main-logo

5 Obat Kalsium untuk Ibu Hamil yang Bagus

header-image-21256

Diterbitkan 18 Des 2023

share-icon

189


Obat kalsium untuk ibu hamil berperan penting bagi kesehatan Bunda dan Si Kecil. Obat ini perlu dikonsumsi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tulang, gigi, jantung, saraf, serta otot janin. Selain itu, obat kalsium juga digunakan untuk menurunkan risiko terjadinya hipertensi dan preeklampsia .





Kebutuhan kalsium saat hamil memang lebih tinggi dibandingkan saat tidak hamil. Dalam satu hari, jumlah kalsium yang dibutuhkan wanita saat tidak hamil adalah 1.000 mg. Sedangkan pada ibu hamil, kebutuhan kalsium akan meningkat menjadi 1.200 mg per hari.





Sebenarnya kalsium untuk ibu hamil bisa diperoleh dari berbagai jenis makanan lho, seperti susu, keju, yoghurt, tahu, temoe, ikan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. Selain itu, Bunda juga bisa memperoleh asupan kalsium dari obat kalsium untuk ibu hamil.





Obat ini diberikan untuk memenuhi kebutuhan kalsium di masa kehamilan, terutama jika Bunda tidak dapat mencukupinya dari makanan. Soalnya, kekurangan kalsium bisa meningkatkan risiko terjadinya komplikasi selama kehamilan, seperti kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, dan pertumbuhan bayi terlambat.





Beragam Obat Kalsium untuk Ibu Hamil





Ingat ya , Bun, sebelum mengonsumsi obat kalsium untuk ibu hamil, Bunda harus berkonsultasi dahulu dengan dokter. Tujuannya agar dokter dapat memberikan dosis yang sesuai dengan kondisi kesehatan Bunda.





Berikut adalah beragam pilihan obat kalsium untuk ibu hamil yang bagus untuk dikonsumsi:





1. CDR









CDR atau Calcium D Redoxon adalah obat kalsium untuk menjaga kesehatan tulang dan membantu memenuhi kebutuhan kalsium pada ibu hamil. Obat ini mengandung kalsium, vitamin C, vitamin D, serta vitamin B6 yang berperan dalam pertumbuhan dan pemeliharaan tulang dan gigi Si Kecil.





Obat berbentuk tablet effervescent dapat dikonsumsi 1 kali sehari. CDR dikonsumsi dengan cara dilarutkan ke dalam segelas air, lalu segera minum setelah tablet larut dalam air.





2. Blackmores Calcimag Multi









Blackmores Calcimag Multi merupakan obat kalsium untuk ibu hamil. Obat ini mengandung kombinasi kalsium, magnesium, dan vitamin D yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan menjaga kesehatan tulang Bunda selama hamil.





Bunda bisa mengonsumsi Blackmores Calcimag Multi sebanyak 1 tablet, 1–2 kali sehari atau sesuai petunjuk dokter.





3. Wellness Cal-Mag-Zinc









Wellness Cal-Mag-Zinc mengandung kalsium, magnesium, vitamin D, boron, dan zinc. Perpaduan bahan tersebut bermanfaat untuk menguatkan dan menjaga kesehatan tulang, gigi dan gusi, serta jantung janin. Selain itu, obat ini juga dapat mencegah osteoporosis selama Bunda hamil.





Dosis Wellness Cal-Mag-Zi yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil adalah 1 tablet per hari.





4. Nature’s Health Nano-Calcium









Nature’s Health Nano-Calcium bisa dijadikan pilihan sebagai obat kalsium untuk ibu hamil. Dengan kandungan kalsium dan vitamin D3 di dalamnya, obat ini dapat menunjang kebutuhan kalsium tubuh ibu hamil serta mendukung pertumbuhan tulang dan gigi janin. 





Tidak hanya itu saja, obat ini juga dapat menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko terjadinya gangguan tulang dan sendi selama mengandung Si Kecil. Konsumsilah Nature's Health Nano Calcium 1 kapsul, 1 kali sehari.





5. Cal-95









Cal-95 bermanfaat untuk meningkatkan kebutuhan kalsium selama masa kehamilan. Obat ini memiliki kandungan kalsium, soy isoflavone , vitamin D3, vitamin K1, magnesium, zinc, dan boron yang penting untuk memperkuat jaringan tulang serta gigi janin.





Sebagai obat kalsium untuk ibu hamil, Cal-95 bisa diminum sebanyak 1–3 kaplet per hari.





Itulah berbagai merek obat kalsium untuk ibu hamil yang bisa mendukung kesehatan ibu hamil dan janin. Nah , agar penyerapannya optimal, obat kalsium sebaiknya dikonsumsi saat makan ya , Bun.





Selain itu, untuk menjaga kehamilan tetap sehat, Bunda juga perlu mengonsumsi makanan sehat, rajin olahraga , cukup istirahat, perbanyak minum air putih, hindari stres , dan rutin periksakan kondisi kehamilan ke dokter kandungan.





Sumber:





Kementerian Kesehatan RI (2019). Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 28 Tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia.





National Health Service UK (2023). Pregnancy. Vitamins, Supplements, and Nutrition in Pregnancy.





Baby Center (2021). Calcium During Pregnancy.





MIMS Indonesia (2023). Cal-95.





Verywell Family (2021). Calcium Needs During Pregnancy.





WebMD (2023). Get the Calcium You Need During Pregnancy.





What to Expect (2022). How Much Calcium Do You Need During Pregnancy?


Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi

Punya pertanyaan lain?

Tanyakan kepada dokter di aplikasi! Gratis!

Unduh aplikasi
footer-main-logo
appstore-logogoogleplay-logo
appstore-logogoogleplay-logo

Layanan Pengaduan Konsumen
PT Asa Bestari Citta
feedback@diarybunda.co.id

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Whatsapp Ditjen PKTN: 0853-1111-1010