga bisa membantu melancarkan pencernaan lho, Bun. 





Nah, posisi tidur ibu hamil saat asam lambung naik di atas bisa dijadikan pilihan ya, Bun. Selain itu, ibu hamil juga perlu mengetahui posisi tidur yang sebaiknya dihindari saat asam lambung naik, seperti tidur dengan posisi telentang , tengkurap, dan miring ke kanan. Ini karena posisi tidur tersebut cenderung dapat meningkatkan risiko asam lambung naik ke kerongkongan. 





Cara Meredakan Asam Lambung Naik Saat Hamil 





Selain dengan menerapkan posisi tidur ibu hamil saat asam lambung naik, Bunda pun bisa melakukan beberapa cara sederhana guna meredakan asam lambung naik, antara lain:





  • Hindari mengonsumsi makanan dan minuman pemicu asam lambung naik, seperti makanan pedas , asam, atau makanan berlemak, serta minuman beralkohol , bersoda, dan berkafein
  • Makanlah dalam porsi kecil dan kunyah secara perlahan.
  • Minum air putih yang cukup, yakni sekitar 8–10 gelas per hari.
  • Mengunyah permen karet setelah makan.
  • Kenakan pakaian yang longgar.
  • Hindari langsung berbaring setelah makan. Bunda bisa mengonsumsi makanan setidaknya 2–3 jam sebelum tidur, ya. 
  • Tidak merokok dan jauhi asap rokok.
  • Mengelola stres dengan baik.




Selain itu, Bunda juga bisa mengonsumsi obat maag untuk ibu hamil , seperti antasida. Namun, agar lebih aman, Bunda sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat ini, ya. 





Apabila posisi tidur ibu hamil saat asam lambung naik dan cara sederhana di atas belum juga efektif meredakan GERD, sebaiknya periksakan diri ke dokter ya, Bun. Dengan begitu, dokter dapat memeriksa kondisi Bunda dan memberikan penanganan yang tepat. 





Sumber:





National Health Service UK (2023). Common Symptoms in Pregnancy. Indigestion and heartburn in pregnancy.





Godman, H. Harvard Health Publishing Harvard Medical School (2022). What's the best sleep position to combat heartburn?





American Pregnancy Association (2023). Best Sleeping Positions While Pregnant.





Sleep Foundation (2024). How to Sleep Better with GERD.





Sleep Foundation (2024). Pregnancy Sleep Positions. 





Baby Center (2024). Heartburn and Indigestion (Pregnancy Sleep),





Baby Center (2021). Heartburn (Acid Reflux) During Pregnancy.





Healthline (2024). What Causes Acid Reflux at Night and What to Do.





Parents (2024). How To Relieve Heartburn During Pregnancy.





Verywell Health (2024). What Is Heartburn in Pregnancy?


Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010