main-logo

Sakit Kepala Saat Hamil, Yuk Ketahui Penyebab dan Tips Aman Mengatasinya

header-image-21158
author-avatar-21158

Ditinjau oleh

dr. Kevin Adrian Djantin, Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Diterbitkan 27 Nov 2023

share-icon

56


Sakit kepala saat hamil cukup umum terjadi, terutama di awal kehamilan. Kondisi ini biasanya tidak berbahaya bagi janin, tetapi mungkin bisa membuat Bunda jadi sulit beraktivitas, ya? Nah, tenang saja, Bun. Ada beberapa cara mengatasi sakit kepala yang aman untuk ibu hamil dan bisa Bunda lakukan di rumah, lho.





Sebenarnya, kenapa ya saat hamil Bunda jadi sering sakit kepala? Nah, penyebab pastinya pun hingga kini masih belum diketahui, Bun. Namun, sakit kepala selama hamil bisa saja dipicu oleh perubahan hormon dan peningkatan jumlah darah.





Selain itu, beberapa kondisi seperti stres, kurang tidur, kadar gula darah rendah, dan dehidrasi akibat mual dan muntah ( morning sickness ) diduga menjadi pemicu sakit kepala saat hamil. Untungnya, ada cara untuk mengatasi sakit kepala yang aman lho, Bun.





Tips Aman Mengatasi Sakit Kepala Saat Hamil





Mengalami sakit kepala saat hamil tentunya tidak menyenangkan ya, Bun? Apalagi kalau kondisi ini sering terjadi di awal kehamilan, ketika Bunda disarankan untuk membatasi konsumsi obat.





Oleh karena itu, ketika sakit kepala saat hamil menyerang, boleh lho Bunda melakukan beberapa tips berikut ini terlebih dulu untuk meringankan keluhan yang dialami. Berikut ini adalah beberapa caranya:





1. Perbanyak minum air putih





Pada awal kehamilan, sebagian ibu hamil mengalami mual dan muntah yang membuat kadar cairan di tubuh jadi menurun. Akibatnya, risiko terkena dehidrasi jadi lebih tinggi sehingga Bunda mengalami sakit kepala sebagai salah satu gejalanya.





Nah, untuk mengatasi sakit kepala karena dehidrasi, Bunda perlu mengonsumsi air putih minimal 8 gelas atau sebanyak 2 liter setiap harinya. Bunda juga bisa memenuhi kebutuhan cairan dengan minum minuman sehat lain, seperti air kelapa atau jus buah segar tanpa gula tambahan.





2. Cukupi waktu tidur





Kurang tidur bisa menyebabkan sakit kepala makin parah lho, Bun. Apalagi, selama hamil Bunda seharusnya mendapatkan istirahat yang cukup, paling tidak 7–9 jam setiap harinya.





Oleh karena itu, saat Bunda mengalami sakit kepala saat hamil, cobalah untuk beristirahat sejenak di siang hari, apalagi jika Bunda tidak memperoleh tidur yang cukup di malam harinya.





3. Kelola stres





Sakit kepala saat hamil juga bisa terjadi karena Bunda sedang stres . Memang, stres bukanlah kondisi yang bisa dihindari, tetapi Bunda bisa mengontrolnya dengan cara yang paling sederhana, misalnya mendengarkan musik, membaca buku, dan menonton film favorit.





4. Olahraga secara rutin





Olahraga bisa membantu meringankan keluhan sakit kepala saat hamil. Cara ini juga dapat membantu Bunda mengelola stres sehingga sakit kepala bisa segera teratasi.





Ada beberapa jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil, seperti meditasi, yoga, atau sekedar berjalan kaki selama 30 menit. Selain mengurangi sakit kepala saat hamil, olahraga bisa membantu Bunda tidur lebih nyenyak di malam hari.





5. Kompres dingin atau hangat





Saat sakit kepala, Bunda bisa memberi kompres dingin atau hangat di kepala atau leher belakang. Ini karena kompres dingin dapat memberikan efek kebas sementara sehingga mampu mengurangi rasa sakit. Sementara itu, kompres hangat dapat mengendurkan otot yang tegang sebagai pemicu sakit kepala.





Itulah beberapa cara mengatasi sakit kepala saat hamil yang bisa Bunda lakukan. Jika cara-cara tersebut tidak efektif mengatasi sakit kepala, mengonsumsi obat seperti paracetamol , boleh saja kok Bun. Namun, baiknya Bunda konsultasikan dulu ya dengan dokter .





Keluhan sakit kepala di awal kehamilan dan masih terasa ringan biasanya dapat membaik dengan sendirinya. Namun, Bunda perlu waspada bila sakit kepala justru makin parah setelah 20 minggu usia kehamilan dan tidak kunjung membaik setelah minum obat. Keluhan ini bisa menjadi tanda preeklampsia yang memerlukan penanganan lebih lanjut.





Sumber:





Yang, et al. (2020). Effects of Exercise on Sleep Quality in Pregnant Women: A Systematic Review and Meta-Analysis of Randomized Controlled Trials. Asian Nursing Research, 14(1), pp.1-10.





Johns Hopkins Medicine. Headaches in Early Pregnancy.





National Health Service UK (2021). Headaches in Pregnancy.





Mayo Clinic (2022). Headaches: Reduce Stress to Prevent the Pain.





Mayo Clinic (2022). Migraines: Simple Steps to Head Off the Pain.





Lewsley, J. Baby Centre UK. How Will I Know if I'm Dehydrated and What Can I Do About It?





Crider, C. Healthline (2023). Is Excessive Sleeping During Pregnancy a Problem?





Iftikhar, N. Healthline (2019). Headache During Pregnancy: What You Need to Know.





Pregnancy Birth & Baby (2022). Headaches during Pregnancy.


Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010