main-logo

Inilah Bahaya Minum Alkohol Saat Hamil

header-image-21609
author-avatar-21609

Ditinjau oleh

dr. Kevin Adrian Djantin, Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Diterbitkan 31 Jan 2024

share-icon

62


Minum alkohol saat hamil tidak disarankan ya, Bun. Sebab, minuman beralkohol dapat menimbulkan dampak buruk pada kesehatan janin maupun Bunda sendiri. Sebenarnya, seberapa bahayakah minuman beralkohol dan apa saja dampak yang akan ditimbulkan selama kehamilan?





Inilah Risiko dan Bahaya Minum Alkohol Saat Hamil





Saat mengandung Si Kecil, biasanya ada beberapa makanan dan minuman yang menjadi pantangan untuk dikonsumsi. Nah , salah satunya adalah minuman beralkohol. Pantangan ini tentu harus Bunda patuhi, ya, supaya tidak menganggu kesehatan dan tumbuh kembang Si Kecil.





Perlu diketahui, tidak ada jumlah alkohol yang aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Maka dari itu, minum alkohol saat hamil tidak dianjurkan sama sekali. Pasalnya, ketika minuman ini dikonsumsi, alkohol akan masuk ke aliran darah dan dapat menembus plasenta, sehingga Si Kecil juga bisa “meminumnya” lho , Bun. 





Akibatnya, alkohol yang terdapat pada tubuh Si Kecil bisa memengaruhi perkembangannya selama dalam kandungan. Selain itu, hal ini juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kelahiran prematur dan bayi lahir dengan berat badan rendah, lho.





Di samping itu, minum alkohol dalam jumlah yang berlebihan juga bisa menyebabkan janin terkena fetal alcohol syndrome . Bayi yang mengalami kondisi ini bisa mengalami cacat lahir , kesulitan belajar, gangguan tumbuh kembang dan perilaku, hingga sulit untuk bersosialisasi dengan orang lain.





Selain berdampak buruk terhadap janin, minum alkohol juga bisa membahayakan kesehatan ibu hamil. Jika dikonsumsi terlalu sering atau jumlahnya berlebihan, minuman beralkohol bisa meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi, tekanan darah tinggi , kekurangan nutrisi, keguguran , hingga diabetes gestasional .





Nah , itulah bahaya minum alkohol saat hamil yang tidak boleh diabaikan oleh Bunda. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan tidak meminumnya sama sekali atau segera berhenti minum alkohol, jika Bunda selama ini masih mengonsumsinya. Hal ini penting untuk menjauhkan Si Kecil dan Bunda dari berbagai bahaya kesehatan yang bisa mengancam, Bun.





Jika merasa sulit mengontrol kebiasaan minum alkohol atau khawatir dengan kondisi janin karena sempat minum alkohol, Bunda bisa berkonsultasi ke dokter untuk memantau kondisi kesehatan Si Kecil.





Sumber:





National Institute of Health (2022). MedlinePlus. Alcohol and Pregnancy.





National Health Service UK (2023). Pregnancy. Drinking Alcohol While Pregnant.





American Addiction Centers (2024). Alcohol and Pregnancy: Dangers of Drinking Alcohol While Pregnant.





American Pregnancy Association (2024). Alcohol and Pregnancy.





Better Health Channel (2022). Alcohol and Pregnancy.





Kids Health (2023). Alcohol Use During Pregnancy.


Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010